Gunung Rinjani Favorit Para Pendaki dengan sejuta Pesona Keindahan

7 Gunung yang Sering Terjadi Musibah Buat Para Pendaki
Foto: Pendaki Cantik - @jelajahgunungnusantara

Pendakicantik.comGunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki. Hampir setiap pendaki selalu berharap dan berniat ingin menggapai puncaknya yang tinggi.

Gunung Rinjani sangat terkenal dengan keindahanalamnya. Gunung ini bukan saja jadi cita-cita para pecinta alam di Indonesia, tapi juga mancanegara.

Baca Juga: Jodilee Warwick Mancing di Danau Segara Anak; Ikannya Cowok Semua!!

Rinjani berada pada ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia.

Kisah Dewi Anjani, Legenda Asal Usul Terjadinya Gunung Rinjani

Fakta menarik tentang Gunung Rinjani

Terletak di Garis Wallace

Gunung Rinjani terletak tepat di area perbatasan garis Wallace yang adalah garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya akan beragam flora dan fauna.

Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang di sini diantaranya adalah bunga edelweiss yang unik. Fauna yang terle lutung budeng, kijang, burung kolibri, dan trenggiling.

Baca Juga: Khansa Syahlaa Akan Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Elbrus

Dijuluki Gunung Pantai

Terdiri dari hamparan padang sabana sehingga udara terasa panas untuk ukuran gunung. Hal itu dilengkapi dengan banyaknya tiupan angin kencang yang ada di permukaannya, sehingga dijuluki gunung pantai karena kemiripan suhu dan iklimnya dengan area pantai.

Gunung yang Dianggap Sakral

Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan memiliki nilai spiritual. Warga setempat percaya bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok.

Masyarakat Lombok kerap mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di gunung ini. Bahkan suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok membangun rumah dengan menghadapkannya ke arah Gunung Rinjani berada.

Gunung Rinjani Favorit Para Pendaki dengan sejuta Pesona Keindahan
Foto: Pendaki Cantik – @layla.omar.b

Namanya Berasal dari Bahasa Jawa

Meskipun berada di Pulau Lombok, nama Gunung Rinjani justru berasal dari Bahasa Jawa Kuno dimana Rinjani sendiri berarti Tuhan.

Masyarakat setempat memilih penamaan tersebut dari seorang putri raja yang sedang bersemedi di Lombok. Sang putri itu bernama Anjani.

Memiliki Anak Gunung yang Sering Meletus

Sebagai gunung besar, Rinjani memiliki anak gunung yang bernama Gunung Barujari. Ada pun aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani justru banyak berasal dari sang anak gunung.

Baca Juga: Pantai Midodaren, Tempat Wisata Baru Incaran Warga Tulungagung

Memiliki Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Salah satu spot yang paling terkenal adalah Segara Anak yakni sebuah danau vulkanik yang berada di tengah-tengah gunung dan merupakan yang terbesar di dunia.

Sempat Diabadikan Gambar Mata Uang

Eksotisme Rinjani beserta Danau Segara Anak pun pernah diabadikan dalam sebuah mata uang pecahan Rp 10.000 yang dikeluarkan pada tahun 1998.

Gunung Rinjani Favorit Para Pendaki dengan sejuta Pesona Keindahan
Foto: Pendaki Cantik – @marlinaayu1503

Beragam Spot Wisata

Gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia karena tidak hanya menawarkan aktivitas pendakian saja, namun juga terdapat berbagai spot wisata yang terletak di dalamnya.

Jika berkunjung ke gunung ini, wisatawan bisa menjumpai beragam pemandian air panas, goa yang cantik hingga air terjun!

Artikel SebelumnyaJodilee Warwick Mancing di Danau Segara Anak; Ikannya Cowok Semua!!
Artikel BerikutnyaGunung Merbabu: Kisah Legenda Mistis Dibalik Keindahan View Alamnya