Pendakicantik.comGunung Kilimanjaro kebakaran dan hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak berwenang setempat.

“Sebuah insiden kebakaran terjadi di Gunung Kilimanjaro di Tanzania, puncak tertinggi di Afrika,” setelah dikonfirmasi sejumlah pejabat pada Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga: Ada Begal Gunung di Gunung Merbabu; Perhatikan Tips dari BTNGMb

Komisaris untuk Konservasi Taman Nasional Tanzania (TANAPA), William Mwakilema, menjelaskan memang benar terjadi kebakaran di beberapa bagian gunung yang juga dijuluki sebagai “atap Afrika” itu.

Bukit Kifunika di Gunung Kilimanjaro kebakaran, Penyebab Belum Diketahui

“Petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan ke gunung tersebut untuk memadamkan api,” ungkap Mwakilema kepada Xinhua saat dihubungi melalui telepon.

Baca Juga: Pulau Nailaka: Surga Tersembunyi di Pulau Tak Berpenghuni

Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

TANAPA merilis pernyataan singkat pada Sabtu sore yang menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada Jumat 21 Oktober malam waktu setempat.

“TANAPA yang bekerja sama dengan pemerintah bekerja keras untuk memadamkan api,” jelas Mwakilema yang berada di Dar es Salaam, ibu kota komersial Tanzania, untuk menghadiri pembukaan resmi Pameran Pariwisata Internasional Swahili edisi keenam.

“Penyebab kebakaran masih belum diketahui,” ujarnya dalam pernyataan yang ditandatangani Catherine Mbena, petugas konservasi senior bidang komunikasi TANAPA.

Bukit Kifunika di Gunung Kilimanjaro kebakaran, Penyebab Belum Diketahui
Foto: Pendaki Cantik –

Pernyataan itu diungkapkan petugas pemadam kebakaran dari Pasukan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tanzania (Tanzania Fire and Rescue Force) bekerja sama dengan jagawana TANAPA, polisi, dan College of African Wildlife Management di wilayah Kilimanjaro untuk memadamkan api.

Baca Juga: Info Pendaki: Gunung Bismo via Sikunang Tutup Sementara

Kebakaran terjadi di Bukit Kifunika

Kilimanjaro, puncak tertinggi Afrika merupakan gunung dengan ketinggian hampir 6.000 meter di atas permukaan laut. Kebakaran terjadi di Bukit Kifunika, Gunung Kilimanjaro. Api berhasil dihentikan penyebarannya oleh 500 sukarelawan.

Sebelumnya pada Oktober 2020, sebuah insiden kebakaran terjadi di gunung tersebut dan menghancurkan 95,5 kilometer persegi vegetasi dan 12 pondok, dua toilet, serta peralatan tenaga surya yang digunakan oleh wisatawan yang mendaki gunung.

Bukit Kifunika di Gunung Kilimanjaro kebakaran, Penyebab Belum Diketahui
Foto: Pendaki Cantik – @KilimanjaromountainguideJerome

Gunung Kilimanjaro, salah satu destinasi wisata terkemuka di Tanzania, terletak sekitar 5.895 meter di atas permukaan laut. Sekitar 50.000 pendaki dari seluruh dunia berupaya mencapai puncak gunung itu setiap tahunnya.

Share.