Gunung Binaiya: Kuota Pendakian Penuh Jelang HUT RI

Gunung Binaiya: Kuota Pendakian Penuh Jelang HUT RI
Foto: Pendaki Cantik - @SeramSurvival

Pendakicantik.comGunung Binaiya di Pulau Seram, Maluku merupakan salah satu gunung yang memiliki jalur pendakian yang sulit.

Namun menjelang HUT Kemerdekaan RI, kuota pendakian Gunung Binaiya sudah penuh

Baca Juga: Tips Buat Traveler Jika Mampir ke Tempat Baru

“Sementara kuota sudah penuh, sampai dengan tanggal 18 Agustus. Jadi mungkin tidak bisa lagi untuk yang mau naik. Kalau mau naik, mungkin setelah tanggal 18 (Agustus),” ungkap Kepala Balai Taman Nasional Manusela, M. Zaidi, dilansir dari Antara, Sabtu (13/8/2022).

GUNUNG BINAIYA – Atap Negeri Maluku #1

Gunung Binaiya: Kuota Pendakian Penuh Jelang HUT RI

Zaidi menjelaskan bahwa kuota pendakian yang diizinkan hanya mencakup 52 orang dari jalur selatan. Untuk jalur utara, pihaknya belum mengeluarkan surat izin masuk lantaran jalurnya belum disurvei.

“Jadi kita belum pastikan jalurnya bagus. Takutnya orang nyasar nanti kan, makanya jalur utara belum kita buka,” jelasnya.

Baca Juga: Perhutani KPH Lawu Ds Ijinkan Pendaki Rayakan HUT RI

Adapun kuota yang berlaku bersifat siapa yang masuk terlebih dahulu, atau siapa yang melakukan registrasi surat izin masuk kawasan konservasi (simaksi) terlebih dahulu.

“Artinya siapa yang duluan masuk, kita beri izin. Yang terakhir masuk, kalau sudah penuh, sudah 52 orang, berarti kita bisa keluarkan simaksi lagi,” ungkapnya.

Gunung Binaiya: Kuota Pendakian Penuh Jelang HUT RI
Foto: Pendaki Cantik – @lasportivaindonesia

Selain menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, Zaidi juga mengimbau para pendaki untuk berhati-hati karena saat ini sedang musim hujan.

Para pendaki juga dianjurkan membawa tenda masing-masing lantaran sejumlah shelter di pos pendakian belum diperbaiki, sehingga dikhawatirkan akan belum memadai.

Baca Juga: Syarat Pendakian Gunung Talang, Siapkan KTP Asli

Tidak hanya itu, para pendaki dan wisatawan juga wajib menerapkan protokol kesehatan, antara lain memakai masker, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan menjaga jarak.

Kuota kunjungan ke Taman Nasional Manusela telah ditingkatkan sejak Rabu (2/8/2022) menjadi 50 persen, dari yang sebelumnya hanya 30 persen.

Gunung Binaiya: Kuota Pendakian Penuh Jelang HUT RI
Foto: Pendaki Cantik – @SeramSurvival

Keputusan tersebut mengacu terhadap Instruksi Bupati Maluku Tengah Nomor 443.1/02/INS/2022 tanggal 21 Februari 2022.

Untuk diketahui, Gunung Binaiya memiliki ketinggian sekitar 3.027 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ada di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Artikel SebelumnyaTips Buat Traveler Jika Mampir ke Tempat Baru
Artikel BerikutnyaGunung Inerie: Gunung Berbentuk Piramid di Pulau Bunga