Harimau Berkeliaran, Pendakian Gunung Sibayak Ditutup

Harimau Berkeliaran, Pendakian Gunung Sibayak Ditutup
Foto: Pendaki Cantik - @pixabay

#PendakiCantik – Seekor harimau terlihat di antara lokasi pendakian Gunung Sibayak dan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak pengelola langsung mulai menerapkan aturan yang berisi tentang penutupan jalur pendakian mulai Jumat (16/10).

Pemberitahuan ini tertuang dalam surat yang dikeluarkan UPT Tahura Bukit Barisan bernomor 522/690/TAHURA/BB/10/2020 yang ditandatangani Kepala UPT, Ramlan Barus.

Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

Harimau Berkeliaran, Pendakian Gunung Sibayak Ditutup
Foto: Pendaki cantik – @kehati

Menurut keterangan yang tertuang dalam isi surat tersebut disebutkan bahwa alasan penutupan jalur pendakian itu dilakukan untuk menghindari konflik antara manusia dan harimau Sumatera.

Di dalam surat, tertulis penutupan ini karena keberadaan harimau beberapa kali terlihat oleh warga dan pengunjung objek wisata.

Sementara batas waktu pemutupan jalur pendakian ini belum diketahui secara pasti akan berlaku sampai kapan alisa sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Terkait keberadaan harimau, Asido mengatakan lokasi wisata ini memang habitatnya. Harimau, kata Asido, baru pertama kali terlihat di lokasi wisata ini.

Berkeliaran Selama Sebulan Terakhir

Harimau Berkeliaran, Pendakian Gunung Sibayak Ditutup
Foto: Pendaki cantik – @carapandang

Menurut keterangan Asido, hutan Gunung Sibayak memang sebagai tempat hidup Harimau Sumatera tersebut. Habitatnya pun di tempat tersebut sebagai lintasan.

Sebelumnya, Asido mengatakan harimau ini terlihat selama rentang waktu satu bulan di lokasi itu. Harimau ini terlihat di jalan dekat pos registrasi Gunung Sibayak.

Asido mengatakan pihaknya meningkatkan patroli karena adanya peristiwa ini. Selain itu, dilakukan pemasangan CCTV dan perangkap untuk menangkap harimau ini.

Sejauh ini, pihak pengelola jalur pendakian Gunung Sibayak sudah bekerja sama dengan BBKSDA dan WCS. Dan sudah pasang camera trap guna pastikan keberadaan satwa tersebut.

Sementara terkait tindakan apa yang akan dilakukan terhadap binatang tersebut, pihak pengelola berencana melakukan penghalauan dan memasang perangkap guna merelokasi satwa tersebut.

Imbauan kepada Pendaki

Harimau Berkeliaran, Pendakian Gunung Sibayak Ditutup
Foto: Pendaki cantik – @taufiqurokhman

Berhunung dengan ditutupnya jalur pendakian Gunung Sibayak tersebut, pendaki diharapkan untuk tetap taat terhadap aturan yang berlaku dan untuk sementara waktu bisa mendaki gunung lain di Sumatera.

Adapun jalur pendakian lain yang masih dibuka juga tetap menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan selama masa new normal.

Tetap jaga kesehatan, salam lestari.