Gunung Salak dan Cerita Mistisnya yang Bikin Merinding

#PendakiCantik – Di balik keindahan alam yang memukau dan udara menyegarkan, rupanya Gunung Salak di Bogor menyimpan cerita mistis yang bikin merinding.

Beberapa cerita tentang keangkerang Gunung Salak juga kerap kali dikaitkan dengan peristiwa pendaki hilang dan meninggal di sana.

Gunung Salak telah lama dikabarkan sebagai kawasan yang mistis. Gunung yang berada di antara Bogor dan Sukabumi itu bahkan menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menewaskan 45 orang pada 2012 silam.

Disebut Kabuyutan

Gunung Salak dan Cerita Mistisnya yang Bikin Merinding
Foto: Pendaki Cantik – @wulaaannp

Namun, jauh sebelumnya, kesan angker sudah lama menempel pada Gunung Salak. Gunung Salak disebut sebagai kabuyutan oleh penduduk sekitar.

Dalam kepercayaan Sunda, gunung dengan ketinggian 2.211 mdpl itu dianggap sebagai lokasi turun dan bersemayamnya para batara dari kahyangan.

Tak hanya itu, Gunung Salak juga diyakini sebagai gunung yang suci. Sebab, di sanalah Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja terakhir terlihat.

Sebagai informasi, Prabu Siliwangi adalah raja dari Kerajaan Sunda Galuh yang pernah berjaya.

Sering Menyimpan Cerita Horor

Gunung Salak dan Cerita Mistisnya yang Bikin Merinding
Foto: Pendaki Cantik – @ganazturi

Anggapan mistis Gunung Salak juga didukung dengan kabar bahwa banyak pendaki yang tersesat, bahkan hilang di sana.

Hal itu dapat dinalar karena jalur pendakian di Salak cukup banyak, yakni jalur Wana Wisata Cangkuang, Wana Wisata Curug Pilung, Cimelati, Pasir Rengit, dan Ciawi.

Jalur-jalur pendakian itu kerap bersimpangan, sehingga membingungkan para pendaki. Bahkan setelah berhasil ditemukan, biasanya pendaki itu pulang membawa kisah-kisah horor yang dialaminya selama mendaki Gunung Salak.

Tentang Gunung Salak

Gunung Salak dan Cerita Mistisnya yang Bikin Merinding
Foto: Pendaki Cantik – @joleneemarie

Berdiri dengan gagah berhias hutan yang lebat, Gunung Salak berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH dan menjadi salah satu wilayah konservasi milik pemerintah dengan tajuk Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Walau memiliki nama yang terdengar mirip seperti buah, ternyata Gunung Salak tidak punya hubungan dengan salak.

Nama ‘Salak’ yang disematkan pada gunung di kawasan Jawa Barat ini berasal dari bahas Sanskerta ‘Salaka’ yang berarti Perak. Sehingga nama Gunung Salak dapat diartikan sebagai Gunung Perak.

Menurut kepercayaan Sunda, Gunung Salak dianggap sebagai salah satu gunung suci. Karena menjadi tempat menghilangnya Prabu Siliwangi, pendiri kerajaan Padjajaran sekaligus lokasi turun dan bersemayamnya para batara dari kayangan.

Jika kamu hendak mendaki Gunung Salak, jangan pernah menganggap remeh setiap cerita yang berkembang terutama soal pantangan dan larangan di gunung tersebut.

Dengan demikian kamu akan selamat dari gangguan atau cerita mistis yang membuat perjalanan pendakianmu tidka menyenangkan.

Terkini