Pendakicantik.com – Jaket gunung adalah salah satu perlengkapan pendukung paling ampuh untuk melindungi tubuh dari hawa dingin ketika kita melakukan aktivitas di luar ruangan.

Pengunaan bahan yang bersifat waterproof (tidak tembus air) dan windproof (tidak tembus angin) membuatnya menjadi salah satu alat yang wajib dibawa ketika melalukan pendakian.

Baca Juga: Puncak Hujan Meteor Perseid: Fenomena Alam 13 Agustus

Bahan yang boleh dibilang tidak biasa untuk kegiatan sehari-hari tentu saja memerlukan perawatan yang tidak biasa juga.

TIPS DAN CARA MENCUCI JAKET

Ada perlakuan khusus yang harus dilakukan untuk membuatnya awet dan tahan lama.

Jaket Gunung; Yuk Intip Tips Mencuci dan Merawat

Harganya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kenapa benda ini harus bisa kita jaga agar awet hingga bertahun-tahun atau hingga puluhan kegiatan pendakian.

Baca Juga: Goa Rangko: Rasakan Sensasi Renang di Kolam Pribadi

Tips mencuci dan merawat jaket gunung

1. Baca Label Pada Jaket
Biasanya terletak di bagian leher atau di bagian pinggangnya. Label tersebut memberikan informasi jenis bahan, anjuran dan larangan dalam perawatannya. Setiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda juga

2. Gunakan Air
Air bersih saja sebenarnya sudah cukup untuk membersihkan noda-noda yang menempel di jaket gunung. Kotoran yang biasa menempel pada jaket gunug biasanya hanyalah debu, tanah, dedaunan atau tumbahan kopi.

Jaket Gunung; Yuk Intip Tips Mencuci dan Merawat
Foto: Pendaki Cantik – @novieee_

Satu hal yang harus dihindari ketika mencuci jaket gunung adalah penggunaan deterjen dalam campuran air. Ada beberapa anjuran untuk mencucinya dengan sabun yang memiliki kadar pH netral, seperti sabun bayi.

Lapisan jaket gunung merupakan lapisan yang sensitive terhadap bahan kimia, sehingga untuk menimimalisir rusaknya lapisan jaket gunug baik yang waterproof atau bahkan windproof, cukup gunakan saja air bersih.

Baca Juga: Kisah Michael Erick: Hilang 2 Hari di Gunung Lawu

3. Cara Pencucian
Merendam jaket gunung dalam jangka waktu yang lama sebaiknya dihindari. Sebaiknya cukup bilas saja dengan air bersih saja tanpa dilakukan perendaman.

Untuk kotoran membandel pada permukaannya, gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan halus, gosok dengan perlahan dan penuh dengan perasaan. Berhati-hatilah pada bagian jahitan, karena pada lapisan tersebut ada seamtape yang membuat jahitan tersebut tidak menjadi jalan masuknya air dan jalur angin

4. Hindari Memeras
Setelah jaket selesai dicuci dengan air, selanjutnya adalah mengurangi kadar air pada jaket tersebut. Caranya adalah dengan menekan-nekan dari atas ke bawah agar air cepat keluar.

Jaket Gunung; Yuk Intip Tips Mencuci dan Merawat
Foto: Pendaki Cantik –

5. Cara Pengeringan
Gantungkan jaket pada tempat yang tertutup dari sinar matahari langsung dan keringkan dengan bantuan angin atau suhu udara sekitar saja. Cara ini terbukti efektif untuk mengurangi rusaknya jaket karena panas matahari

6. Cara Penyimpanan
Simpanlah di dalam posisi tetap pada gantungan baju, usahakan jangan melipat jaket gunung ketika menyimpannya. Melipat jaket gunung akan bisa membuat lipatan-lipatan yang timbul pada jaket

Share.