#PendakiCantik – Petualangan luar ruang, seperti naik gunung, tak semata soal pengalaman tak terlupakan, tetapi juga tentang bagaimana bisa selamat kembali ke rumah. Karenanya, memahami aturan terkait keselamatan bukan lagi suatu hal yang bisa ditawar.

Cara Memakai Tas Gunung Biar Aman dan Nyaman
Pendaki Cewek dan Carrier kesayangan – (Foto: @beatrixhst)

Ini sering kali juga mencakup hal-hal mungkin dianggap sepele, seperti cara memakai tas gunung. Padahal, salah-salah, Kamu bisa saja cedera dan pada akhirnya akan berpengaruh pada perjalanan itu sendiri.

Cara Memakai Tas Gunung Biar Aman dan Nyaman

Pertama, pastikan kedua tali tas di bagian kanan maupun kiri dalam keadaan sepenuhnya longgar. Harus betul-betul sampai mentok. Kamu bisa ukur torsonya. Kemudian coba sambil duduk. Setelah duduk, selempangkan salah satu tali di satu tangan, kemudian angkat tas. Untuk masukin tangan yang satunya, itu posisi masih harus terus duduk.

Kemudian, jangan tangan yang nyamperin tas, tapi tas yang harus mendekat ke tangan. Dorong tas dengan tangan yang sudah tersampir. Baru nanti tangan yang satunya jadi gampang buat tarik tas. Teknik  ini untuk menghindari otot tangan terjepit hingga akhirnya ngilu.

 

Atau dengan cara lain; ambil tali (tas gunung) dari atas. Kemudian dorong supaya dipakainya bisa lebih mudah. Setelah itu, kencangkan tali di dekat pinggang. Sudah kencang, baru berdiri pelan-pelan.

Kedua, kencangkan  tali di bagian belakang. Sebaiknya jangan sambil berdiri tegak. Bungkukkan badan ke depan, baru kencangkan.

Ketiga, kencangkan tali di bagian dada. Hal yang sangat penting di sini adalah kamu harus tahu jenis tas yang dipakai.

Kencangkan Tali Di Bagian Belakang
Menikmati indahnya alam – (Foto: @ndyafs)

Keempat; sesuaikan tali ransel sehingga setara dengan punggung sehingga terasa nyaman di pundak. Usahakan bagian bawah ransel tidak melewati pinggang dan berikan jarak kira-kira 3 cm lebih tinggi dari pinggul.

Kelima; jangan biarkan ransel bergoyang dari satu sisi (kiri ataupun kanan) karena bisa menyebabkan gesekan pada pundak dan punggung.

Sesuaikan Ukuran Tas Gunung Dengan Kemampuan
Nyaman dan aman – (Foto: @stefanienkna)

Keenam; sesuaikan ukuran tas gunung dengan kemampuan kamu biar lebih nyaman saat melakukan aktivitas selama pendakian.

 

Share.