Pendakicantik.com – Bule Rusia, Yuri, mengaku jika dirinya tidak tahu kalau Gunung Agung di Karangasem, Bali adalah kawasan suci.

Yuri merupakan bule Rusia yang berfoto sambil buka celana di puncak Gunung Agung, Karangasem, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Gunung Ile Lewotolok Saat Ini Masih Berstatus Waspada Level 2

Bule Rusia yang akhirnya viral via akun Instagram pribadinya @chila_brazila itu mengakui perbuatannya sebagai sebuah kekeliruan dan kesalahan yang fatal, sehingga melukai masyarakat Bali.

“Yuri sudah meminta maaf. Kejadian itu atas ketidaktahuan Yuri terkait adat istiadat, aturan, dan norma yang kita pegang teguh. Hari itu Yuri mendaki Gunung Agung bersama teman tanpa guide lokal. Satu orang di antaranya pernah mendaki namun ia turun lebih dulu tinggalkan Yuri di atas sehingga terjadi kejadian itu,” ungkap Niluh Djelantik dilansir dari Detik, Jumat (24/3/2023).

Bule Rusia, Yuri Naik Gunung Agung Tanpa Pemandu Lokal dan Tidak Tau Kawasan Suci

Ia mengungkapkan dirinya bisa bertemu Yuri atas bantuan Gede Eka, pria pemilik rental motor yang disewa Yuri saat berada di Bali.

Baca juga: Yuri, WNA Rusia Minta Maaf dan Siap Dideportasi Pasca Foto Buka Celana di Gunung Agung

Naik Tanpa Pemandu Lokal

Merasa bertanggung jawab atas apa yang dilakukan Yuri hingga viral, Gede Eka mengantar Yuri bertemu Niluh Djelantik di rumahnya untuk klarifikasi.

“Yuri menyewa motor Bli Eka (Gede Eka). Karena itu Bli Eka menyarankan Yuri untuk bertemu mbok (Niluh Djelantik),” tulisnya via pesan, Jumat (24/3/2023).

Dalam pertemuan itu, mereka membuat video klarifikasi, menjelaskan perihal pria plontos itu naik ke puncak Agung tanpa ditemani pemandu lokal. Dalam video yang dilihat detikBali itu, Niluh Djelantik mengungkap penyesalan Yuri atas perbuatannya.

Atas perbuatannya, Yuri mengaku siap dideportasi apabila terdapat pelanggaran sesuai aturan keimigrasian. Ia juga menyanggupi akan menanggung upacara pembersihan di Gunung Agung sesuai kepercayaan masyarakat setempat.

“Sekarang kembali lagi ke kita. Jika ada orang melakukan kesalahan, yang sama sekali dia tidak tahu mengapa kesalahan itu dia lakukan, kembali lagi ke kita. Bagaimana kita memaafkannya, dan menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran berikutnya,” ungkapnya.

Bule Rusia, Yuri Naik Gunung Agung Tanpa Pemandu Lokal dan Tidak Tau Kawasan Suci 
Foto: Pendaki Cantik –

“Dan juga kita bisa meminta Yuri untuk menyampaikan pesan-pesan kepada wisatawan yang lainnya untuk tidak lagi mengulangi jadi seperti itu,” jelasnya lagi.

Niluh Djelantik berharap agar Yuri bisa menyampaikan kepada warga senegaranya untuk berprilaku baik selama berwisata di Bali, maupun daerah lain di Indonesia. Termasuk jika ingin bekerja dan membuka usaha di Bali atau daerah lain di Indonesia, harus ikuti peraturan yang berlaku dalam hal ketenagakerjaan maupun perizinan.

Share.