#PendakiCantik – Gunung Leuser merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Lauser yang secara administratif terletak di dua provinsi yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Dengan ketinggian 3.119 mdpl, Gunung Lauser  juga dikenal sebagai pemilik jalur pendakian terpanjang di Asia Tenggara dan menjadi gunug favorit para pendaki.

Pintu gerbang utama untuk pendakian Gunung Leuser adalah Dusun Kedah, Desa Panosan Sepakat, Blang Jerengo, Gayo Lues, Aceh.

Untuk sampai di dusun terakhir dapat ditempuh menggunakan transportasi darat jurusan Kutapanjang/Blangjerengo yang berjarak sekitar 9 Km.

Dilanjutkan naik Becak Mesin hingga ke Dusun Kedah sejauh 5 km. Di dusun terakhir inilah kamu bisa mengurus perizinan sebelum melanjutkan perjalanan menelusuri belantara pegunungan Leuser.

Akses Menuju Pintu Rimba

Gunung Leuser, Pemilik Jalur Pendakian Terpanjang di Asia Tenggara
Foto: Pendaki Cantik – @cathysharon

Sebelum memasuki Pintu Rimba, kamu harus terlebih dahulu berjalan kaki sekitar 4 sampai 5 jam dari Dusun Kedah. Sepanjang perjalanan kamu tidak akan bosan dengan pemandangan yang ada.

Masyarakat Dusun Kedah sendiri mayoritas berprofesi sebagai petani. Sehingga tidak mengherankan jika sejauh mata memandang akan terpampang hamparan tembakau, padi, hingga tanaman palawija.

Semua itu tersusun rapi dipagari perbukitan hijau Pegunungan Leuser. Panorama itulah yang akan menemani setiap langkah kamu sebagai sajian pelepas penat.

Lebih menariknya lagi, kamu bisa beramah tamah dengan para petani tembakau sekaligus melihat dan mencoba proses pengolahannya sebelum di bawa ke pengepul.

Tiket Masuk Sebelum Mendaki

Gunung Leuser, Pemilik Jalur Pendakian Terpanjang di Asia Tenggara
Foto: Pendaki Cantik – @lilysanwijaya

Secara umum, sebelum kamu mendaki Gunung Leuser maka kamu harus masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser terlebih dahulu.

Tiket masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser, untuk wisatawan domestik sebesar Rp 5 ribu dan wisatawan mancanegara sebesar Rp 150 ribu.

Kalau di hari libur nasional dan di hari Minggu, tiketnya Rp 7.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 225 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Syarat Mendaki Gunung Leuser

Gunung Leuser, Pemilik Jalur Pendakian Terpanjang di Asia Tenggara
Foto: Pendaki Cantik – @luvinka7

Jika kamu berencana untuk mendaki Gunung Leuser lebih baik persiapkan fisik terlebih dahulu, karena setidaknya butuh waktu setengah bulan untuk naik dan turun gunung ini.

Selain itu lengkapi juga data dan keperluan pendakian agar keselamatan tetap terjaga. Berikut ini daftarnya:

  1. Foto copy kartu identitas 4 lembar dan surat permohonan kepada Balai Besar TNGL
  2. Menyerahkan SIMAKSI ke BBTNGL yang dibuat di Seksi Pengelolaan TNGL wilayah III, Kota Blangkerjen, Gayo Lues.
  3. Menyerahkan surat sehat dari dokter
  4. Wajib pakai guide untuk menjaga keselamatan dan perlindungan terhadap Harimau Sumatera
  5. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Taman Nasional Gunung Leuser di www.gunungleuser.or.id.

Share.