#PendakiCantik – Warga sejauh ini tidak bisa memantau kondisi terkini di kawah Gunung Agung karena CCTV yang dipasang di sana sudah rusak.

Tidak berfungsinya CCTV tersebut juga membuat data yang dikirim ke pos pengamatan Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, terputus tiba-tiba.

Dalam keterangannya, Kepala Sub Bidang Mitigasi Pengamatan Gunung Api Wilayah Timur, PVMBG, Kementerian ESDM, Devy Kamil Syahbana mengungkapkan, CCTV rusak sejak Maret 2020.

Pemicunya kemungkinan karena ada yang membalikan solar panel, sehingga sistem power supply terganggu dan rusak.

CCTV Rusak, Kawah Gunung Agung Sulit Dipantau
Foto: Instagram/@kjri_hcmc

Hingga hari ini tim PVMBG belum bisa memperbaikinya lantaran pandemi corona virus disease (Covid-19).

Hingga saat ini, beberapa daerah masih memberlakukan pembatasan perjalanan orang, sehingga tim teknisi dari Bandung belum bisa memperbaiki CCTV di Puncak.

Petugas berencana memperbaiki jika kondisi sudah membaik, dan perjalanan cukup memungkinkan.

Dugaan sementara, CCTV rusak karena panel tenaga surya dalam kondisi terbalik. Kemungkinan disebabkan cuaca atau ada orang membalikan.

CCTV Rusak, Kawah Gunung Agung Sulit Dipantau
Foto: Instagram/@keluarga_pendaki_

Terkait kondisi Gunung Agung Api masih fluktuatif dan kini masih dievaluasi. Sampai sekarang masih ada pergerakaan magma di sekitar Gunung Agung.

Aktivitas kegempaan masih ditemukan. Seperti adanya hembusan, tektonik lokal, tektonik jauh, dan kegempaan lainnya masih tetap dijumpai. CCTV sekitar kawah juga sempat mengalami kerusakan awal tahun 2020.

Saat itu antena CCTV bergeser lantaraan tertiup angin besar, serta curah hujan yang tinggi sehingga mempengaruhi kelistrikan dan komponen-komponen sistem elektronika di stasiun CCTV.

CCTV Rusak, Kawah Gunung Agung Sulit Dipantau
Foto: Instagram/@geg_poetriii

Dipasang Sejak 2019

Untuk diketahui bahwa pemasangan CCTV Puncak Gunung Agung dilakukan, Sabtu (28/12). Pemasangan CCTV dipimpin Devy Kamil Syahbana.

CCTV dan pemancar dipasang diketinggian 2.800 meter. Pemasangan dilakukan untuk kepentingan pemantauan dan pengamatan Gunung Agung, serta warga.

Hingga saat ini petugas telah memasang 3 unit CCTV yang dipasang untuk kepentingan pengamatan dan pemantauan Gunung Agung.

Pertama petugas pasang CCTV di Pos Pengamatan Rendang, Desa/Kecamatan Rendang. Kedua di Batu Lompeh Kecamatan Kubu. Ketiga, sekitar kawah.

Share.