Pendakicantik.comGunung Pancar yang terletak di wilayah Sentul kini kian hits dengan obyek wisata outdoor favorit saat kita butuh refreshing di masa sekaligus olahraga santai.

Buat kamu yang hobi mendaki tapi dengan trek santai dan mungkin bias sekalian ajak orang-orang tersayang, bisa coba jalur trekking Gunung Pancar.

Baca Juga: Pulau Bidadari Beri Sensasi Unik dan Island Hopping

Trekking ke Gunung Pancar juga sekaligus tempat melatih otot kaki dan daya tahan fisik sebelum mendaki ke gunung yang punya jalur trek yang sulit.

🔴 WISATA ALAM GUNUNG PANCAR SENTUL BOGOR

Baca Juga: Tasikmalaya Punya Tempat Wisata Instagramable saat Liburan

Gunung Pancar: Trekking Santai buat Nikmati Akhir Pekan dan Liburan

Gunung Pancar jaraknya tidak terlalu jauh dari Depok, jalur pendakian dan medan yang bervariasi. Jadi cukup sesuaikan saja dengan kemampuan peserta trekking lainnya.

Sebelumnya kamu perlu mencoba trekking jalur Sentul jalur Leuwi Hejo, kali ini rasanya mencoba jalur lain yang lebih menantang. Karena ini rute baru, kamu bisa memilih menggunakan guide yang lebih berpengalaman.

Gunung Pancar: Trekking Santai buat Nikmati Akhir Pekan dan Liburan
Foto: Pendaki Cantik – @plantesetcouleurs

Jalur Trekking

Meeting point kawasan Gunung Pancar tepatnya di depan SD. Hal baiknya adalah menggunakan pemandu sehingga tidak lagi dikenakan retribusi atau apa pun namanya. Jadi kamu bebas, begitu masuk, masih aman, tanjakannya paling berbatu.

Namun begitu kamu masuk selama sekitar 15 menit, kamu mulai bertemu dengan trek tanjakan yang tidak terlalu santai. Ketinggiannya sekitar 45 derajat. Benar-benar jongkok dan benar-benar diuji di sini. Tak hanya itu, menjaga detak jantung di bawah 150 memang membutuhkan kontrol yang mudah.

Kamu perlu berhati-hati jika stamina kita sedang tidak fit, kurang tidur bahkan jarang berolahraga. Perlu cerdas menghemat energi dan menjaga kekuatan tubuh agar bisa finish kuat adalah tujuan utama. Apalagi kamu bukanlah atlet trail run professional atau atlet dengan stamina yang luar biasa.

Baca Juga: Film yang Menyuguhkan Keindahan Pulau Flores

Tanjakan dan anak tangga tidak hanya ditemukan sekali tetapi bisa lebih dari 4 tanjakan curam. Trekking di Gunung Pancar enaknya bisa mendengarkan suara kicau burung, bahkan angin yang menggoyangkan dedaunan sehingga mengeluarkan suara yang menenangkan.

Apalagi kalau cuacanya cerah, panasnya matahari terbenam di bawah lapisan kulit, rasanya wow banget.

Gunung Pancar: Trekking Santai buat Nikmati Akhir Pekan dan Liburan
Foto: Pendaki Cantik – @liburanyuk

Bisa melihat brokoli yang kita sebut deretan pohon yang terlihat seperti brokoli dari tempat kita berdiri. Warna biru dan hijau yang digradasi persis foto atau gambar anak SD yang jago melukis. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat hamparan sawah hijau atau kuning mewah pokoknya.

Share.