Fakta dan Misteri Gunung Leuser yang Wajib Kamu Tahu

Fakta dan Misteri Gunung Leuser yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik - @kristyna_benetka

#PendakiCantik – Gunung Leuser memiliki banyak fakta dan misteri yang cukup menarik sebagaimana gunung-gunung lain di Indonesia.

Gunung tertinggi di Aceh dan merupakan salah satu gunung yang dijadikan Cagar Biosfer oleh UNESCO pada tahun 1981 telah menjadi situs warisan dunia sejak tahun 2004.

Sebelum mendaki Gunung Leuser, berikut Pendaki Cantik merangkum beberapa fakta dan misteri Gunung Leuser yang wajib kamu tahu.

Memiliki Luas Ribuan Hektar

Fakta dan Misteri Gunung Leuser yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @cathysharon

Gunung Leuser terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki luas 1094.692 hektar.

Dengan ketinggian 3404 mdpl, untuk mencapai puncak Gunung Leuser kamu perlu melewati jalur pendakian yang cukup panjang dan memakan waktu 12-17 hari.

Karena sangat luas dan terletak di bagian tenggara Aceh dan perbatasan Sumatera Utara, kamu perlu memanajemen perbekelan dengan baik sebelum mendaki gunung ini.

Kamu juga diwajibkan memakai jasa pemandu jika ingin mencapai puncak Gunung Leuser. Hal ini karena di tempat inilah habitat binatang buas berkembang cukup baik seperti Harimau Sumatera.

Kera Raksasa dan Misteri Gunung Leuser

Fakta dan Misteri Gunung Leuser yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @satyawinnie

Ada beberapa misteri yang tersimpan di Gunung Leuser. Salah satunya adalah soal keberadaan kera raksasa di sisi selatan gunung. Kamu harus berhati-hati jika bertemu kera ini.

Selain kera raksasan, ada banyak cerita yang menyebutkan bahwa sering muncul makhluk-makhluk aneh di Gunung Leuser. Makhluk aneh ini disinyalir merupakan suku-suku pedalaman yang terisolir.

Cerita tentang binatang yang bernama Pulusan Gunung ini juga cukup populer. Pulusan dengan nama ilmiah Mustela Lutreolina sangat cepat dan sulit dideteksi kamera.

Selain orang bunian, Gunung Leuser juga dihuni oleh suku kerdil misterius yang bernama Suku Mante atau Suku Bante.

Mereka memiliki tubuh yang kerdil seperti orang bunian. Para pendaki dan pegawai TNGL juga pernah melaporkan bertemu dengan suku ini.

Hewan dan Tumbuhan Langka di Gunung Leuser

Fakta dan Misteri Gunung Leuser yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @glenisse

Banyak sekali hewan-hewan langka yang terdapat di Gunung Leuser, misalkan saja seperti Harimau Sumatera, Kera Raksasa, dan Pulusan Gunung.

Selain hewan-hewan langka tersebut, banyak juga tumbuhan langka yang tumbuh di Gunung ini seperti Bunga Rafflesia dan tumbuhan kanibal yang memakan daging.

Di Gunung Leuser ini juga terdapat lintah merah atau sering juga disebut lintah gajah, karena itulah perlu ekstra hati-hati jika kamu ingin mengunjungi Gunung Leuser

Karena keunikan dan kondisinya inilah yang membuat Gunung Leuser menjadi perhatian serius UNESCO. Semoga tetap lestari sebagai paru-paru dunia.