Gunung Semeru Terjadi Erupsi dan Status Level III (Siaga)

Gunung Semeru Terjadi Erupsi dan Status Level III (Siaga)
Foto: Pendaki Cantik - @bbtnbromotenggersemeru

Pendakicantik.comGunung Semeru yang terletak di Provinsi Jawa Timur baru saja terjadi erupsi  berdasarkan informasi dari Badan Geologi pada Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 05.30 WIB.

Untuk saat ini Status gunung berada pada level siaga.

Baca Juga: Gunung Gede Pangrango Ditutup Sementara dan Tidak Teramati Asap atau Api

“Telah terjadi erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur pada tanggal 22 November 2022 pukul 05:03 WIB,” jelas Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan dalam keterangan yang dikutip dari detikJabar, Selasa (22/11/2022).

Erupsi itu mengeluarkan abu. Menurut Hendra, tinggi kolom abu mencapai ketinggian sekitar 600 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.276 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Gunung Semeru Terjadi Erupsi dan Status Level III (Siaga)

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi kurang lebih 58 detik,” jelas Hendra.

Baca Juga: Gempa Cianjur Tidak Ada Hubungan dengan Aktivitas Gunung Gede; Status Gunung Gede Normal

Status Level III (Siaga)

“Saat ini Gunung Semeru berada pada status Level III (Siaga),” jelas Hendra menambahkan.

Hendra mengatakan Badan Geologi merekomendasikan agar tidak ada aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak atau pusat erupsi.

Gunung Semeru Terjadi Erupsi dan Status Level III (Siaga)
Foto: Pendaki Cantik –

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas juga pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan.

“Karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak. Tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontara,” ujar Hendra.