#PendakiCantik – Gunung Lalang akan ditetapkan sebagai salah satu tempat destinasi wisata alam dan sejarah di Kalimantan Barat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kabupaten Kayong Utara (KKU), Duani Citra pada Minggu (14/6/2020) siang.

Gunung yang berdiri di Desa Harapan Mulia dan dikenal dengan keberadaan 300 lebih makam Cina itu akan diganti namanya menjadi Bukit Bunga.

Konsep Bukit Bunga yang digagas Duani akan membuatnya akan terlihat berwarna-warni jika dilihat dari bawah.

Gunung Lalang, Destinasi Wisata Baru dengan 300 Makam Cina
Foto: Gunung Lalang

Selain menawarkan keindahan sebagai sebagai sebuah bukit penuh bunga, dia juga menjelaskan bahwa destinasi wisata itu akan sepenuhnya dikelola oleh pihak desa.

Duani berharap dengan dijadikan obyek wisata, sejarah dan misteri Gunung Lalang juga akan terpecahkan. Terkait ini dia berjanji akan mendatangkan sejarawan serta arkeolog ke Kayong Utara.

Dalam rencananya, wisata religius dan wisata alam nantinya akan dikemas dan dikelola bersama antara pemerintah daerah dan Yayasan ASRI.

Di antaranya dengan penanaman kembali tanaman keras yang diselingi berbagai jenis tanaman bunga.

Gunung Lalang, Destinasi Wisata Baru dengan 300 Makam Cina
Foto: Gunung Lalang

Berdampak Secara Ekonomi

Duani berharap banyak kepada masyarakat sekitar agar aktif terlibat mendukung rencana tersebut. Selain selalu menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, dia juga optimis apabila konsep tentang Gunung Lalang ini dieksplorasi menjadi destinasi wisata itu akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Duani mencontohkannya dengan ikut gotong-royong di kawasan Gunung Lalang dan ziarah di makam di bukit itu.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Sukadana, Danramil Sukadana, Kepala Desa Harapan Mulia beserta Perangkat serta pihak Yayasan Dasa Marga Kecamatan Simpang Hilir.

Share.