Gunung Prau dan Kamu yang Telah Pergi Jauh

Gunung Prau dan Kamu yang Telah Pergi Jauh
Foto: Pendaki Cantik -Instagram/@synisya

#PendakiCantik – Dari sekian banyak gunung yang menyebar di seluruh Indonesia, Gunung Prau dengan segala keindahannya telah begitu banyak menulis cerita tentang kita.

Waktu itu pengetahuan kita tentang gunung hanya selesai di cerita tentang Indonesia yang mendapat julukan ring of fire karena deretan gunungnya tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai pemula, kita sepakat untuk memilih berburu sunset dan sunrise di puncak Gunung Prau dalam sebuah diskusi kecil di kantin kampus suatu sore.

Aku tidak pernah berusaha menolak ketika Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 2.565 Mdpl menjadi gunung pertama yang akan kita daki.

Gunung Prau dan Kamu yang Telah Pergi Jauh
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@hazamasinaru

Bagiku, semua gunung dan semua cerita perjalanan pendakian akan selalu indah dan menakjubkan asal kamu berada di sampingku. Lebay memang, tetapi aku hanya jujur.

Jalur Pendakian

Kamu tahu, aku masih mencatat sebuah kisah menarik kala kita tiba di Gunung Prau dan memulai pendakian. Aku ingat betul, wajahmu penuh dengan raut cemas dan khawatir.

Kamu dilema, kembali ke rumah atau terus mendaki. Aku paham, kamu sangat memikirkanku. Termasuk ketika kamu harus memilih jalur pendakian Patak Banteng yang tampaknya tidak terlalu sulit dilalui.

Kamu yang suka hal-hal menantang, kini mengalah dengan berbaur bersama banyak orang di jalur tercepat dan mudah demi aku.

Gunung Prau dan Kamu yang Telah Pergi Jauh
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@fatonah.stnr

Seperti kataku, waktu hampir tidak akan berguna kita aku sedang bersamamu. Kita bahkan tidak menyadari bahwa puncak sudah di pelupuk mata setelah mendaki selama 3-4 jam di jalur itu.

Menikmati Gunung-Gunung

Aku juga mencatat soal senyum dan wajah sumringahmu kala menyaksikan aku mengagumi Gunung Sindoro, Sumbing, Kembang, Merapi dan Merbabu dari puncak Gunung Prau.

Sambil mempersiapkan sebuah tenda, kamu mengatakan kepadaku tentang senja di puncak Gunung Prau yang akan aku petik jika mendaki di siang hari.

Gunung Prau dan Kamu yang Telah Pergi Jauh
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@erabarala

Kamu juga suka tertawa sewaktu aku menganggap diri sedang berada di luar negeri saat mendapati pemandangan pemukiman rumah warga di lereng-lereng gunung.

Dengan cinta dan modal murah meriah, kamu berhasil membuatku merasakan bagaimana nikmatnya bahagia. Bersyukur dengan segala ciptaan Tuhan yang ternyata sangat agung dan luar biasa.

Aku ingin kamu mengingat kisah kita di Gunung Prau. Meski kini kamu telah pergi jauh, aku yakin Tuhan telah menyiapkan tempat istimewa untukmu. Aku rindu…*