Gunung Haruman: Letak, Ketinggian, Dan Keunikannya

Gunung Haruman merupakan sebuah gunung yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia.

Gunung Haruman memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dengan gunung-gunung lainnya. Salah satu keunikannya adalah adanya kawah kembar yang terletak di puncak gunung. Kawah kembar ini memiliki ukuran yang cukup besar dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Haruman.

Selain kawah kembar, Gunung Haruman juga memiliki beberapa keunikan lainnya, seperti adanya hutan hujan tropis yang masih alami dan menjadi habitat bagi berbagai macam flora dan fauna. Gunung Haruman juga memiliki beberapa sumber mata air panas yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan.

Gunung Haruman

Gunung Haruman, sebuah gunung berapi aktif di Sumatera Barat, memiliki karakteristik unik yang membedakannya. Berikut 10 aspek penting yang mengeksplorasi berbagai dimensinya:

  • Lokasi: Sumatera Barat, Indonesia
  • Ketinggian: 1.200 mdpl
  • Kawah kembar: Daya tarik utama
  • Hutan hujan tropis: Habitat flora dan fauna
  • Sumber mata air panas: Khasiat kesehatan
  • Status: Gunung berapi aktif
  • Pendakian: Jalur menantang
  • Pemandangan: Panorama alam
  • Konservasi: Perlindungan lingkungan
  • Penelitian: Studi gunung berapi dan ekosistem

Keunikan Gunung Haruman terletak pada kawah kembarnya yang menjadi daya tarik wisata. Kawah ini terbentuk akibat letusan gunung berapi pada masa lalu dan menjadi habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Selain itu, hutan hujan tropis yang mengelilingi gunung juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, menjadikannya sebagai area konservasi yang penting. Status Gunung Haruman sebagai gunung berapi aktif menjadikannya sebagai objek penelitian yang menarik bagi para ahli geologi dan vulkanologi.

Lokasi

Lokasi, Gunung Indonesia

Lokasi Gunung Haruman di Sumatera Barat, Indonesia memainkan peran penting dalam membentuk karakteristik uniknya. Provinsi Sumatera Barat dikenal dengan topografinya yang beragam, dengan jajaran pegunungan, perbukitan, dan garis pantai yang panjang. Lokasi Gunung Haruman di wilayah ini telah mempengaruhi iklim, geologi, dan keanekaragaman hayatinya.

  • Iklim

    Lokasi Gunung Haruman di Sumatera Barat menyebabkan iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Hujan yang melimpah ini mendukung pertumbuhan hutan hujan tropis yang lebat di sekitar gunung, yang menjadi habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna.

  • Geologi

    Sumatera Barat terletak di pertemuan lempeng tektonik, yang menjadikannya daerah yang aktif secara geologis. Gunung Haruman sendiri merupakan gunung berapi aktif, dan lokasinya di Sumatera Barat telah membentuk aktivitas vulkaniknya. Letusan gunung berapi di masa lalu telah membentuk kawah kembar yang menjadi ciri khas Gunung Haruman.

  • Keanekaragaman Hayati

    Lokasi Gunung Haruman di Sumatera Barat telah berkontribusi pada keanekaragaman hayatinya yang tinggi. Hutan hujan tropis di sekitar gunung merupakan rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan, termasuk beberapa spesies endemik yang hanya ditemukan di wilayah tersebut. Keanekaragaman hayati ini menjadikan Gunung Haruman sebagai daerah yang penting untuk konservasi.

Secara keseluruhan, lokasi Gunung Haruman di Sumatera Barat, Indonesia telah membentuk karakteristik uniknya, termasuk iklimnya, geologinya, dan keanekaragaman hayatinya. Faktor-faktor ini menjadikan Gunung Haruman sebagai tujuan wisata yang menarik dan daerah yang penting untuk penelitian dan konservasi.

Ketinggian

Ketinggian, Gunung Indonesia

Ketinggian Gunung Haruman yang mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan salah satu faktor penting yang membentuk karakteristik uniknya. Ketinggian ini memiliki beberapa implikasi bagi gunung tersebut, antara lain:

  • Iklim

    Ketinggian Gunung Haruman menyebabkan iklim yang lebih sejuk dibandingkan dengan daerah di sekitarnya. Hal ini dikarenakan semakin tinggi suatu tempat, semakin rendah suhunya. Iklim yang sejuk ini mendukung pertumbuhan hutan hujan tropis yang lebat di sekitar gunung.

  • Vegetasi

    Ketinggian Gunung Haruman juga mempengaruhi jenis vegetasi yang tumbuh di lerengnya. Pada ketinggian yang lebih rendah, terdapat hutan hujan tropis dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun. Semakin tinggi, vegetasi berubah menjadi hutan pegunungan dengan pohon-pohon yang lebih pendek dan jarang.

  • Pemandangan

    Ketinggian Gunung Haruman menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari puncaknya. Pengunjung dapat melihat hamparan hutan hujan tropis di bawahnya, serta puncak-puncak gunung lainnya di kejauhan. Pada hari yang cerah, bahkan laut dari puncak gunung.

Secara keseluruhan, ketinggian 1.200 mdpl merupakan faktor penting yang membentuk karakteristik unik Gunung Haruman. Ketinggian ini mempengaruhi iklim, vegetasi, dan pemandangan gunung, menjadikannya tujuan wisata yang menarik dan tempat yang penting untuk penelitian dan konservasi.

Kawah kembar

Kawah Kembar, Gunung Indonesia

Gunung Haruman dikenal memiliki kawah kembar yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Kawah ini terbentuk akibat letusan gunung berapi pada masa lalu dan menjadi habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Keunikan kawah kembar ini menjadikan Gunung Haruman sebagai destinasi wisata yang populer.

  • Keindahan alam

    Kawah kembar Gunung Haruman memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat melihat kawah dari dekat dan menikmati pemandangan alam yang indah. Air kawah yang berwarna hijau kebiruan menambah daya tarik kawah ini.

  • Keanekaragaman hayati

    Kawah kembar Gunung Haruman menjadi habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis burung, monyet, dan tanaman langka di sekitar kawah. Keanekaragaman hayati ini menjadikan kawah kembar sebagai tempat yang penting untuk penelitian dan konservasi.

  • Nilai budaya

    Kawah kembar Gunung Haruman memiliki nilai budaya bagi masyarakat setempat. Masyarakat setempat percaya bahwa kawah ini memiliki kekuatan gaib dan sering digunakan untuk upacara adat. Nilai budaya ini menjadikan kawah kembar sebagai tempat yang dihormati dan dilindungi.

Secara keseluruhan, kawah kembar Gunung Haruman merupakan daya tarik utama yang menjadikan gunung ini sebagai destinasi wisata yang populer. Keindahan alam, keanekaragaman hayati, dan nilai budayanya menjadikan kawah kembar ini sebagai tempat yang unik dan menarik.

Hutan hujan tropis

Hutan Hujan Tropis, Gunung Indonesia

Hutan hujan tropis merupakan ekosistem yang kompleks dan kaya akan keanekaragaman hayati. Hutan hujan tropis di Gunung Haruman merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna yang unik dan langka.

  • Keanekaragaman flora

    Hutan hujan tropis di Gunung Haruman memiliki keanekaragaman flora yang tinggi. Terdapat berbagai jenis pohon, tumbuhan bawah, dan epifit yang tumbuh di hutan ini. Beberapa jenis flora yang ditemukan di hutan hujan tropis Gunung Haruman antara lain pohon raksasa, anggrek, dan kantong semar.

  • Keanekaragaman fauna

    Hutan hujan tropis di Gunung Haruman juga memiliki keanekaragaman fauna yang tinggi. Terdapat berbagai jenis mamalia, burung, reptil, dan amfibi yang hidup di hutan ini. Beberapa jenis fauna yang ditemukan di hutan hujan tropis Gunung Haruman antara lain harimau sumatera, beruang madu, monyet, dan burung rangkong.

  • Interaksi flora dan fauna

    Flora dan fauna di hutan hujan tropis Gunung Haruman memiliki hubungan yang saling ketergantungan. Tumbuhan menyediakan makanan dan tempat tinggal bagi hewan, sementara hewan membantu menyebarkan biji tumbuhan. Interaksi ini menciptakan keseimbangan ekosistem yang kompleks dan unik.

  • Ancaman terhadap hutan hujan tropis

    Hutan hujan tropis di Gunung Haruman menghadapi berbagai ancaman, seperti penebangan liar, perkebunan, dan pertambangan. Ancaman-ancaman ini dapat menyebabkan hilangnya habitat bagi flora dan fauna, serta mengganggu keseimbangan ekosistem hutan hujan tropis.

Hutan hujan tropis di Gunung Haruman merupakan bagian penting dari ekosistem gunung tersebut. Hutan ini menyediakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna yang unik dan langka. Keanekaragaman hayati hutan hujan tropis Gunung Haruman perlu dilindungi dan dilestarikan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keindahan alam gunung tersebut.

Sumber mata air panas

Sumber Mata Air Panas, Gunung Indonesia

Gunung Haruman memiliki beberapa sumber mata air panas yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Sumber mata air panas ini merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung ini.

  • Kandungan mineral

    Sumber mata air panas di Gunung Haruman mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti belerang, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperbaiki kondisi kulit.

  • Suhu air

    Suhu air di sumber mata air panas Gunung Haruman berkisar antara 30-40 derajat Celcius. Suhu air yang hangat ini dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran, serta melancarkan aliran darah.

  • Lingkungan yang alami

    Sumber mata air panas di Gunung Haruman terletak di tengah hutan hujan tropis yang masih alami. Udara yang bersih dan pemandangan yang indah dapat membantu menciptakan suasana yang tenang dan damai, sehingga pengunjung dapat lebih rileks dan menikmati khasiat dari sumber mata air panas.

  • Nilai budaya

    Sumber mata air panas di Gunung Haruman memiliki nilai budaya bagi masyarakat setempat. Masyarakat setempat percaya bahwa sumber mata air panas ini memiliki kekuatan gaib dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Nilai budaya ini menjadikan sumber mata air panas sebagai tempat yang dihormati dan dilindungi.

Sumber mata air panas di Gunung Haruman merupakan salah satu keunikan gunung ini yang menarik wisatawan. Khasiat kesehatan dari sumber mata air panas ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperbaiki kondisi kulit. Selain itu, lingkungan yang alami dan nilai budaya yang melekat pada sumber mata air panas ini menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang unik dan bermanfaat.

Status

Status, Gunung Indonesia

Gunung Haruman berstatus sebagai gunung berapi aktif, yang merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk keunikannya. Status ini memiliki beberapa implikasi terhadap karakteristik gunung tersebut, antara lain:

  • Aktivitas vulkanik

    Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Haruman memiliki potensi untuk mengalami letusan. Letusan gunung berapi dapat menghasilkan berbagai macam material vulkanik, seperti lava, abu, dan gas. Aktivitas vulkanik ini dapat membentuk bentang alam baru dan mempengaruhi ekosistem di sekitar gunung.

  • Sumber mata air panas

    Aktivitas vulkanik juga dapat membentuk sumber mata air panas di sekitar Gunung Haruman. Mata air panas ini mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

  • Nilai ilmiah

    Status Gunung Haruman sebagai gunung berapi aktif menjadikannya sebagai objek penelitian yang menarik bagi para ahli geologi dan vulkanologi. Dengan mempelajari aktivitas vulkanik Gunung Haruman, para ilmuwan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang proses vulkanisme dan potensinya terhadap lingkungan sekitar.

Secara keseluruhan, status Gunung Haruman sebagai gunung berapi aktif merupakan faktor penting yang membentuk keunikannya. Status ini mempengaruhi aktivitas vulkanik, pembentukan sumber mata air panas, dan nilai ilmiah gunung tersebut. Memahami hubungan antara status gunung berapi aktif dengan karakteristik Gunung Haruman sangat penting untuk mengelola risiko vulkanik, memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan, dan menghargai keindahan dan keunikan gunung berapi tersebut.

Pendakian

Pendakian, Gunung Indonesia

Pendakian Gunung Haruman menawarkan jalur yang menantang bagi para pendaki. Ketinggian gunung yang mencapai 1.200 mdpl dan kondisi jalur yang terjal menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta alam.

  • Trekking melalui hutan hujan tropis

    Jalur pendakian Gunung Haruman melewati hutan hujan tropis yang lebat. Pendaki akan disuguhi pemandangan flora dan fauna yang beragam sepanjang perjalanan.

  • Tanjakan dan turunan yang curam

    Jalur pendakian Gunung Haruman memiliki beberapa tanjakan dan turunan yang curam. Pendaki harus memiliki kondisi fisik yang baik untuk dapat melewati jalur ini.

  • Medan berbatu dan licin

    Sebagian jalur pendakian Gunung Haruman memiliki medan yang berbatu dan licin. Pendaki harus berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang .

  • Cuaca yang tidak menentu

    Cuaca di Gunung Haruman dapat berubah dengan cepat. Pendaki harus mempersiapkan diri dengan pakaian dan peralatan yang sesuai untuk segala kondisi cuaca.

Meskipun jalur pendakian Gunung Haruman menantang, namun keindahan alam yang ditawarkan sepanjang perjalanan membuat pendakian ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pendaki dapat menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang lebat, air terjun, dan puncak gunung yang menawan.

Pemandangan

Pemandangan, Gunung Indonesia

Panorama alam merupakan salah satu keunikan Gunung Haruman yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Ketinggian gunung yang mencapai 1.200 mdpl dan lokasinya yang berada di tengah hutan hujan tropis menawarkan pemandangan alam yang indah dan memukau.

  • Pemandangan Hutan Hujan Tropis

    Dari puncak Gunung Haruman, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang lebat dan hijau. Hamparan pepohonan yang tinggi menjulang menciptakan suasana yang asri dan menyegarkan.

  • Pemandangan Pegunungan dan Bukit-bukit

    Selain hutan hujan tropis, pengunjung juga dapat melihat pemandangan pegunungan dan bukit-bukit di sekitar Gunung Haruman. Puncak-puncak gunung yang berjajar menciptakan pemandangan yang indah dan megah.

  • Pemandangan Danau dan Sungai

    Di beberapa titik di jalur pendakian Gunung Haruman, pengunjung dapat melihat pemandangan danau dan sungai yang berada di kaki gunung. Airnya yang jernih dan berkilauan menambah keindahan panorama alam Gunung Haruman.

  • Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

    Puncak Gunung Haruman merupakan tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Keindahan warna langit yang kemerahan dan keemasan menciptakan suasana yang romantis dan tak terlupakan.

Panorama alam yang indah di Gunung Haruman menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keindahan alam ini tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga memberikan ketenangan dan kedamaian bagi jiwa.

Konservasi

Konservasi, Gunung Indonesia

Konservasi memegang peranan penting dalam menjaga kelestarian Gunung Haruman dan keunikannya. Gunung Haruman dengan hutan hujan tropisnya yang kaya keanekaragaman hayati, sumber mata air panasnya, serta statusnya sebagai gunung berapi aktif, merupakan aset alam yang perlu dilindungi.

Upaya konservasi di Gunung Haruman meliputi:

  • Pelestarian Hutan Hujan Tropis
    Hutan hujan tropis di Gunung Haruman merupakan habitat bagi berbagai flora dan fauna yang unik. Konservasi hutan hujan tropis sangat penting untuk menjaga keanekaragaman hayati dan kelestarian ekosistem.
  • Pengelolaan Sumber Mata Air Panas
    Sumber mata air panas di Gunung Haruman memiliki potensi wisata dan kesehatan. Konservasi sumber mata air panas sangat penting untuk memastikan keberlanjutan pemanfaatannya.
  • Mitigasi Risiko Bencana
    Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Haruman memiliki potensi bencana alam seperti erupsi. Konservasi Gunung Haruman meliputi upaya mitigasi risiko bencana untuk melindungi masyarakat sekitar.

Konservasi Gunung Haruman tidak hanya penting untuk menjaga kelestarian alamnya, tetapi juga untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Pariwisata dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan di Gunung Haruman dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Penelitian

Penelitian, Gunung Indonesia

Studi gunung berapi dan ekosistem memiliki peranan penting dalam memahami Gunung Haruman secara komprehensif. Gunung Haruman, sebagai gunung berapi aktif dengan ekosistem hutan hujan tropis yang kaya, menjadi objek penelitian yang menarik bagi para ilmuwan.

  • Aktivitas Vulkanik dan Geologi

    Penelitian aktivitas vulkanik dan geologi di Gunung Haruman membantu memahami potensi erupsi, jenis batuan penyusun gunung, dan proses pembentukannya. Hal ini penting untuk mitigasi risiko bencana dan pengelolaan sumber daya geologi.

  • Keanekaragaman Hayati dan Ekologi

    Penelitian keanekaragaman hayati dan ekologi di Gunung Haruman mengidentifikasi spesies flora dan fauna yang hidup di ekosistem hutan hujan tropisnya. Studi ini memberikan informasi tentang interaksi antar spesies dan peran penting hutan hujan sebagai habitat dan penyangga kehidupan.

  • Dampak Aktivitas Manusia

    Penelitian dampak aktivitas manusia terhadap Gunung Haruman mengevaluasi pengaruh pariwisata, penebangan liar, dan perburuan terhadap ekosistem gunung. Studi ini memberikan rekomendasi untuk pengelolaan yang berkelanjutan dan konservasi keunikan Gunung Haruman.

  • Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat

    Penelitian juga berperan dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konservasi Gunung Haruman dan ekosistemnya. Melalui program penelitian dan penyuluhan, masyarakat dapat memahami nilai dan manfaat gunung berapi dan hutan hujan tropis.

Studi gunung berapi dan ekosistem di Gunung Haruman tidak hanya berkontribusi pada pemahaman ilmiah, tetapi juga mendukung upaya konservasi, pengelolaan bencana, dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan di sekitar gunung.

Tanya Jawab Umum tentang Gunung Haruman

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya seputar Gunung Haruman:

Pertanyaan 1: Di mana letak Gunung Haruman?

Jawaban: Gunung Haruman terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Pertanyaan 2: Berapa ketinggian Gunung Haruman?

Jawaban: Ketinggian Gunung Haruman sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pertanyaan 3: Apa yang menjadi keunikan Gunung Haruman?

Jawaban: Gunung Haruman memiliki beberapa keunikan, di antaranya adalah adanya kawah kembar, hutan hujan tropis yang masih alami, dan sumber mata air panas yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan.

Pertanyaan 4: Apakah Gunung Haruman merupakan gunung berapi aktif?

Jawaban: Ya, Gunung Haruman berstatus sebagai gunung berapi aktif.

Pertanyaan 5: Bagaimana tingkat kesulitan jalur pendakian Gunung Haruman?

Jawaban: Jalur pendakian Gunung Haruman tergolong menantang, dengan medan yang terjal dan berbatu.

Pertanyaan 6: Apa saja upaya konservasi yang dilakukan di Gunung Haruman?

Jawaban: Upaya konservasi di Gunung Haruman meliputi pelestarian hutan hujan tropis, pengelolaan sumber mata air panas, dan mitigasi risiko bencana.

Dengan memahami informasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan menghargai keunikan Gunung Haruman serta mendukung upaya konservasinya.

Tips Mengunjungi Gunung Haruman

Bagi para pendaki dan wisatawan yang ingin mengunjungi Gunung Haruman, berikut adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan:

Tip 1: Persiapan Fisik yang Baik
Jalur pendakian Gunung Haruman cukup menantang dengan medan yang terjal dan berbatu. Persiapan fisik yang baik sangat penting untuk kelancaran dan keamanan pendakian.

Tip 2: Bawa Perlengkapan yang Sesuai
Gunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan medan pendakian. Bawa juga perlengkapan dasar seperti jaket, senter, dan persediaan air yang cukup.

Tip 3: Perhatikan Cuaca
Cuaca di Gunung Haruman dapat berubah dengan cepat. Selalu pantau kondisi cuaca dan siapkan pakaian maupun peralatan untuk segala kemungkinan.

Tip 4: Ikuti Jalur yang Telah Ditentukan
Demi keselamatan, pastikan untuk tetap berada di jalur pendakian yang telah ditentukan. Hindari menjelajah ke area yang tidak dikenal atau tidak memiliki penanda yang jelas.

Tip 5: Hormati Alam dan Budaya Setempat
Gunung Haruman merupakan kawasan konservasi yang memiliki kekayaan alam dan budaya. Hormati lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan jaga kelestarian flora dan fauna.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan para pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikan Gunung Haruman dengan aman dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Gunung Haruman merupakan salah satu gunung di Sumatera Barat yang memiliki karakteristik unik. Keunikannya terletak pada keberadaan kawah kembar, hutan hujan tropis yang masih alami, sumber mata air panas, status sebagai gunung berapi aktif, jalur pendakian yang menantang, panorama alam yang indah, dan nilai konservasi yang tinggi.

Keunikan Gunung Haruman menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik sekaligus objek penelitian yang penting. Konservasi Gunung Haruman sangat penting untuk menjaga kelestarian alamnya dan mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Studi gunung berapi dan ekosistem di Gunung Haruman berkontribusi pada pemahaman ilmiah dan upaya konservasi. Dengan mengapresiasi keunikan Gunung Haruman dan mendukung upaya konservasinya, kita dapat terus menikmati keindahan dan manfaat dari gunung ini untuk generasi mendatang.

Youtube Video:

Gunung Haruman: Letak, Ketinggian, Dan Keunikannya - sddefault


Share.