#PendakiCantik – Mendaki gunung merupakan aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh siapa pun termasuk penyandang disabilitas tuna daksa.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa pendaki tanah air termasuk salah satunya adalah perempuan tangguh bernama lengkap Arrohma Permada Marga Dineta.

Arrohma merupakan penyandang tuna daksa yang memilik hobi mendaki gunung meski hanya dengan menggunakan satu kaki.

Ia terlahir normal seperti orang lain. Namun, kecelakaan yang menimpanya pada Agustus 2018 membuatnya harus kehilangan salah satu kaki miliknya.

5 Gunung yang Cocok untuk Tuna Daksa

Gunung yang Cocok untuk Tunda Daksa Menurut Arrohma Sukma
Foto: Pendaki Cantik – @arrohmasukmapmd

Dalam salah satu unggahan akun instagram pribadinya beberapa waktu lalu, Arrohma membagikan setidaknya 5 nama gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk tuna daksa.

Kelima gunung tersebut adalah Gunung Telemoyo, Gunung Andong, Gunung Prau, Gunung Lawu dan Bunker Gunung Merapi.

Daftar nama gunung tersebut dibuat Arrohma berdasarkan pengalamannya sendiri selama mendaki gunung sejak menyandang status sebagai tuna daksa.

Hal ini menurut keterangannya melansir GenPI.co merupakan hasil kesimpulannya setelah memahami setiap detail trek pendakian gunung-gunung tersebut.

Tergantung Kondisi Penyandang Disabilitas

Meski demikian, Arrohma mengaku bahwa tidak menutup kemungkinan apabila rekomendasi tersebut dapat diikuti oleh penyandang tuna daksa lainnya.

Sementara itu, ia tidak menampik bahwa tingkat kesulitan dan peralatan mendaki yang diperlukan mungkin akan sangat berbeda tergantung kondisi si pendaki.

Menurutnya, penyandang disabilitas apapun sebenarnya bisa saja mendaki gunung seperti yang ia lakukan. Yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan niat untuk melakukannya.

Tips selengkapnya bisa dilihat di salah satu unggahan di akun Instagram @arrohmasukmapmd. Arrohma juga berpesan untuk tetap mematuhi aturan yang ada, baik protokol kesehatan atau aturan dari tim pendaki.

Buat teman-teman disabilitas daksa, tips ini bisa dicoba. Yang penting patuhi aturan yang ada dan persiapkan alat-alatnya dengan baik dan benar

Share.