Pendakicantik.comGunung Geureudong, nama yang mungkin masih terdengar asing di telinga para pendaki Indonesia.

Namun meski terkesan asing tapi gunung yang terletak di Sumatera Utara ini memiliki banyak fakta menarik yang wajib kamu tahu.

Baca Juga: Explore Goa Walet: Sisi Lain yang Disuguhkan Gunung Ciremai, Jawa Barat

Gunung Geureudong berada pada ketinggian 2.885 meter di atas permukaan laut (mdpl), jadi salah satu wisata gunung yang memang belum banyak didaki sehingga masih sangat alami.

Berbeda dengan Gunung Kerinci di Sumatra Barat yang selalu ramai oleh wisatawan, Gunung Geureudong dengan segala keindahannya hampir pasti jarang didaki.

Gunung Geureudong: Pesona Alam Asri dan Tersembunyi dengan Trek Menantang Menguji Adrenalin

Fakta menarik yang wajib para pendaki tahu soal Gunung Geureudong

Baca Juga: Gunung Sago: Larangan Mendaki Malam Hari dan Pos Gelanggang Hantu yang Tak Berhantu

Terletak di Provinsi Aceh

Secara administratif Gunung Geureudong atau Burni Geureudong atau Burni Telong terletak di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Nangro Aceh Darusalam.

Kawasan Gunung Geureudong pernah menjadi perbincangan saat ditemukan bebatuan yang diduga adalah peninggalan kehidupan purba yakni Situs Hunian Megalitik. Agar dapat mendaki Gunung Geureudong, kamu bisa memulainya lewat Desa Wih Porak atau Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Gunung Geureudong: Pesona Alam Asri dan Tersembunyi dengan Trek Menantang Menguji Adrenalin
Foto: Pendaki Cantik -@nissaaff

Jarang Dijamah Pendaki

Fakta lain yang sangat menarik dari Gunung Geureudong adalah kondisi yang masih sangat alami karena jarang dijamah oleh para pendaki. Padahal, trek sepanjang 10 km lebih ini terbilang cukup menantang dan sangat cocok bagi para pendaki yang suka dengan hal-hal pemicu adrenalin.

Selain itu, kamu juga harus mendaki selama 5-7 hari agar sampai ke puncak jika memulai pendakian dari pemukiman penduduk. Jalur pendakian yang banyak ditumbuhi rotan akan sangat menantang dijajal.

Baca Juga: Curug Putri Palutungan: Air Terjun Unik dan Favorit Bumi Perkemahan Kaki Gunung Ciremai

Banyak Gajah Liar

Bagi kamu yang ingin melihat secara langsung penampakkan Gajah Sumatera, Gunung Geureubong adalah tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Gajah Sumatera yang dilindungi tersebut akan kamu temukan berkeliaran selama perjalanan menuju puncak Gunung Geureubong.

Jejak Gajah Sumatera yang paling nyata terlihat tepatnya di Lembah Tamat sebelum puncak gunung. Di Lembah ini, kamu akan bertemu padang savana yang bisa menjadi spot foto menarik dan instagramable.

Gunung Geureudong: Pesona Alam Asri dan Tersembunyi dengan Trek Menantang Menguji Adrenalin
Foto: Pendaki Cantik – Web/Leuser Conservation Partnership

Sumber Air Panas

Selain Gajah Sumatera, di kaki Gunung Geureudong kamu juga bisa menikmati sumber air panas. Kamu bisa melihatnya dari puncak gunung bersama pemandangan Bukit Barisan. Sumber air panas ini sendiri terletak di antara hutan bambu air di Desa Wih Porak Lancang.

Adapun estimasi waktu yang kamu perlukan untuk menjangkau genangan air panas seluas 5×5 meter adalah sekitar 15 menit dari pemukiman penduduk.

Di tempat ini, kamu bisa mandi dan merendamkan badan. Rasanya sangat luar biasa karena capek yang melekat dalam tubuh itu seperti terangkat dan bisa membuat ngantuk kareka keenakkan.

Baca Juga: Gunung Ceremai: Mengenal, Menelusuri, dan Menikmati Kekayaan Alam Atap Jawa Barat

Bisa Memasak Telur

Di sumber air panas ada sebuah fenomena yang sangat menarik. Kamu bisa memasak telur. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa menikmati telur yang dimasak. Kamu juga tidak perlu membawa garam agar rasa telurnya tidak hambar. Sewaktu dinikmati, rasanya otomatis asin karena airnya sudah asin.

Gunung Geureudong: Pesona Alam Asri dan Tersembunyi dengan Trek Menantang Menguji Adrenalin
Foto: Pendaki Cantik – @pendakicantikhijab

Di sini, kamu bisa mandi air panas sambil makan telur dengan rasa yang sangat berbeda karena dimasak langsung di alam.

Share.