Pendakicantik.com – Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem – Ada begitu banyak cara untuk mengusir rasa jenuh diantaranya dengan cara jalan-jalan. Tidak mesti harus pergi ke luar negeri untuk buang rasa suntuk, di Indonesia sendiri banyak destinasi keren yang bisa dikunjungi.

Buat yang suka tantangan bisa melampiaskan dengan cara naik gunung. Rasa lelah sudah pasti ada, namun dijamin rasa lelah itu bakalan terbayar setelah tiba di puncak. Pemandangan indah yang dilihat dari ketinggian merupakan view keren yang sulit ditemukan jika berkunjung ke tempat lain.

Baca Juga: TIPS AGAR TIDAK TERSESAT SAAT MENDAKI GUNUNG

Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem
Foto: Pendaki Cantik – @syevaseptiane

Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem

Jika mempunyai hobi mendaki gunung perlu persiapan yang matang dan punya informasi yang lengkap yang berkaitan dengan medan yang hendak dituju. Karena untuk gunung-gunung tertentu ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar saat mendaki gunung. Perlu diketahui di Indonesia ada beberapa gunung yang memiliki jalur super berat; diantaranya:

1. Puncak Cartenz

Gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Gunung yang indah ini terletak di wilayah Papua. Gunung ini punya jalur pendakian yang paling ekstream di Indonesia. Puncak Carstensz memiliki ketinggian 4.884 mdpl.

Yang membuat ekstream adalah faktor cuaca yang tidak bisa diprediksi, di lereng gunungnya saja suhu bisa mencapai 10 derajat celcius. Semakin dekat ke puncak gunung, maka suhunya bisa sampai 0 derajat celcius.

Oksigen yang tipis membuat pendaki harus berhati-hati saat mendaki sebab hal ini bisa membuat seseorang mudah terkena hipotermia. Atau juga medan terjal yang jarang sekali dikunjungi makin membuat pendakian terasa begitu sulit.

Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem
Foto: Pendaki Cantik – @cacahnk_

2. Gunung Raung

Gunung Raung terletak di tiga wilayah yaitu Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Gunung dengan ketinggian 3.442 mdpl memakan waktu tempuh sampai waktu 5 hari 4 malam bahkan bisa lebih. Jalur pendakian banyak melewati jalan setapak, anda bakalan menemukan bebatuan terjal di tepi jurang.

Untuk mencapai puncak, para pendaki juga harus menyebrang dari tebing satu ke tebing lainnya dengan menggunakan seutas tali. Keahlian panjat tebing tentu sangat dibutuhkan mengingat treknya sangat terjal. Pendaki juga harus menyiapkan peralatan climbing untuk menyeberang jurang.

Jalur super ektream kalau mendaki via Kalibaru karena perlu nyali yang hebat dan siap bertaruh nyawa untuk melewati jembatan Sirotol mustaqim. Jalur yang mirip jembatan ini merupakan punggungan gunung yang bagian kiri kanannya berupa jurang yang dalam.

3. Gunung Leuser

Pernah naik gunung Leuser? Gunung Leuser ini berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser, puncak tertinggi gunung ini ada di ketinggian 3.404 mdpl.

Untuk mencapai puncak gunung dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, sekitar 9 sampai 10 hari tergantung cuaca dan kondisi fisik pendaki itu sendiri. Dikali dua dengan perjalanan pulang, maka total yang dibutuhkan untuk menaklukan Gunung Leuser adalah 20 hari

Perjalanan menuju puncaknya pun melewati hutan yang sangat lebat dimana didalamnya  banyak hidup hewan buas. Jadi perlu waspada dan hati-hati.

Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem
Foto: Pendaki Cantik – @elisapriani_

4. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl dan termasuk bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Di sana banyak terdapat binatang buas seperti harimau Sumatera; yang seakan jadi ancaman bagi para pendaki yang ingin menaklukan Gunung Kerinci.

Biasanya, harimau banyak ditemukan di bawah tebing di ketinggian 1.500 mdpl. Selain itu, cuaca  yang dingin dan trek pendakian yang terjal tentu jadi kendala para pendaki. Selain cuaca yang ekstrem,di hutan pegunungan Kerinci ini juga sering terjadi hujan es yang bisa membuat pendaki mengalami hipotermia.

5. Gunung Latimojong

Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan jalur yang dilalui melalui hutan yang lebat. Beberapa trek yang cukup menanjak bisa sampai kemiringan 70 derajat. Anda juga harus melewati arus sungai yang cukup deras. Dan di beberapa titik pendaki harus meniiti pinggiran jurang dan berpegangan erat pada akar-akar pohon.

Trek pendakian Gunung Latimojong sangatlah sulit. Dimana para pendaki harus melewati tanjakan berat, terjal, dan berliku sebelum menuju Puncak Rante Mario Gunung Latimojong. Sehingga butuh nyali yang hebat, tenaga dan kesabaran yang ekstra saat melewati jalur pendakian ini.

Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem
Foto: Pendaki Cantik – @siikumal

6. Gunung Arjuno

Jika ingin mendaki Gunung Arjuno via Lawang haruslah punya stamina dan fisik yang kuat karena bakalan bertemu jalur mengerikan yang biasa disebut dengan Hutan Lali Jiwo. Kawasan ini ditumbuhi pohon cemara yang konon katanya kalau orang-orang yang lewat jalur ini dia akan lupa diri dan tersesat. Jadi harus fokus.

Itulah beberapa Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem di Indonesia. Buat sahabat pendaki yang ingin dan punya tujuan ke gunung-gunung di atas, haruslah hati-hati dan perlu persiapan yang matang baik dari segi fisik, perlengkapan, dan perkiraan waktunya yaa..

Gunung yang Punya Jalur Pendakian Ekstrem
Foto: Pendaki Cantik – @ekdwira

 

Share.