#PendakiCantik – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mengingatkan pada masyarakat agar waspada akan potensi bencana erupsi Gunung Raung.

Sebagai upaya kewaspadaan terhadap ancaman bencana tersebut, BPBD Jatim juga menggelar rapat koordinasi melibatkan tiga daerah, yakni Jember, Bondowoso dan Banyuwangi.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Gatot Soebroto menjelaskan, giat sosialisasi yang dilakukan itu merupakan upaya BPBD melakukan kesiapsiagaan menghadapi erupsi Gunung Raung.

Melibatkan Semua Pihak

BPBD Jatim Ingatkan Masyarakat Soal Potensi Erupsi Gunung Raung
Foto: Pendaki Cantik – @diyanasiregar

Dalam keterangannya, Gatot mengatakan bahwa pihaknya melibatkan berbagai unsur pentahelix dari tiga daerah yang berpotensi terdampak erupsi.

Dengan koordinasi itu, diharapkannya ada langkah kontijensi, siapa melakukan apa. Sehingga, upaya pengurangan risiko bencana bisa dilakukan dan jatuhnya korban bisa dihindari.

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Umi Zahro mengapresiasi upaya BPBD Jatim dim melakukan koordinasi kesiapsigaan yang melibatkan berbagai unsur dari tiga daerah terdampak.

la berharap, upaya kesiapsigaan itu dilakukan lebih detail hingga ke level desa dengan membentuk desa tangguh bencana.

Umi juga mengaku siap mem-backup kebutuhan penganggaran untuk kegiatan mitigasi, kebutuhan peralatan dan langkah kesiapsiagaan Gunung Raung.

Perhatian Diapresiasi

BPBD Jatim Ingatkan Masyarakat Soal Potensi Erupsi Gunung Raung
Foto: Pendaki Cantik – @novi_ekasulistia

Kepala Bakorwil Jember, R. Tjahjo Widodo juga mengapresiasi perhatian dan langkah Komisi E DPRD Jatim tersebut.

la berharap, pasca rakor itu ada rekomendasi strategis yang bisa diambil sebagai langkah pencegahan dan kesiapsiagaan sebelum erupsi terjadi.

Hadir sebagai pemateri, Anggota Komisi E DPRD Jatim Umi Zahro, Dandim 0824 Letkol Inf La Ode M Nurdin, dan Kapolres Jember AKBP Arif Rahman A.

Hadir pula Kepala Pos Pemantau Gunung Api Raung Mukijo, Tenaga Ahli Universitas Jember Dr Ir Gusfan Halik dan Kelompok Riset Mitigasi Bencana Hidrometeorologi, Geologi dan Perubahan Iklim Unej, Firman Saudi.

Share.