Cara Mencari Teman untuk Barengan Mendaki Gunung

Cara Mencari Teman untuk Barengan Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik - Instagram/@diufuk.timur

#PendakiCantik – Setelah istirahat selama berbulan-bulan tidak mendaki gunung karena pandemi Covid-19, memasuki New Normal membuat hasrat mendaki itu muncul lagi.

Namun, mendaki sendirian pada kondisi seperti sekarang ini rasa-rasanya sulit plus akan dirasa sangat asing dan tidak asyik dibandingkan mendaki berkelompok.

Berbeda dengan proses pendakian sebelumnya, kamu pasti mengalami banyak kesulitan untuk mengumpulkan teman-teman untuk bisa barengan naik gunung.

Selain karena terkendala izin orangtua, kesempatan berkumpul yang sudah jarang dilakukan juga menjadi persoalan tersendiri.

Bagi kamu yang mengalami persoalan serupa, berikut cara agar kamu bisa mendapat teman mendaki gunung untuk memuaskan hasratmu setelah sekian lama tidak mendaki.

  1. Datang Langsung ke Basecamp

Cara Mencari Teman untuk Barengan Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@masmeya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan datang langsung ke basecamp pendakian. Biasanya, disana ada banyak pendaki yang sedang berkumpul sebelum berangkat.

Kamu bisa bergabung dengan mereka dengan cara memperkenalkan diri terlebih dahulu dan mengutarakan niat hendak mendaki bareng dengan cukup jelas agar mudah dimengerti.

Paling penting adalah komunikasimu dengan teman-teman calon rekan pendaki harus baik dan ramah agar suasananya cair sehingga kamu bisa lebih mudah akrab dan diizinkan bergabung.

2. Pantau Media Sosial Pendaki

Cara Mencari Teman untuk Barengan Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@apriel19

Jika kamu mengalami kendala untuk datang langsung ke basecamp seperti cara pertama, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memantau media sosial para pendaki.

Media sosial yang dimaksud bisa berupa instagram, twitter, facebook dan sebagainya. Biasanya, para pendaki akan selalu mengupdate aktivitas mereka di media sosial tersebut.

Jika ada yang memiliki persoalan serupa sepertimu, kamu bisa langsung menanyakannya secara langsung dengan melakukan direct message.

Kamu harus tetap memperhatikan caramu berkomunikasi agar calon rekan mendakimu nyaman dan percaya dengan tawaran yang kamu ajukan.

Karena tidak bertatap muka secara langsung, kamu juga perlu berhati-hati jika mengajak atau diajak seseorang untuk mendaki bareng demi keselamatan.

3. Gabung ke Grup Facebook

Cara Mencari Teman untuk Barengan Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@apriel19

Selain memantau media sosial pendaki secara personal atau komunitas, bergabung ke grup facebook bisa menjadi alternatif lain yang cukup mudah untuk kamu lakukan.

Biasanya di grup-grup facebook para pendaki selalu mengupdate informasi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu sebelum mendaki.

Selain itu, facebook juga boleh dibilang merupakan media sosial sejuta umat yang dihuni oleh para pendaki dari berbagai pelosok tanah air.

Jika kamu kewalahan mencari media sosial pendaki satu per satu, bergabung ke grup facebook pendaki bisa menjadi alternatif lain yang bisa kamu ambil.

4. Pantau Informasi di Forum

Cara Mencari Teman untuk Barengan Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@sumuleagungg

Pilihan lain dari pilihan-pilihan yang ada diatas adalah kamu bisa gabung di forum-forum komunitas pendakian yang ada di Internet.

Kamu pasti generasi milenial pertengahan yang pasti senang sekali sehari-harinya browsing internet dan betah lama-lama disana. Forum pendaki yang sampai sekarang masih aktif dan ramai adalah KASKUS OANC.

Cara ini perlu kamu coba juga, karena forum KASKUS kan sudah terkenal dan banyak orang yang berkumpul disana membahas sesuatu, dalam hal ini kamu gabungnya dengan komunitas yang membahas pendakian gunung.

Itulah beberapa cara untuk mencari rekan barengan untuk mendaki gunung yang bisa kamu coba. Tetap berhati-hati, selalu ikuti aturan selama mendaki. Jaga alam dan kesehatan.*