#PendakiCantik – Ratusan pendaki dari berbagai kota di Pulau Jawa menyerbu Gunung Lawu, gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Sabtu (4/7).

Mereka mendaki gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (dpl) melalui dua jalur. Yakni, lewat Cemoro Kandang di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah.

Jalur satunya melalui Cemoro Sewu di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Para pendaki yang rata-rata berusia muda ini sudah berdatangan di lereng Gunung Lawu sejak Sabtu pagi.

Bahkan, banyak pendaki yang datang sejak Jumat sore. Mereka datang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan angkutan kendaraan.

Ramai Selama Seminggu Terakhir

Gunung Lawu Kembali Ramai Setelah Dibuka
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@avrenia_

Pemilik warung di sebelah loket masuk Cemoro Sewu, Bu Yanto, menuturkan ramainya kembali pendakian Gunung Lawu baru hitungan hari.

Sebelumnya, pendakian Gunung Lawu ditutup sejak terjadi pandemi virus Corona. Pemerintah Kabupaten Karangnyar, Jawa Tengah, dan Pemkab Magetan, Jawa Timur menutup jalur pendakian.

Penutupan sejak Maret hingga seminggu lalu. Tak hanya jalur pendakian yang ditutup. Akses jalan menuju wilayah Jawa Timur di Cemoro Sewu juga ditutup.

Petugas langsung meminta pengendara yang bergerak dari arah Jawa Tengah, kembali putar arah. Namun, jalan kembali dibuka beberapa hari setelah Lebaran. Lalu, menyusul dibukanya kembali pendakian di Gunung Lawu.

Tata Cara Pendakian

Gunung Lawu Kembali Ramai Setelah Dibuka
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@slsbilazhra

Hanya, pendakian kali ini ada tata caranya. Antara lain, pendaki harus melewati screening. Salah satunya cek temperatur badan.

Menariknya, pendaki yang suhunya di atas 37,8 derajat celcius, akan diminta ke ruang emergency terlebih dulu.

Jika suhu badan kembali normal, diperbolehkan. Namun, jika suhu tidak turun, pendaki yang bersangkutan disarankan periksa di rumah sakit atau puskesmas terdekat di Kabupaten Karanganyar atau Kabupaten Magetan.

Pendaki juga diminta tetap melakukan protokol pencegahan penularan covid-19. Mulai cuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak.

Tinggal di Basecamp Penduduk

Gunung Lawu Kembali Ramai Setelah Dibuka
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@aanisaadr_

Hanya, tidak semua pendaki meneruskan keinginan mendaki hingga puncak Gunung Lawu. Sejumlah pendaki yang telah membawa logistik dan peralatan lengkap memutuskan membatalkan pendakian.

Mereka hanya menghabiskan malam Minggu di basecamp rumah penduduk. Atau meninggalkan kawasan Gunung Lawu menuju lokasi lain.

Share.