Gunung Tambora dan Pesona Kawahnya yang Menakjubkan

Gunung Tambora dan Pesona Kawahnya yang Menakjubkan
Foto: Pendaki Cantik - @d.sulas__

#PendakiCantik – Indonesia terkenal dengan beberapa gunung berapi yang masih aktif. Salah satunya adalah Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Bima, NTB.

Gunung Tambora adalah salah satu gunung yang cukup terkenal di kalangan para pendaki baik dari Indonesia maupun dari manca negara.

Dengan ketinggian 2.851 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Dengan susah payah kamu mendaki, takkan pulang dengan tangan hampa. karena pesona alam yang ada di Gunung Tambora terbilang unik.

Gunung ini dijuluki sebagai gunung dengan kawah terbesar di Indonesia atau biasa di sebut dengan the Greatest Crater In Indonesia.

Kawah di gunung ini mempunyai lebar 7 kilometer, dengan keliling 18 kilometer dan kedalaman 800 meter.

Keindahan Alam Menakjubkan

Gunung Tambora dan Pesona Kawahnya yang Menakjubkan
Foto: Pendaki Cantik – @fenisaaaa

Selain itu, Gunung Tambora juga mempunyai keindahan alam lainnya yang tak kalah menakjubkan. Disini terdapat padang pasir yang sangat luas yang berada di sepanjang bibir kawah gunung ini.

Di sepanjang bibir kawah juga ditumbuhi oleh bunga edelweiss yang tumbuh dengan berjauhan sekitar 1,5 meter sampai 100 meter.

Ditambah dengan batuan-batuan berlapis yang sangat indah. Batu-batu berlapis tersebut bagian atasnya datar seperti meja yang membuat fenomena alam tersendiri.

Yang membuat menarik, dari gunung ini anda bisa melihat keindahan lautan, kawah, pulau satonda dan juga padang pasir yang sangat indah.

Kawasan Konservasi yang Luas

Gunung Tambora dan Pesona Kawahnya yang Menakjubkan
Foto: Pendaki Cantik – @nrlilii

Selain itu kawasan ini juga menjadi dua kawasan untuk konservasi, yaitu Tambora Utara Wildlife Reserve yang memiliki luas 80.000 hektar dan Tambora Selatan Hunting Park dengan luas 30.000 hektar.

Dengan hal tersebut, gunung ini menyimpan banyak kekayaan dari flora maupun fauna. Gunung Tambora sangat kaya sekali dengan beranekaragaman flora dan fauna.

Flora dan fauna yang tinggal di gunung antara lain seperti alang-alang, edelwies, ixora, perdu anggrek dan untuk faunanya seperti rusa timur, kera berekor panjang, Agas dan masih banyak lainnya.

Pada tahun 1815 pernah terjadi ledakan dasyat di gunung ini yang membuat kawah dengan lebar yang sangat besar.

Jalur Pendakian Tambora

Gunung Tambora dan Pesona Kawahnya yang Menakjubkan
Foto: Pendaki Cantik – @clarita__13

Untuk melakukan pendakian biasanya pendaki akan melalui jalur resmi yaitu di Desa Pancasila. Banyak alternatif angkutan yang bisa anda gunakan untuk menuju ke Desa Pancasila ini.

Salah satunya jika anda berada di Dompu, anda dapat naik angkot yang berwarna kuning terlebih dahulu untuk menuju ke terminal Dompu.

Setibanya di Terminal Dompu anda dapat mencari bus umum yang akan menuju ke Desa Pancasila. Setelah tiba di Desa Pancasila anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju pintu rimba.

Puncak Gunung Tambora

Gunung Tambora dan Pesona Kawahnya yang Menakjubkan
Foto: Pendaki Cantik – @aisyahkirana__

Setelah melewati lima pos pendakian, kamu akan sampai ke sebuah bukit yang merupakan puncaknya Gunung Tambora.

Perjalanan menuju Puncak memakan waktu sekitar 30 menit dan dari puncak sinilah pemandangan akan semakin luas.

Kamu bisa melihat keseluruhan dari daerah di nusa tenggara barat, kawah gunung dan juga telaga hijau di dasar kawah akibat letusan dasyat pada zaman dulu.

Gunung Tambora merupakan gunung yang menyimpan banyak keindahan luar biasa.

Pesona kawahnya yang sungguh sangat besar dijamin akan membuat anda terpukau kala melihatnya secara langsung.