Flora Dan Fauna Di Gunung Betiri

Keanekaragaman hayati Gunung Betiri merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Flora dan fauna yang menghuni kawasan ini sangat beragam, menjadikannya sebagai salah satu ekosistem paling penting di Jawa. Flora di Gunung Betiri meliputi berbagai jenis tumbuhan, seperti pohon jati, mahoni, dan puspa langka seperti anggrek bulan.

Sementara itu, fauna yang hidup di Gunung Betiri juga sangat kaya. Berbagai jenis mamalia, burung, reptil, dan amfibi dapat ditemukan di kawasan ini. Beberapa spesies yang menjadi ikon Gunung Betiri adalah macan tutul jawa, owa jawa, dan burung elang jawa. Keanekaragaman hayati Gunung Betiri memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan menyediakan sumber daya alam bagi masyarakat sekitar.

Untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri, diperlukan upaya konservasi yang berkelanjutan. Upaya ini melibatkan peran serta berbagai pihak, mulai dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, hingga masyarakat sekitar. Dengan menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, Gunung Betiri akan terus menjadi warisan alam yang berharga bagi generasi mendatang.

Flora dan Fauna di Gunung Betiri

Keanekaragaman hayati Gunung Betiri merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Flora dan fauna yang menghuni kawasan ini sangat beragam, menjadikannya sebagai salah satu ekosistem paling penting di Jawa.

  • Keanekaragaman spesies
  • Endemik dan langka
  • Fungsi ekologis
  • Nilai estetika
  • Sumber daya alam
  • Potensi wisata
  • Nilai budaya
  • Ancaman dan konservasi

Keanekaragaman spesies di Gunung Betiri sangat tinggi, dengan lebih dari 1.000 jenis tumbuhan dan 500 jenis hewan. Banyak di antaranya merupakan spesies endemik dan langka, seperti macan tutul jawa, owa jawa, dan anggrek bulan. Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki fungsi ekologis yang penting, seperti menjaga keseimbangan ekosistem, menyediakan sumber makanan dan air, serta menyerap karbon dioksida. Selain itu, keindahan alam Gunung Betiri juga memiliki nilai estetika yang tinggi, menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik. Flora dan fauna di Gunung Betiri juga merupakan sumber daya alam yang penting bagi masyarakat sekitar, seperti kayu, obat-obatan tradisional, dan bahan makanan. Potensi wisata yang dimiliki Gunung Betiri juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dari sisi budaya, flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki nilai spiritual dan mitologi bagi masyarakat setempat. Namun, keanekaragaman hayati Gunung Betiri juga menghadapi berbagai ancaman, seperti perburuan liar, penebangan liar, dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, upaya konservasi sangat penting untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri.

Keanekaragaman Spesies

Keanekaragaman Spesies, Gunung Indonesia

Keanekaragaman spesies merupakan salah satu aspek terpenting dari flora dan fauna di Gunung Betiri. Keanekaragaman spesies mengacu pada jumlah dan variasi jenis makhluk hidup yang menghuni suatu ekosistem. Gunung Betiri memiliki keanekaragaman spesies yang sangat tinggi, dengan lebih dari 1.000 jenis tumbuhan dan 500 jenis hewan. Keanekaragaman spesies ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan menyediakan berbagai manfaat bagi manusia.

Salah satu manfaat keanekaragaman spesies adalah menjaga stabilitas ekosistem. Ekosistem dengan keanekaragaman spesies yang tinggi lebih tahan terhadap gangguan, seperti perubahan iklim atau perburuan liar. Hal ini karena setiap spesies memiliki peran ekologis yang unik, dan jika salah satu spesies hilang, spesies lain dapat menggantikan fungsinya. Misalnya, di Gunung Betiri, pohon-pohon besar seperti pohon jati dan mahoni berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Jika pohon-pohon ini ditebang, keseimbangan ekosistem akan terganggu dan dapat menyebabkan perubahan iklim.

Selain menjaga stabilitas ekosistem, keanekaragaman spesies juga menyediakan berbagai manfaat bagi manusia. Misalnya, banyak spesies tumbuhan di Gunung Betiri yang digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Selain itu, keanekaragaman spesies hewan juga menjadi daya tarik wisata, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, menjaga keanekaragaman spesies di Gunung Betiri sangat penting untuk keberlangsungan ekosistem dan kesejahteraan manusia.

Endemik dan Langka

Endemik Dan Langka, Gunung Indonesia

Keunikan keanekaragaman hayati Gunung Betiri juga terlihat dari banyaknya spesies endemik dan langka yang menghuninya. Endemik adalah spesies yang hanya dapat ditemukan di suatu wilayah tertentu, sementara langka adalah spesies yang jumlahnya sedikit dan terancam punah. Di Gunung Betiri, terdapat banyak spesies endemik dan langka, baik tumbuhan maupun hewan.

Salah satu contoh spesies endemik di Gunung Betiri adalah macan tutul jawa (Panthera pardus melas). Macan tutul jawa merupakan subspesies macan tutul yang hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa, termasuk di Gunung Betiri. Spesies ini terancam punah karena perburuan dan kerusakan habitat. Contoh lainnya adalah anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), yaitu spesies anggrek yang hanya dapat ditemukan di beberapa wilayah di Asia Tenggara, termasuk di Gunung Betiri. Anggrek bulan juga terancam punah karena perusakan habitat dan pengambilan ilegal.

Keberadaan spesies endemik dan langka di Gunung Betiri sangat penting karena beberapa alasan. Pertama, spesies endemik dan langka merupakan bagian dari kekayaan hayati Indonesia yang harus dilestarikan. Kedua, spesies endemik dan langka memiliki nilai ekologis yang penting, karena setiap spesies memiliki peran unik dalam ekosistem. Ketiga, spesies endemik dan langka dapat menjadi daya tarik wisata, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, konservasi spesies endemik dan langka di Gunung Betiri sangat penting. Upaya konservasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti penegakan hukum, peningkatan kesadaran masyarakat, dan penelitian ilmiah. Dengan menjaga kelestarian spesies endemik dan langka, kita dapat menjaga keunikan keanekaragaman hayati Gunung Betiri dan memastikan keberlangsungan hidup spesies-spesies tersebut untuk generasi mendatang.

Fungsi Ekologis

Fungsi Ekologis, Gunung Indonesia

Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki fungsi ekologis yang sangat penting, baik bagi ekosistem Gunung Betiri itu sendiri maupun bagi wilayah sekitarnya.

  • Menjaga keseimbangan ekosistem

    Keanekaragaman flora dan fauna di Gunung Betiri berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Misalnya, pohon-pohon besar seperti pohon jati dan mahoni berfungsi menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Selain itu, hewan-hewan seperti burung dan serangga membantu menyebarkan biji dan menyerbuki tanaman, sehingga menjaga keberlangsungan hidup tumbuhan.

  • Menyediakan sumber makanan dan air

    Flora dan fauna di Gunung Betiri juga menyediakan sumber makanan dan air bagi hewan-hewan lain, termasuk manusia. Misalnya, buah-buahan dari pohon-pohon di Gunung Betiri menjadi makanan bagi burung, monyet, dan kelelawar. Selain itu, sungai-sungai di Gunung Betiri merupakan sumber air bersih bagi hewan-hewan dan masyarakat sekitar.

  • Menyerap karbon dioksida

    Pohon-pohon di Gunung Betiri berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Proses ini membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

  • Menjaga kualitas tanah

    Akar-akar pohon dan tumbuhan lainnya di Gunung Betiri membantu menjaga kualitas tanah. Akar-akar ini menahan tanah agar tidak tererosi, dan juga membantu menyimpan air dan nutrisi di dalam tanah.

Fungsi ekologis flora dan fauna di Gunung Betiri sangat penting untuk kelestarian ekosistem Gunung Betiri dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita semua.

Nilai Estetika

Nilai Estetika, Gunung Indonesia

Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki nilai estetika yang tinggi, yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata alam yang populer. Keindahan alam Gunung Betiri dapat dinikmati melalui berbagai cara, seperti hiking, berkemah, dan mengamati satwa liar. Keindahan alam Gunung Betiri dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik manusia, serta memberikan inspirasi bagi para seniman dan penyair.

Nilai estetika Gunung Betiri juga memiliki nilai ekonomi yang penting. Keindahan alam Gunung Betiri dapat menarik wisatawan, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Selain itu, nilai estetika Gunung Betiri juga dapat menjadi sumber kebanggaan bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan rasa memiliki terhadap kawasan konservasi.

Oleh karena itu, menjaga kelestarian nilai estetika Gunung Betiri sangat penting untuk keberlangsungan ekosistem Gunung Betiri dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Upaya konservasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti penegakan hukum, peningkatan kesadaran masyarakat, dan penelitian ilmiah. Dengan menjaga kelestarian nilai estetika Gunung Betiri, kita dapat memastikan keindahan alam Gunung Betiri dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Sumber daya alam

Sumber Daya Alam, Gunung Indonesia

Sumber daya alam merupakan komponen penting dari flora dan fauna di Gunung Betiri. Sumber daya alam tersebut meliputi air, tanah, udara, dan sinar matahari. Keempat komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna di Gunung Betiri.

Air merupakan sumber daya alam yang penting bagi semua makhluk hidup. Air digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis, dan oleh hewan untuk minum dan mengatur suhu tubuh. Tanah merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertumbuhan tumbuhan. Tanah menyediakan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang. Udara merupakan sumber daya alam yang penting untuk respirasi semua makhluk hidup. Udara mengandung oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernapas. Sinar matahari merupakan sumber daya alam yang penting untuk fotosintesis. Sinar matahari menyediakan energi yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanan.

Ketersediaan sumber daya alam yang memadai sangat penting untuk kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri. Jika salah satu komponen sumber daya alam tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, maka pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna di Gunung Betiri akan terganggu. Oleh karena itu, menjaga kelestarian sumber daya alam di Gunung Betiri sangat penting untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di kawasan tersebut.

Potensi wisata

Potensi Wisata, Gunung Indonesia

Gunung Betiri memiliki potensi wisata yang besar karena keindahan alamnya dan keanekaragaman flora dan fauna yang dimilikinya. Potensi wisata ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan hidup.

Keindahan alam Gunung Betiri dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati pemandangan alam yang indah. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas wisata di Gunung Betiri, seperti hiking, berkemah, dan mengamati satwa liar. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi air terjun, sungai, dan gua yang terdapat di Gunung Betiri.

Keanekaragaman flora dan fauna di Gunung Betiri juga menjadi daya tarik wisata. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan hewan di Gunung Betiri, termasuk tanaman langka dan hewan endemik. Keanekaragaman flora dan fauna ini dapat menarik wisatawan yang tertarik dengan wisata alam dan ekologi.

Pengembangan potensi wisata di Gunung Betiri harus dilakukan secara berkelanjutan agar tidak merusak lingkungan hidup. Pengembangan potensi wisata harus memperhatikan aspek konservasi lingkungan hidup, seperti menjaga kebersihan lingkungan, mencegah perburuan liar, dan melindungi habitat flora dan fauna.

Nilai budaya

Nilai Budaya, Gunung Indonesia

Nilai budaya merupakan salah satu aspek penting dalam kaitannya dengan “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”. Nilai budaya ini meliputi nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat yang berkaitan dengan flora dan fauna di Gunung Betiri.

  • Nilai sakral

    Masyarakat setempat menganggap bahwa Gunung Betiri memiliki nilai sakral atau keramat. Mereka percaya bahwa gunung tersebut merupakan tempat tinggal bagi para leluhur dan roh-roh halus. Oleh karena itu, masyarakat setempat sangat menghormati flora dan fauna yang hidup di Gunung Betiri.

  • Nilai estetika

    Masyarakat setempat juga menganggap bahwa flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki nilai estetika yang tinggi. Mereka mengagumi keindahan alam Gunung Betiri dan menganggapnya sebagai salah satu kebanggaan mereka. Nilai estetika ini mendorong masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri.

  • Nilai ekonomi

    Flora dan fauna di Gunung Betiri juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat setempat. Mereka memanfaatkan flora dan fauna tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, seperti untuk obat-obatan tradisional, bahan makanan, dan bahan bangunan.

  • Nilai pendidikan

    Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki nilai pendidikan bagi masyarakat setempat. Mereka belajar tentang berbagai jenis tumbuhan dan hewan, serta tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Nilai-nilai budaya ini sangat penting dalam kaitannya dengan “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”. Nilai-nilai ini mendorong masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri. Dengan menjaga kelestarian flora dan fauna, masyarakat setempat juga menjaga nilai-nilai budaya mereka.

Ancaman dan konservasi

Ancaman Dan Konservasi, Gunung Indonesia

Ancaman dan konservasi merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam kaitannya dengan “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”. Ancaman terhadap flora dan fauna di Gunung Betiri perlu diidentifikasi dan diatasi agar upaya konservasi dapat dilakukan secara efektif.

  • Perburuan liar

    Perburuan liar merupakan salah satu ancaman terbesar bagi flora dan fauna di Gunung Betiri. Perburuan liar dapat menyebabkan penurunan populasi hewan, bahkan hingga kepunahan. Di Gunung Betiri, hewan-hewan yang sering menjadi sasaran perburuan liar antara lain macan tutul jawa, owa jawa, dan burung elang jawa.

  • Penggundulan hutan

    Penggundulan hutan merupakan ancaman lain yang serius bagi flora dan fauna di Gunung Betiri. Penggundulan hutan dapat menyebabkan hilangnya habitat bagi hewan dan tumbuhan, serta dapat menyebabkan erosi tanah dan banjir.

  • Pertambangan

    Pertambangan juga dapat menjadi ancaman bagi flora dan fauna di Gunung Betiri. Pertambangan dapat menyebabkan kerusakan habitat, polusi air, dan polusi udara. Di Gunung Betiri, terdapat beberapa lokasi pertambangan yang mengancam kelestarian flora dan fauna di kawasan tersebut.

  • Perubahan iklim

    Perubahan iklim juga merupakan ancaman bagi flora dan fauna di Gunung Betiri. Perubahan iklim dapat menyebabkan perubahan pola curah hujan, kenaikan suhu, dan perubahan pola vegetasi. Perubahan-perubahan ini dapat berdampak negatif pada populasi hewan dan tumbuhan di Gunung Betiri.

Upaya konservasi sangat penting untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri. Upaya konservasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti penegakan hukum, peningkatan kesadaran masyarakat, dan penelitian ilmiah. Dengan menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri, kita dapat menjaga keseimbangan ekosistem dan menjamin keberlangsungan hidup flora dan fauna di kawasan tersebut untuk generasi mendatang.

Tanya Jawab Seputar “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”

Berikut ini adalah tanya jawab seputar “Flora dan Fauna di Gunung Betiri” yang akan memberikan informasi penting kepada Anda:

Pertanyaan 1: Apa saja keunikan flora dan fauna di Gunung Betiri?

Jawaban: Gunung Betiri memiliki keunikan flora dan fauna karena memiliki keanekaragaman spesies yang tinggi, termasuk spesies endemik dan langka yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Beberapa contoh spesies endemik di Gunung Betiri adalah macan tutul jawa dan anggrek bulan.

Pertanyaan 2: Apa saja fungsi ekologis flora dan fauna di Gunung Betiri?

Jawaban: Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki fungsi ekologis yang penting, seperti menjaga keseimbangan ekosistem, menyediakan sumber makanan dan air, menyerap karbon dioksida, dan menjaga kualitas tanah.

Pertanyaan 3: Apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam flora dan fauna di Gunung Betiri?

Jawaban: Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki nilai estetika, nilai budaya, nilai ekonomi, dan nilai pendidikan. Nilai-nilai ini membuat flora dan fauna di Gunung Betiri sangat berharga dan perlu dilestarikan.

Pertanyaan 4: Apa saja ancaman yang dihadapi oleh flora dan fauna di Gunung Betiri?

Jawaban: Flora dan fauna di Gunung Betiri menghadapi beberapa ancaman, seperti perburuan liar, penggundulan hutan, pertambangan, dan perubahan iklim. Ancaman-ancaman ini dapat menyebabkan penurunan populasi hewan dan tumbuhan, bahkan hingga kepunahan.

Pertanyaan 5: Apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri?

Jawaban: Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri antara lain penegakan hukum, peningkatan kesadaran masyarakat, penelitian ilmiah, dan pengembangan ekowisata yang berkelanjutan.

Pertanyaan 6: Mengapa penting untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri?

Jawaban: Menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri sangat penting karena flora dan fauna tersebut memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, menyediakan sumber daya alam, memiliki nilai budaya, dan dapat menjadi daya tarik wisata. Dengan menjaga kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri, kita juga menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dengan memahami informasi seputar “Flora dan Fauna di Gunung Betiri” ini, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan berperan aktif dalam upaya pelestariannya.

Jelajahi artikel berikutnya untuk informasi lebih lanjut tentang Gunung Betiri…

Tips Melestarikan “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”

Upaya pelestarian “Flora dan Fauna di Gunung Betiri” memerlukan keterlibatan aktif dari berbagai pihak. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk berkontribusi dalam pelestariannya:

Tip 1: Kunjungi dan Kenali Gunung Betiri
Dengan mengunjungi dan mengenal Gunung Betiri, masyarakat dapat secara langsung menyaksikan keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kawasan tersebut, sehingga mendorong upaya pelestarian.

Tip 2: Hindari Perburuan Liar dan Perdagangan Satwa Liar
Perburuan liar dan perdagangan satwa liar merupakan ancaman serius bagi kelestarian flora dan fauna di Gunung Betiri. Masyarakat dapat berperan aktif dengan tidak terlibat dalam aktivitas tersebut dan melaporkan setiap kasus yang ditemukan kepada pihak berwenang.

Tip 3: Dukung Produk Ekowisata yang Bertanggung Jawab
Ekowisata yang dikelola secara bertanggung jawab dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar sekaligus berkontribusi pada pelestarian Gunung Betiri. Masyarakat dapat mendukung ekowisata tersebut dengan memilih operator yang memiliki komitmen terhadap konservasi.

Tip 4: Kurangi Jejak Karbon
Perubahan iklim merupakan ancaman bagi flora dan fauna di Gunung Betiri. Masyarakat dapat berkontribusi mengurangi jejak karbon dengan melakukan kegiatan ramah lingkungan, seperti menggunakan transportasi umum, menghemat energi, dan mengurangi konsumsi sumber daya alam.

Tip 5: Edukasi dan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat
Edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat sangat penting untuk membangun dukungan yang luas terhadap upaya pelestarian Gunung Betiri. Masyarakat dapat berperan aktif dengan berbagi informasi tentang pentingnya konservasi, serta mendorong perubahan perilaku yang mendukung kelestarian lingkungan.

Dengan menerapkan tips-tips ini, setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian “Flora dan Fauna di Gunung Betiri” untuk generasi mendatang.

Mari bersama-sama menjaga warisan alam yang berharga ini agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh semua.

Kesimpulan

Keanekaragaman hayati Gunung Betiri merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi, termasuk spesies endemik dan langka, menjadikan Gunung Betiri sebagai ekosistem yang sangat penting untuk dijaga kelestariannya. Flora dan fauna di Gunung Betiri memiliki fungsi ekologis yang penting, nilai estetika, nilai budaya, dan potensi wisata yang besar. Namun, keanekaragaman hayati Gunung Betiri juga menghadapi berbagai ancaman, seperti perburuan liar, penggundulan hutan, dan perubahan iklim.

Upaya konservasi sangat penting untuk menjaga kelestarian “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”. Upaya ini memerlukan keterlibatan aktif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Dengan menjaga kelestarian “Flora dan Fauna di Gunung Betiri”, kita juga menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Mari bersama-sama menjaga warisan alam yang berharga ini agar tetap lestari untuk generasi mendatang.

Youtube Video:

Flora Dan Fauna Di Gunung Betiri - sddefault


Share.