Pendakicantik.comGunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), aktivitasnya masih fluktuatif.

Warga diimbau tidak melakukan aktivitas dalam radius tertentu karena status Gunung Ile Lewotolok saat ini berstatus waspada level II.

Baca juga: Yuri, WNA Rusia Minta Maaf dan Siap Dideportasi Pasca Foto Buka Celana di Gunung Agung

“Secara visual pengamatan, memang gunung berapi sering tertutup kabut, dan kegempaannya sampai dengan pagi hari ini masih fluktuatif, masih sering terjadi erupsi dan gempa-gempa hembusan gas,” kata Petugas PPGA Ile Lewotolok, Stanis Ara Kian, dalam tayangan Metro TV, Kamis, 23 Maret 2023.

Menurut data terbaru, Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok mencatat 60 letusan sejak Rabu, 22 Maret 2023, dengan kolom abu vulkanik naik 400–500 meter di atas puncak kawah.

Baca juga: Pendakian Gunung Slamet via Jalur Bambangan Ditutup Selama Bulan Ramadhan 2023

Gunung Ile Lewotolok Saat Ini Masih Berstatus Waspada Level 2

“Terkait dengan kondisi ini, masyarakat selalu mengindahkan rekomendasi dari PVMBG yaitu tidak boleh melakukan aktivitas di dalam radius dua kilometer,” ucap Stanis Ara Kian.

Selain itu, terekam pula gempa-gempa hembusan sebanyak 156 kali, 33 kali gempa tremor non harmonik, 7 kali gempa tremor harmonik dan gempa vulkanik. Saat ini status gunung api ini berada pada level II waspada.

Gunung Ile Lewotolok Saat Ini Masih Berstatus Waspada Level 2
Foto: Pendaki Cantik –

Sementara itu, petugas pos pengamatan Gunung Ile Lewotolok, mengatakan erupsi gunung ini masih akan terus terjadi disertai gempa-gempa hembusan dan suara gemuruh lemah hingga sedang.

Share.