Cocok untuk Pemula, Ini Fakta Tentang Gunung Sibayak

Cocok untuk Pemula, Ini Fakta Tentang Gunung Sibayak
Foto: Pendaki Cantik - Instagram/@masella_25

#PendakiCantik – Karo adalah salah satu kabupaten yang berada di Sumatra Utara. Disana terdapat pula gunung-gunung yang menjulang tinggi yang menjadi daya tarik wisatawan, salah satunya adalah Gunung Sibayak.

Gunung Sibayak merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pendaki gunung selain Gunung Sinabung. Biasanya, gunung ini banyak didatangi oleh pendaki yang masih pemula karena memiliki medan yang tidak terlalu sulit.

Gunung yang terletak di ketinggian 2.094 mdpl ini menyimpan pesona alam yang tidak kalah cantiknya jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain. Berikut beberapa fakta menarik Gunung Sibayak yang jarang diketahui.

Puncak Takal Kuda

Cocok untuk Pemula, Ini Fakta Tentang Gunung Sibayak
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@weny_kelces

Dilansir dari kovermagz, daya tarik utama dari gunung ini adalah puncaknya. Puncak tertinggi Gunung Sibayak diberi nama ‘Takal Kuda’ yang berarti ‘Kepala Kuda’.

Disebut seperti ini karena bentuk puncak Gunung Sibayak mirip seperti kepala kuda. Dari puncak ini, pendaki bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Sinabung yang juga memesona.

Ada Tiga Jalur Pendakian

Cocok untuk Pemula, Ini Fakta Tentang Gunung Sibayak
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@masella_25

Ada tiga jalur pendakian yang bisa dipilih oleh para pendaki di gunung ini. Ketiga jalur pendakian ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Jalur pertama adalah yang paling mudah. Perjalanan akan dimulai dari Desa Semangat Gunung yang medannya tergolong mulus dan tertata. Bahkan, kendaraan bisa melewati jalur ini.

Jalur kedua adalah melewati Desa Jarang Uda. Jarak tempuh jalur ini sedikit lebih lama dari jalur pertama. Namun, selama melewati jalur ini, para pendaki akan disuguhkan pemandangan alam berupa pemandian air panas.

Jalur ketiga bisa dibilang yang paling sulit, jika dibandingkan dengan jalur yang lain. Jalur ini dinamakan Jalur 54. Pendaki akan dihadapkan dengan medan sulit serta menantang serta jalan yang cukup terjal dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Dua Jam Bisa Mencapai Puncak

Cocok untuk Pemula, Ini Fakta Tentang Gunung Sibayak
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@helmaatobing_

Gunung Sibayak masuk dalam deretan gunung berapi aktif yang memiliki uap panas. Gunung ini menjadi salah satu favorit bagi pendaki gunung pemula karena terkenal dengan jarak tempuh menuju puncaknya yang terbilang singkat.

Jika biasanya pendaki gunung mampu menghabiskan waktu hingga berhari-hari untuk mencapai puncak sebuah gunung, di Gunung Sibayak ini para pendaki bisa mencapai puncak hanya dalam waktu kurang lebih dua jam.

Kawah Belerang

Cocok untuk Pemula, Ini Fakta Tentang Gunung Sibayak
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@niarngln

Dilansir dari gosumatra, Gunung Sibayak menyimpan pesona lain yang tak kalah indah dari puncak gunungnya. Gunung ini memiliki kawah yang unik. Pasalnya, Gunung Sibayak memiliki kawah belerang seluas 40.000 meter.

Kandungan solfatara membuat kawah ini tidak berhenti menyemburkan uap panas. Bagian yang landai pada kawah dapat dijadikan tempat para pendaki untuk beristirahat sejenak di dalam tenda. Kawasan ini sering dijadikan spot foto favorit bagi para pendaki.