Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik - @creslendya

#PendakiCantik – Gunung Andong adalah gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wisata pendakian ini sangatlah cocok untuk pemula

Dengan ketinggian sekitar 1726 Mdpl, Gunung Andong memiliki tiga puncak yaitu Puncak Makam, Puncak Sejati, dan Puncak Alap-alap.

Letaknya yang berada di Kabupaten Magelang, menempatkan Gunung Andong berdekatan dengan daerah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.

Pada tahun 2014, nama Gunung Andong menjadi familiar di masyarakat karena dapat digunakan sebagai spot foto pemandangan yang menarik dan juga instagenis.

Asal-Usul Nama Andong

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @vezy25_

Terdapat beberapa versi perihal arti atau makna kata “Andong” dalam “Gunung Andong”.

Beberapa warga meyakini bahwa kata Andong diambil dari bentuk puncak Gunung Andong yang menyerupai punggung sapi, sehingga disebut dengan Andong.

Versi yang kedua, kata “Andong” berasal dari kata “Andongo” yang dalam sebagian kebudayaan masyarakat Jawa mempunyai arti “permohonan” atau “berdoa” kepada sang pencipta alam.

Versi yang terakhir yaitu kata “Andong” menurut beberapa warga berasal dari sebuah tanaman yang juga bernama Andong.

Tanaman Andong mempunyai manfaat dan khasiat yang beraneka ragam mulai dari daunnya yang dapat dipakai sebagai pembungkus makanan.

Selain itu pada daun batangnya juga tersimpan berbagai macam zat yang mempunyai sifat antikoagulan (menghambat pembekuan darah), antiproliferatif atau zat antikanker.

Tradisi Masyarakat Sekitar

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @anisanq_

Gunung Andong dan masyarakat sekitar yang tinggal di lereng-lereng gunung mempunyai ikatan kebudayaan berwujud tradisi yang diperingati di hari-hari tertentu.

Tradisi ini merupakan bentuk terima kasih warga lokal karena dapat hidup berdampingan dengan alam beserta seluruh kekuatan yang tak tampak.

Bentuk terima kasih ini diterangkan oleh Wiyata bukan merupakan sebuah penghormatan kepada hal ghaib. Melainkan wujud syukur atas karunia pencipta alam semesta.

Beberapa tradisi dituturkan oleh Wiyata dahulu hanya terdapat di perkampungan desa.

Namun demikian, semenjak aktivitas warga lokal lebih banyak berinteraksi dan melakukan kegiatan di sekitar Gunung Andong, maka kegiatan tradisi lokal tersebut juga kemudian diadakan di Gunung Andong.

Jalur Pendakian dan Basecamp

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @frncisbain

Terdapat 6 (enam) jalur pendakian ke Gunung Andong, namun jalur pendakian yang populer adalah terletak di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Jalur Lama: Pos 1 (Watu Pocong), Pos 2 (Watu Gambir), Pos 3 (Watu Wayang), Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap.

Jalur Baru: Pos 1 (Kemuning), Pos 2 (Dewadaru), Pos 3 (Watu Wayang), Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap.

Sistem manajemen dalam pengelolaan basecamp terdiri dari berbagai hal yaitu, ada beberapa jalur pendakian yang dikelola oleh RT, masyarakat desa, kemudian juga pemuda.

Terdapat kesepakatan tertulis dalam bentuk MoU dengan Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan Basecamp dalam pengelolaan wisata Gunung Andong.

Objek Wisata Dekat Gunung Andong

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @laila7300_

Untuk pengunjung yang terlanjur terpesona pada panorama dataran tinggi, namun khawatir kelelahan jika mendaki gunung lain lagi, bisa memilih Gardu pandang Silancur.

Objek wisata dataran tinggi ini berjarak 40 km dari Gunung Andong. Destinasi wisata ini menawarkan panorama indah berlatar belakang Gunung Sumbing dan potret Kota Magelang dari kejauhan.

Bagi yang ingin berwisata sambil mandi mandi di alam bebas, bsia memilih melanjutkan wisata ke Curug silawe. Curug ini berjarak 46 km dari gunung andong.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter, bunyi jatuhan air terjun membuat suasana terasa damai dan nyaman untuk bersantai.

Rute Menuju Basecamp Pendakian

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @candrikusumaa_

Ada beberapa cara untuk sampai ke basecamp pendakian Gunung Andong. Pertama lewat jalur selatan yang dimulai dari Terminal Tidar Magelang.

Setelah itu, kamu bisa perjalanan menuju Pasar Ngablak. Dari pasar ngablak perjalanan sejauh 2 km ke arah makam dusun kenteng. Dari dusun kenteng inilah base camp Sawit sudah dekat.

Sementara, jika datang dari wilayah barat kota magelang, maka dapat dimulai melalui Terminal Secang, kemudian menaiki bus ke arah Krincing dan menuju pasar Grabag.

Pengunjung bisa membeli perbekalan di desa grabag ini. Selesai dari pasar grabag bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Mangu kemudian melanjutkan perjalanan ke base camp Sawit.

Selain melewati jalur barat atau selatan, rute lainnya menuju titik start pendakian base camp Sawit bisa dimulai dari jalur utara.

Yakni dari jalan Semarang menuju solo kemudian Anda harus transit ke Pasar Sapi Salatiga. Dari Pasar Sapi Salatiga, melanjutkan perjalanan ke Pasar Ngablak.

Dari Pasar Ngablak bisa melanjutkan perjalanan sejauh 2 km menuju ke Desa Kenteng, kemudian sampailah pada base camp Sawit yaitu base utama untuk mendaki puncak Gunung.

Jam Buka dan Harga Tiket Gunung Andong

Gunung Andong, Wisata Pendakian yang Cocok untuk Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @rayonabintari

Karena jalur pendakian Gunung Andong juga menyediakan aktivitas camping, maka jalur pendakian buka 24 jam.

Seperti wisata pada umumnya, wisata gunung Andong juga memiliki biaya tiket masuk berupa retribusi.

Harga tiket masuk wisata, cukup membayarkan Rp 5.000. Biaya itu sudah termasuk kas dusun Sawit dan uang parkir.