#PendakiCantik – Pemprov NTB sudah mulai melakukan sosialisasi penerarapan protokol Covid-19 yang akan diberlakukan di wisata pendakian Gunung Rinjani sebelum dibuka bulan Juli.

Keputusan ini diambil mengingat NTB termasuk dalam wilayah yang memiliki resiko penularan Covid-19 rendah sehingga objek wisatanya bisa dibuka secara bertahap.

Dalam keterangannya kepada media dalam kegiatan sosialisasi dan simulasi SOP Rinjani menuju New Normal, Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah menyebutkan Rinjani memliki resiko rendah.

Meski demikian, ia menerangkan bahwa perlu kehati-hatian saat mengunjungi Gunung Rinjani. Sehingga pihaknya berharap agar protokol kesehatan harus selalu diterapkan.

Tantangan Penerapan Protokol Kesehatan

Fix, Gunung Rinjani Mulai Dibuka Lagi Bulan Juli
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@__nandut

Pada kesempatan yang sama, Sitti menjelaskan bahwa upaya tersebut tidaklah mudah. Ada juga tantangan dalam proses penerapannya.

Tantangan yang dimaksud adalah bagaimana masyarakat sekitar secara disiplin mematuhi protokol pencegahan Covid-19, seperti tetap mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak bila beraktivitas di luar rumah sampai vaksin virus Covid-19 ditemukan.

Siti Rohmi juga berharap dibalik pandemi ini semua pihak dapat mengambil hikmah. Ini menurutnya merupakan kesempatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan ke depan.

Entah itu  tempat wisata, pusat edukasi, pusat pemberdayaan masyarakat, sehingga keberadaan Rinjani ini bisa terasa manfaatnya bagi NTB dan Indonesia.

Hanya Satu Pintu Pendakian yang Dibuka

Fix, Gunung Rinjani Mulai Dibuka Lagi Bulan Juli
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@jullyten

Saran agar pendakian Rinjani dilakukan melalui satu pintu terlebih dahulu serta pentingnya dibangun fasilitas jalur khusus untuk kuda atau sepeda, agar memudahkan para porter membawa barang hingga ke pos empat perlu didiskusikan lebih lanjut.

Selain itu, Sitti Rohmi juga menyorot pengelolaan sampah di pintu masuk jalur pendakian. Rinjani kata dia merupakan tumpuan hidup dan sumber air masyarakat. Jadi antara pariwisata dan kelestarian ini satu dan harus betul betul dijaga.

Pemprov NTB sendiri telah mengusung konsep bersih, sehat dan aman di seluruh destinasi wisata yang ada, termasuk di Rinjani.

Dibuka 7 Juli 2020

Fix, Gunung Rinjani Mulai Dibuka Lagi Bulan Juli
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@__fnhryy

Gunung Rinjani sendiri akan dibuka pada 7 Juli 2020 mendatang. Pemprov NTB berharap agar segala sesuatunya telah siap untuk kenyamanan dan kemanan wisatawan.

Sementara itu, Dirjen Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno menyampaikan, yang paling penting adalah kedisiplinan menerapkan protokol Covid-19.

Tempat wisata yang telah dinyatakan zona kuning dan zona hijau diperbolehkan untuk dibuka dengan beberapa pertimbangan dan persyaratan lainnya.

Wiratno meminta agar pengawasan langsung dilakukan oleh kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) pada pintu masuk dan memastikan ketertiban semua pengunjung.*

Share.