Embun Es di Dieng Bisa Dilihat Sampai Bulan September

Embun Es di Dieng Bisa Dilihat Sampai Bulan September
Foto: Pendaki Cantik - Instagram/@apriliagustin

#PendakiCantik – Bagi wisatawan yang belum sempat melihat embun es Dieng tidak perlu khawatir. Fenomena itu diprediksi masih akan terjadi hingga Bulan September.

Setelah beberapa waktu sebelumnya fenomena embun es terjadi selama tiga hari lalu menghilang pada Senin (27/7/2020) lalu itu bukan berarti fenomena ini akan berakhir.

Kepala UPT Dieng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami mengatakan fenomena embun es di Dieng itu biasanya terjadi pada musim kemarau.

Yakni, mulai Bulan Juli hingga September. Biasanya pada bulan-bulan tersebut suhu udara di dataran tinggi Dieng turun hingga minus derajat celsius.

Tidak Muncul Sepanjang Hari

Embun Es di Dieng Bisa Dilihat Sampai Bulan September
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@ovis_tamika

Berbeda dengan tahun ini, tahun 2019 lalu menurut Sri fenomena embun es mulai muncul sejak bulan Juni hingga September.

Sri Utami juga menyampaikan, embun es ini tidak muncul sepanjang hari. Bisanya, embun es Dieng mulai muncul mulai pukul 03.00 WIB dini hari hingga pukul 06.00 WIB.

Jadi embun mulai membeku dini hari pukul 03.00 WIB. Dan setelah matahari terbit embun es mencair. Sedangkan tempat yang sering muncul itu di sekitar komplek Candi Arjuna.

Namun demikian, embun es juga tidak muncul setiap harinya. Biasanya, embun es ini terjadi jika suhu turun hingga minus derajat dan tidak ada angin kencang.

Menyiapkan Jaket Tebal

Embun Es di Dieng Bisa Dilihat Sampai Bulan September
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@nayanahda

Kepada wisatawan, ia mengingatkan untuk menyiapkan jaket tebal saat berkunjung ke dataran tinggi Dieng.

Sebab, saat ini suhu udara di dataran tinggi Dieng lebih dingin dari biasanyamakanya bisa muncul embun es Dieng itu.

Turunnya suhu udara di dataran tinggi Dieng membuat embun membeku di beberapa tempat. Selain di lapangan komplek candi Arjuna, embun es juga terlihat di telaga Bale Kambang, Dieng.

Salah seorang warga desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Banjarnegara, Hasta Priyandono mengatakan bahwa embun es juga terlihat di telaga Bale Kambang.

Hanya, dibanding dengan lapangan komplek Candi Arjuna, embun es di telaga tersebut lebih tipis.

Lokasi Embun Es

Embun Es di Dieng Bisa Dilihat Sampai Bulan September
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@aadilahna

Telaga Bale Kambang terletak di sekitar 100 meter dari komplek candi Arjuna. Hanya, akses jalan menuju telaga ini masih tanah dan rerumputan.

Padahal, di telaga ini pemandangannya bagus. Bisa melihat puncak gunung Sindoro.

Hasta menyebut, pada hari minggu lalu banyak wisatawan yang datang ke telaga Bale Kambang. Sebagian besar, wisatawan penasaran dengan awan tipis di atas telaga pada pagi hari.