Gunung Malabar, Pemilik Puncak Tertinggi di Bandung Selatan

Gunung Malabar, Pemilik Puncak Tertinggi di Bandung Selatan
Foto: Pendaki Cantik - @sukmamuty

#PendakiCantik – Gunung Malabar merupakan sebuah kawasan pegunungan yang sangat luas yang terletak di wilayah Bandung selatan. Gunung ini memiliki tinggi 2.343 mdpl.

Lokasi Gunung Malabar sangat dekat dengan tempat wisata Pangalengan Bandung. Ia menjadi salah satu destinasi wisata cukup populer di wilayah ini.

Dahulu di zaman kolonialisme belanda di dalam kawasan gunung ini terdapat stasiun radio yang sangat terkenal yang digunakan untuk kepentingan siaran berita penjajah belanda.

Namun sayang saat kini bangunan sudah hancur dan hanya tinggal tersisa dinding-dinding reruntuhannya saja.

Jalur Pendakian Gunung Malabar

Gunung Malabar, Pemilik Puncak Tertinggi di Bandung Selatan
Foto: Pendaki Cantik – @sukmamuty

Untuk menuju ke puncak besar Gunung Malabar, anda dapat mengambil rute jalan arah kiri di pertigaan pertama di jalan sebelum masuk pangalengan.

Perlu kamu ketahui bahwa Kawasan Pangalengan sendiri berada pada ketinggian 1.500 mdpl dan dari sana ada akan melewati jalanan melintasi perkebunan teh yang hijau.

Dari desa Cinyiruan dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak gunung yang sangat boleh dikatakan jarang dikunjungi ini.

Hal ini membuat jalur pendakian menuju ke sana belum memiliki tanda jejak serta ditumbuhi tanaman liar yang cukup tinggi.

Puncak dengan Tanaman Liar

Gunung Malabar, Pemilik Puncak Tertinggi di Bandung Selatan
Foto: Pendaki Cantik – @kokomkmrh_14

Jika tujuan kamu adalah ke Puncak Besar Gunung Malabar, maka kamu hanya akan bertemu dengan tanaman liar dan tidak ada pemandangan yang bagus.

Namun, beberapa puncak lain gunung ini jauh lebih dan jalur pendakiannya juga lebih aman untuk dikunjungi serta memiliki pemandangan yang indah.

Puncak Besar sendiri terletak di ketinggian 1.900 mdpl, jika kamu naik lagi ke Puncak Puntang di ketinggian 2.223 mdpl dan puncak Haruman 2.140 mdpl maka pemandangan yang indah akan kamu dapatkan.

Puncak Puntang bisa dikatakan merupakan tujuan terpopuler para pendaki karena mempunyai jalur pendakian yang bersahabat dan lebih aman.

Sedangkan puncak Haruman sangat curam dan becek jalur perlintasan pendakiannya, sehingga perlu ekstra hati-hati untuk melaluinya.

Akses Menuju Dua Puncak

Gunung Malabar, Pemilik Puncak Tertinggi di Bandung Selatan
Foto: Pendaki Cantik – @salsaadelyla

Kedua objek wisata ini dapat diakses dari daerah Mekarsari dan kawasan wisata Gunung Puntang yang memiliki objek wisata populer lainnya seperti curug siliwangi dan camping ground.

Untuk mendaki ke puncak Puntang anda harus menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. Ketika tiba di Puncak Gunung Puntang, anda akan mendapati suguhan pemandangan yang sangat luar biasa indah.

Selain itu kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan kawasan pegunungan di sekitarnya. Pandangan kamu juga tidak akan dihalangi pepohonan karena itu tempat tertinggi.

Bahkan, apabila cuaca sedang bersahabat yaitu cerah ceria, maka kamu dapat melihat hamparan kota Bandung, Gunung Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit tunggul. Bahkan Gunung Pangrango dapat terlihat di kejauhan.