Fenomena Awan Topi Terjadi di Gunung Lawu

Fenomena Awan Topi Terjadi di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik - @denyazZahra

Pendakicantik.com – Fenomena awan topi kembali terjadi di Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Seorang petani asal Desa Widoro Kandang, Kabupaten Magetan, Sadiyem, mengaku melihat awan berbentuk topi di puncak Gunung Lawu sejak pukul 05.00 WIB, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: 7 Gunung yang Sering Terjadi Musibah Buat Para Pendaki

“Dari tadi itu mendungnya, dari jam lima sampai sekarang masih ada,” jelas Sadiyem di persawahan Desa Widoro Kandang, Jumat.

Fenomena Awan Topi Terjadi di Gunung Lawu

Warga Magetan lainnya, Suyanto juga melihat awan berbentuk topi di puncak gunung itu. Menurut Suyanto awan itu terlihat cukup lebar pada pukul 06.30 WIB.

“Mulai memudar jam 07:00 WIB tadi. Bentuk topi paling bagus jam 06:30 WIB,” jelasnya.

Prakirawan BMKG Juanda Agatha Mayasari mengatakan, awan yang menaungi Gunung Lawu bernama lentikularis.

Baca Juga: Sederet Mitos dan Pantangan di Gunung Agung

Awan tersebut terjadi di sekitar gunung atau dataran tinggi

“Awan-awan ini mengindikasikan adanya turbulensi atau putaran angin secara vertikal yang cukup kuat. Awan tersebut berbahaya bagi penerbangan rendah,” ujar Agatha saat dikonfirmasi.

Agatha menambahkan fenomena awan lentikularis ini jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Fenomena Awan Topi Terjadi di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – @denyazZahra

Fenomena tersebut menurutnya tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya.