#PendakiCantik – Jalur pendakian Gunung Marapi via Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat kembali buka setelah ditutup hampir tiga bulan lamanya.

Sebelumnya, salah satu pintu masuk objek wisata gunung itu ditutup sejak pada 24 Maret 2020 lalu, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di kabupaten Tanah Datar.

Kabar tentang dibukanya kembali jalur pendakian ini dibenarkan oleh petugas posko pintu masuk Gunung Marapi, Aris Saputra.

Menurutnya, jalur pendakian tersebut sudah mulai dibuka sejak 6 Juni 2020 lalu. Dan sudah bisa dilewati oleh para pendaki.

Sambut New Normal

Jalur Pendakian Gunung Marapi Via Koto Baru Dibuka
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@nadiafadilla_

Dikatakan Aris, dibukanya kembali jalur pendakian itu berhubungan dengan akan berakhir masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), serta akan masuknya masa tatanan normal baru (new normal).

Bendahara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nagari Koto Baru Gunung Marapi itu juga menyebutkan bahwa mendaki Gunung Marapi wajib mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Bagi para pendaki atau pengunjung, kata Aris diharuskan dalam keadaan benar-benar sehat, selain itu juga diwajibkan mematuhi protokol Covid-19 yang telah ditetapkan.

Protokol Kesehatan

Jalur Pendakian Gunung Marapi Via Koto Baru Dibuka
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@niaanjelinaa

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya juga telah menyediakan beberapa tempat cuci tangan serta posko untuk melakukan pengecekan terhadap pengunjung.

Selanjutnya, pihaknya juga merencanakan akan melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh pengunjung. Peralatan pengecekan suhu tubuh sendiri menurutnya akan tersedia dalam minggu ini.

Di sisi lain, selain menerapkan protokol Covid-19, Aris juga mengimbau kepada seluruh pengunjung yang hendak melakukan pendakian untuk menggunakan perlengkapan standar tracking.

Hal itu sangat berguna untuk para pendaki mengingat medan Marapi yang cukup sulit.*

Share.