Pendakicantik.comGunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada hari Senin (19/12/2022) kemaren kembali erupsi.

Erupsi Semeru ini diamati secara visual dan terjadi dua kali, salah satunya terjadi pada pukul 15.58 WIB.

Baca Juga: Gunung Papandayan: Gunung Cantik yang Miliki View Eksotik yang Cocok buat Pemula

Erupsi dengan amplitudo maksimal 22 mm dan berdurasi 100 detik dan diikuti keluarnya kolom abu berwarna kelabu hingga cokelat tebal dari puncak kawah setinggi 1.500 meter mengarah ke utara dan timur laut.

“Juga terdengar suara gemuruh dari kawah satu kali,” jelas Petugas Pos Pantau Gunung Api Semeru, Yadi Yuliandi, Senin (19/12/2022).

Gunung Semeru Kembali Erupsi; Masyarakat Harus Tetap Waspada dan Tidak Panik

Getaran banjir terekam satu kali dengan amplitudo maksimal 25 mm berdurasi 3.000 detik.

Baca Juga: Pembangunan Kereta Gantung Rinjani Dimulai Desember 2022

Erupsi Disusul Gempa Letusan

Secara kegempaan, seismograf milik pos pantau merekam ada 13 kali gempa letusan dengan amplitudo maksimal 10 – 23 mm dengan durasi 65 – 120 detik selama periode pengamatan pukul 12.00 – 18.00 WIB.

Yadi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik sambil menunggu informasi resmi dari petugas BPBD maupun PVMBG.

Diharapkan agar masyarakat untuk tidak berakvitas dalam radius 13 kilometer dari puncak di sepanjang Besuk Kobokan dan 500 meter dari pinggir sungai yang dilalui aliran lahar Semeru. Sebab, ancaman bahaya sekunder berupa banjir lahar dikhawatirkan terjadi perluasan aliran lahar maupun APG akibat penuhnya sungai dengan material sisa erupsi dua minggu lalu.

Gunung Semeru Kembali Erupsi; Masyarakat Harus Tetap Waspada dan Tidak Panik
Foto: Pendaki Cantik –

Selain itu, warga juga diminta mewaspadai potensi lontaran batu pijar dari Gunung Semeru. Sehingga, warga diminta tidak berada dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung.

“Waspadai potensi APG, guguran lava dan banjir lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu ke puncak gunung, terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat,” jelasnya.

Share.