Fakta Menarik Tentang Gunung Wagir Jampang

Gunung Wagir Jampang merupakan gunung yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Gunung Wagir Jampang dikenal sebagai salah satu gunung yang memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, gunung ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang perlu diketahui.

Salah satu fakta menarik tentang Gunung Wagir Jampang adalah gunung ini memiliki kawah yang masih aktif. Kawah tersebut bernama Kawah Ratu. Kawah Ratu memiliki diameter sekitar 200 meter dan kedalaman sekitar 50 meter. Kawah Ratu merupakan salah satu kawah yang masih aktif di Indonesia. Selain itu, Gunung Wagir Jampang juga memiliki beberapa mata air panas yang dapat digunakan untuk berendam.

Gunung Wagir Jampang merupakan salah satu gunung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih oleh wisatawan. Jalur pendakian yang paling populer adalah jalur via Campuhan. Jalur ini memiliki jarak tempuh sekitar 3 kilometer dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Selain jalur via Campuhan, terdapat juga jalur pendakian via Cikadu dan via Batu Tulis.

Fakta Menarik Tentang Gunung Wagir Jampang

Gunung Wagir Jampang menyimpan banyak fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah 8 fakta menarik tentang Gunung Wagir Jampang yang perlu diketahui:

  • Memiliki kawah aktif bernama Kawah Ratu.
  • Terdapat beberapa mata air panas yang dapat digunakan untuk berendam.
  • Memiliki jalur pendakian yang populer, yaitu via Campuhan.
  • Memiliki pemandangan yang indah dari puncak gunung.
  • Merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.
  • Memiliki nilai sejarah dan budaya bagi masyarakat sekitar.
  • Merupakan salah satu gunung yang banyak dikunjungi wisatawan.
  • Memiliki potensi wisata alam yang masih belum banyak tergali.

Kedelapan fakta menarik tersebut menunjukkan bahwa Gunung Wagir Jampang memiliki potensi wisata alam yang besar. Gunung ini dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang menyukai wisata alam, petualangan, dan budaya. Selain itu, Gunung Wagir Jampang juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang dapat dipelajari oleh wisatawan.

Memiliki kawah aktif bernama Kawah Ratu.

Memiliki Kawah Aktif Bernama Kawah Ratu., Gunung Indonesia

Keberadaan Kawah Ratu sebagai kawah aktif di Gunung Wagir Jampang menjadikannya salah satu fakta menarik yang patut dibahas. Kawah Ratu memiliki diameter sekitar 200 meter dan kedalaman sekitar 50 meter. Kawah ini masih aktif dan dapat mengeluarkan gas dan uap belerang. Keberadaan Kawah Ratu menambah daya tarik Gunung Wagir Jampang sebagai destinasi wisata alam.

  • Letusan Kawah Ratu

    Kawah Ratu pernah mengalami letusan pada tahun 1921. Letusan tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa desa di sekitar gunung. Namun, sejak saat itu, Kawah Ratu tidak pernah mengalami letusan yang besar. Meskipun demikian, aktivitas vulkanik di Kawah Ratu masih terus terjadi, seperti keluarnya gas dan uap belerang.

  • Wisata Kawah Ratu

    Kawah Ratu menjadi salah satu objek wisata menarik di Gunung Wagir Jampang. Wisatawan dapat melihat keindahan kawah dari jarak dekat. Namun, wisatawan harus berhati-hati karena Kawah Ratu masih aktif dan dapat mengeluarkan gas beracun. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak dari Kawah Ratu.

  • Penelitian Kawah Ratu

    Kawah Ratu menjadi objek penelitian bagi para ahli geologi dan vulkanologi. Para ahli mempelajari aktivitas vulkanik di Kawah Ratu untuk mengetahui potensi letusan di masa mendatang. Selain itu, para ahli juga mempelajari gas dan uap belerang yang dikeluarkan oleh Kawah Ratu untuk mengetahui kandungan mineral yang terdapat di dalamnya.

Kesimpulannya, keberadaan Kawah Ratu sebagai kawah aktif di Gunung Wagir Jampang menjadikannya salah satu fakta menarik yang patut dibahas. Kawah Ratu memiliki nilai wisata, penelitian, dan sejarah yang tinggi. Keberadaan Kawah Ratu menambah daya tarik Gunung Wagir Jampang sebagai destinasi wisata alam.

Terdapat beberapa mata air panas yang dapat digunakan untuk berendam.

Terdapat Beberapa Mata Air Panas Yang Dapat Digunakan Untuk Berendam., Gunung Indonesia

Gunung Wagir Jampang memiliki beberapa mata air panas yang dapat digunakan untuk berendam. Mata air panas ini merupakan salah satu daya tarik utama gunung ini. Wisatawan dapat berendam di mata air panas untuk menghilangkan lelah setelah mendaki atau sekadar untuk menikmati keindahan alam. Selain itu, berendam di mata air panas juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

  • Manfaat Kesehatan

    Berendam di mata air panas dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti mengurangi stres, meredakan nyeri otot, dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, berendam di mata air panas juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Lokasi Mata Air Panas

    Mata air panas di Gunung Wagir Jampang terletak di beberapa titik, yaitu di kawasan Kawah Ratu, di jalur pendakian via Campuhan, dan di beberapa titik di sekitar gunung. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan mata air panas ini karena sudah terdapat petunjuk jalan.

  • Fasilitas Mata Air Panas

    Di beberapa titik mata air panas, terdapat fasilitas yang disediakan untuk wisatawan, seperti kolam renang, kamar mandi, dan tempat ganti pakaian. Fasilitas ini membuat wisatawan dapat berendam dengan nyaman dan aman.

  • Harga Tiket Masuk

    Untuk dapat berendam di mata air panas, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk yang relatif murah. Harga tiket masuk bervariasi tergantung pada lokasi mata air panas.

Keberadaan mata air panas di Gunung Wagir Jampang menambah daya tarik gunung ini sebagai destinasi wisata alam. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, berendam di mata air panas, dan sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan. Selain itu, keberadaan mata air panas juga menjadi bukti bahwa Gunung Wagir Jampang memiliki potensi wisata alam yang besar.

Memiliki jalur pendakian yang populer, yaitu via Campuhan.

Memiliki Jalur Pendakian Yang Populer, Yaitu Via Campuhan., Gunung Indonesia

Jalur pendakian via Campuhan merupakan salah satu fakta menarik tentang Gunung Wagir Jampang. Jalur ini populer di kalangan pendaki karena memiliki pemandangan yang indah dan waktu tempuh yang relatif singkat.

  • Pemandangan yang Indah

    Jalur pendakian via Campuhan menyuguhkan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan. Pendaki dapat melihat pemandangan hutan, perkebunan teh, dan Gunung Gede Pangrango dari jalur ini.

  • Waktu Tempuh yang Relatif Singkat

    Jalur pendakian via Campuhan memiliki waktu tempuh yang relatif singkat, yaitu sekitar 2-3 jam. Hal ini membuat jalur ini cocok untuk pendaki pemula atau pendaki yang tidak memiliki banyak waktu.

  • Akses yang Mudah

    Jalur pendakian via Campuhan mudah diakses dari Jakarta dan Bandung. Pendaki dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk menuju titik awal pendakian.

  • Fasilitas yang Memadai

    Di jalur pendakian via Campuhan terdapat beberapa fasilitas yang memadai, seperti warung makan, toilet, dan tempat istirahat. Hal ini membuat pendaki dapat beristirahat dan mengisi ulang tenaga selama perjalanan.

Keberadaan jalur pendakian via Campuhan menambah daya tarik Gunung Wagir Jampang sebagai destinasi wisata alam. Jalur ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam Gunung Wagir Jampang dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Memiliki pemandangan yang indah dari puncak gunung.

Memiliki Pemandangan Yang Indah Dari Puncak Gunung., Gunung Indonesia

Gunung Wagir Jampang memiliki pemandangan yang indah dari puncak gunung. Pemandangan ini menjadi salah satu fakta menarik yang membuat gunung ini banyak dikunjungi wisatawan. Dari puncak gunung, wisatawan dapat melihat pemandangan alam sekitar yang sangat indah, seperti hutan, perkebunan teh, dan gunung-gunung lainnya.

  • Pemandangan Hutan

    Dari puncak Gunung Wagir Jampang, wisatawan dapat melihat pemandangan hutan yang hijau dan lebat. Hutan ini merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis pohon, tanaman, dan hewan di hutan ini.

  • Pemandangan Perkebunan Teh

    Selain hutan, wisatawan juga dapat melihat pemandangan perkebunan teh dari puncak Gunung Wagir Jampang. Perkebunan teh ini sangat luas dan tertata rapi. Wisatawan dapat melihat hamparan kebun teh yang hijau dan menyegarkan mata.

  • Pemandangan Gunung-gunung Lain

    Dari puncak Gunung Wagir Jampang, wisatawan juga dapat melihat pemandangan gunung-gunung lain di sekitarnya. Wisatawan dapat melihat Gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, dan Gunung Pangrango dari puncak gunung ini. Pemandangan gunung-gunung ini sangat indah dan menakjubkan.

Pemandangan yang indah dari puncak Gunung Wagir Jampang menjadi salah satu daya tarik utama gunung ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan udara segar di puncak gunung ini. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas di puncak gunung ini, seperti berkemah, berfoto, dan menikmati matahari terbit atau terbenam.

Merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.

Merupakan Habitat Bagi Berbagai Jenis Flora Dan Fauna., Gunung Indonesia

Keberadaan berbagai jenis flora dan fauna di Gunung Wagir Jampang menjadikannya salah satu fakta menarik yang patut dibahas. Gunung ini memiliki ekosistem yang kaya dan beragam, sehingga menjadi habitat bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan.

  • Keanekaragaman Flora

    Gunung Wagir Jampang memiliki keanekaragaman flora yang tinggi. Di gunung ini terdapat berbagai jenis tumbuhan, mulai dari pohon besar hingga tanaman kecil. Beberapa jenis tumbuhan yang dapat ditemukan di Gunung Wagir Jampang antara lain pohon pinus, pohon damar, dan pohon pakis.

  • Keanekaragaman Fauna

    Selain flora, Gunung Wagir Jampang juga memiliki keanekaragaman fauna yang tinggi. Di gunung ini terdapat berbagai jenis hewan, mulai dari mamalia hingga serangga. Beberapa jenis hewan yang dapat ditemukan di Gunung Wagir Jampang antara lain monyet, lutung, dan burung elang.

  • Pentingnya Keanekaragaman Hayati

    Keanekaragaman hayati di Gunung Wagir Jampang memiliki peran penting bagi ekosistem gunung ini. Keanekaragaman hayati membantu menjaga keseimbangan ekosistem, menyediakan makanan dan tempat tinggal bagi hewan, serta menjaga kualitas air dan tanah.

  • Ancaman terhadap Keanekaragaman Hayati

    Keanekaragaman hayati di Gunung Wagir Jampang menghadapi beberapa ancaman, seperti perburuan liar, penggundulan hutan, dan polusi. Ancaman-ancaman ini dapat menyebabkan menurunnya populasi spesies dan bahkan kepunahan.

Keberadaan berbagai jenis flora dan fauna di Gunung Wagir Jampang menjadi salah satu daya tarik utama gunung ini. Keanekaragaman hayati gunung ini menambah keindahan dan kekayaan alam Gunung Wagir Jampang. Selain itu, keanekaragaman hayati juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem gunung ini.

Memiliki nilai sejarah dan budaya bagi masyarakat sekitar.

Memiliki Nilai Sejarah Dan Budaya Bagi Masyarakat Sekitar., Gunung Indonesia

Gunung Wagir Jampang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi bagi masyarakat sekitar. Gunung ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sejak zaman dahulu kala. Masyarakat sekitar memiliki banyak cerita, mitos, dan legenda tentang Gunung Wagir Jampang.

  • Tempat Bersejarah

    Gunung Wagir Jampang merupakan tempat bersejarah bagi masyarakat sekitar. Di gunung ini terdapat beberapa situs sejarah, seperti reruntuhan candi dan makam-makam kuno. Situs-situs sejarah ini menjadi bukti bahwa Gunung Wagir Jampang telah menjadi tempat yang penting bagi masyarakat sejak zaman dahulu kala.

  • Sumber Inspirasi Budaya

    Gunung Wagir Jampang menjadi sumber inspirasi budaya bagi masyarakat sekitar. Keindahan alam gunung ini menginspirasi masyarakat untuk menciptakan karya seni, seperti lukisan, lagu, dan tari. Gunung Wagir Jampang juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya, seperti upacara adat dan festival.

  • Tempat Peribadatan

    Gunung Wagir Jampang merupakan tempat peribadatan bagi masyarakat sekitar. Masyarakat percaya bahwa gunung ini memiliki kekuatan spiritual. Masyarakat sering melakukan ritual dan upacara keagamaan di gunung ini.

  • Tempat Wisata

    Gunung Wagir Jampang merupakan tempat wisata bagi masyarakat sekitar. Masyarakat sering mengunjungi gunung ini untuk menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti hiking, camping, dan berfoto.

Nilai sejarah dan budaya Gunung Wagir Jampang menjadikannya salah satu fakta menarik tentang gunung ini. Gunung ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar memiliki hubungan yang erat dengan gunung ini, baik secara spiritual, budaya, maupun ekonomi.

Merupakan salah satu gunung yang banyak dikunjungi wisatawan.

Merupakan Salah Satu Gunung Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan., Gunung Indonesia

Fakta bahwa Gunung Wagir Jampang merupakan salah satu gunung yang banyak dikunjungi wisatawan menjadi salah satu fakta menarik tentang gunung ini. Ada beberapa alasan mengapa gunung ini banyak dikunjungi wisatawan, di antaranya:

  • Keindahan Alam

    Gunung Wagir Jampang memiliki keindahan alam yang sangat menarik bagi wisatawan. Gunung ini memiliki pemandangan yang indah, seperti hutan yang lebat, perkebunan teh yang hijau, dan puncak gunung yang menjulang tinggi. Keindahan alam ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi Gunung Wagir Jampang.

  • Akses yang Mudah

    Gunung Wagir Jampang mudah diakses oleh wisatawan. Gunung ini terletak di dekat Jakarta dan Bandung, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menjangkau gunung ini menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Akses yang mudah ini membuat Gunung Wagir Jampang menjadi destinasi wisata yang populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam tanpa harus menempuh perjalanan yang jauh.

  • Fasilitas yang Memadai

    Gunung Wagir Jampang memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk wisatawan. Di gunung ini terdapat beberapa jalur pendakian yang sudah tertata dengan baik, area perkemahan, dan warung makan. Fasilitas ini membuat wisatawan dapat menikmati keindahan Gunung Wagir Jampang dengan nyaman dan aman.

  • Harga Tiket Masuk yang Terjangkau

    Harga tiket masuk Gunung Wagir Jampang sangat terjangkau bagi wisatawan. Wisatawan hanya perlu membayar beberapa ribu rupiah untuk dapat memasuki kawasan gunung ini. Harga tiket masuk yang terjangkau ini membuat Gunung Wagir Jampang menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong.

Dengan alasan-alasan tersebut, Gunung Wagir Jampang menjadi salah satu gunung yang banyak dikunjungi wisatawan. Gunung ini menawarkan keindahan alam, akses yang mudah, fasilitas yang memadai, dan harga tiket masuk yang terjangkau. Semua faktor ini menjadikan Gunung Wagir Jampang sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Memiliki potensi wisata alam yang masih belum banyak tergali.

Memiliki Potensi Wisata Alam Yang Masih Belum Banyak Tergali., Gunung Indonesia

Fakta bahwa Gunung Wagir Jampang memiliki potensi wisata alam yang masih belum banyak tergali menjadi salah satu fakta menarik tentang gunung ini. Potensi wisata alam yang belum tergali ini menjadi peluang besar bagi pengembangan pariwisata di Gunung Wagir Jampang.

Salah satu potensi wisata alam yang belum tergali di Gunung Wagir Jampang adalah keindahan alamnya yang masih alami. Gunung Wagir Jampang memiliki hutan yang lebat, perkebunan teh yang hijau, dan puncak gunung yang menjulang tinggi. Keindahan alam ini dapat menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam tanpa harus pergi jauh dari Jakarta atau Bandung.

Selain keindahan alamnya, Gunung Wagir Jampang juga memiliki potensi wisata alam lainnya, seperti air terjun, sungai, dan gua. Potensi wisata alam ini dapat dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan, seperti wisata air, wisata petualangan, dan wisata minat khusus.

Pengembangan potensi wisata alam di Gunung Wagir Jampang dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi masyarakat sekitar maupun bagi pemerintah daerah. Pengembangan wisata alam dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mempromosikan pariwisata daerah.

Pemerintah daerah dapat berperan aktif dalam pengembangan wisata alam di Gunung Wagir Jampang dengan melakukan beberapa upaya, seperti membangun infrastruktur, promosi wisata, dan pelatihan masyarakat. Dengan upaya yang terpadu, pengembangan wisata alam di Gunung Wagir Jampang dapat menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi daerah.

Pertanyaan Umum Tentang Gunung Wagir Jampang

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya seputar Gunung Wagir Jampang:

Pertanyaan 1: Di mana letak Gunung Wagir Jampang?

Jawaban: Gunung Wagir Jampang terletak di Desa Jampang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pertanyaan 2: Berapa ketinggian Gunung Wagir Jampang?

Jawaban: Ketinggian Gunung Wagir Jampang sekitar 750 meter di atas permukaan laut.

Pertanyaan 3: Apakah Gunung Wagir Jampang memiliki kawah aktif?

Jawaban: Ya, Gunung Wagir Jampang memiliki kawah aktif bernama Kawah Ratu.

Pertanyaan 4: Apakah ada jalur pendakian di Gunung Wagir Jampang?

Jawaban: Ya, terdapat beberapa jalur pendakian di Gunung Wagir Jampang, salah satunya adalah jalur via Campuhan.

Pertanyaan 5: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Wagir Jampang?

Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Wagir Jampang melalui jalur via Campuhan sekitar 2-3 jam.

Pertanyaan 6: Apakah ada fasilitas yang tersedia di Gunung Wagir Jampang?

Jawaban: Terdapat beberapa fasilitas di Gunung Wagir Jampang, seperti warung makan, toilet, dan tempat istirahat.

Dengan demikian, diharapkan informasi ini dapat menjawab pertanyaan umum yang sering diajukan seputar Gunung Wagir Jampang. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi pihak berwenang setempat atau mencari informasi dari sumber tepercaya.

Selain informasi di atas, ada baiknya melakukan persiapan yang matang sebelum mendaki Gunung Wagir Jampang. Persiapan yang baik akan membantu Anda menikmati pendakian dengan aman dan menyenangkan.

Tips Mendaki Gunung Wagir Jampang

Sebelum memulai pendakian ke Gunung Wagir Jampang, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan Anda.

Tip 1: Persiapan Fisik dan Mental
Pastikan kondisi fisik dan mental Anda dalam keadaan prima sebelum mendaki. Latih fisik Anda dengan rutin berolahraga dan biasakan diri dengan aktivitas mendaki. Persiapan mental juga penting untuk menjaga motivasi dan semangat selama pendakian.

Tip 2: Perlengkapan Mendaki
Siapkan perlengkapan mendaki yang sesuai, seperti sepatu trekking, pakaian yang nyaman, jaket pelindung, dan ransel. Bawalah juga peralatan pendukung seperti senter, peta, kompas, dan P3K.

Tip 3: Perbekalan Makanan dan Minum
Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan Anda. Pilih makanan yang berenergi dan mudah dikonsumsi, seperti cokelat, roti, dan air mineral.

Tip 4: Ikuti Jalur Pendakian
Tetaplah berada di jalur pendakian yang telah ditentukan untuk menghindari tersesat. Ikuti petunjuk dan rambu-rambu yang tersedia di sepanjang jalur.

Tip 5: Jaga Kebersihan dan Kelestarian Alam
Hormati keindahan alam Gunung Wagir Jampang dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Buang sampah pada tempatnya dan hindari merusak tanaman atau satwa liar.

Tip 6: Perhatikan Kondisi Cuaca
Sebelum mendaki, perhatikan prakiraan cuaca dan sesuaikan rencana pendakian Anda. Hujan atau badai dapat membuat jalur pendakian menjadi licin dan berbahaya.

Tip 7: Beristirahatlah secukupnya
Jangan memaksakan diri untuk terus mendaki. Beristirahatlah secukupnya saat merasa lelah atau perlu mengisi ulang tenaga.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menikmati pendakian ke Gunung Wagir Jampang dengan aman dan menyenangkan. Ingatlah selalu untuk mengutamakan keselamatan dan menghargai keindahan alam yang Anda jumpai selama perjalanan Anda.

Kesimpulan

Gunung Wagir Jampang menyimpan sejuta pesona alam yang menarik untuk dijelajahi. Keunikannya, mulai dari kawah aktif, mata air panas, hingga keanekaragaman flora dan fauna, menjadikannya destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Potensi wisata yang belum banyak tergali pun membuka peluang besar bagi pengembangan pariwisata di kawasan ini.

Dengan keindahan alam yang memukau dan akses yang mudah, Gunung Wagir Jampang patut menjadi pilihan bagi para pencinta alam dan petualang. Mari lestarikan keindahan alamnya dan dukung pengembangan wisata di Gunung Wagir Jampang demi kesejahteraan masyarakat sekitar dan kemajuan pariwisata Indonesia.

Youtube Video:

Fakta Menarik Tentang Gunung Wagir Jampang - sddefault


Share.