Bogor Fruit Garden: Kawasan Edukasi dan Tempat Healing yang Menyenangkan

Bogor Fruit Garden: Kawasan Edukasi dan Tempat Healing yang Menyenangkan
Foto: Pendaki Cantik - @bogorfruitgarden

Pendakicantik.com – Bogor Fruit Garden merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai aktivitas yang menarik, seperti melihat aneka tanaman sampai memberi makan rusa.

Bogor Fruit Garden berada di dalam kawasan Pondok Pesantren Modern Sahid Bogor. Daerah Pamijahan sebenarnya belum seramai wisata Puncak dan sekitarnya, sehingga sangat cocok dikunjungi buat yang ingin mencari ketenangan atau tempat healing.

Baca Juga: Dieng Culture Festival akan Digelar di Dataran Tinggi Dieng; Waspada Penipuan Tiket

Bogor Fruit Garden memiliki fungsi utama sebagai kawasan edukasi. Ada berbagai kegiatan agro wisata yang tidak kalah menarik untuk dicoba di tempat ini.

Bogor Fruit Garden || Taman Bermain, Rekreasi dan Edukasi

Belajar Aneka Jenis Tumbuhan

Pengunjung bisa melihat dan juga mempelajari beragam jenis tumbuhan bunga, tanaman buah-buahan dalam pot (tabulampot), dan tanaman herbal di lahan seluas kurang lebih tiga hektar ini.

Kebunnya juga tidak memiliki sekat atau pembatas sehingga pengunjung bisa merasakan dan melihat secara langsung tanaman-tanaman dalam jarak dekat.

Di sana disediakan juga sebuah papan bertuliskan infomasi terkait masing-masing tanaman yang tentunya bisa menambah pengetahuan.

Baca Juga: Vaksin Booster Berlaku 17 Juli 2022 jadi Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh

Spot Foto Instagramable

Pihak pengelola menyediakan sejumlah spot foto yang cantik di Bogor Fruit Garden. Ada balon udara, ban-ban, kursi taman, hingga dekorasi berupa kotak berbentuk Instagram, bisa menjadi spot pilihan yang menarik untuk berfoto.

Secara umum, aneka bunga di taman ini terlihat cantik dam menarik untuk dibuat konten.

Bogor Fruit Garden: Kawasan Edukasi dan Tempat Healing yang Menyenangkan
Foto: Pendaki Cantik – @bogorfruitgarden

Berinteraksi dengan Berbagai Jenis Hewan

Jika sudah puas berkeliling kebun, pengunjung terutama anak-anak yang suka mengeksplorasi hewan bisa menuju area mini zoo bogor Fruit Garden.

Ada beberapa jenis hewan yang bisa diajak berinteraksi langsung bersama pengunjung, diantaranya seperti ayam kate, ayam mutiara, merpati kipas, kelinci, dan aneka reptil.

Khusus untuk aneka reptile, di sini pengelola menyediakan pertunjukan reptil seperti iguana dan ular sekaligus disertai pemberian informasi dari Komunitas Hewan Bojong Gede dan Animals Education and Socialization.

Makan di Kafe

Pengunjung bisa menikmati aneka kuliner di Le Gimutis Café dengan pilihan makanan lokal hingga western, seperti ikan nila, kangkung, dan sandwich isi daging.

Sambil makan, mata pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan panorama pegunungan dan hamparan taman hijau yang indah.

Rencana ke depannya, pengunjung anak-anak bisa melakukan kegiatan edukatif lain seperti merangkai bunga, kelas memasak, atau belajar berkebun.

Baca Juga: Gunung Kendil: Tempat Wisata yang Ramah untuk Pendaki Pemula

Memberi Makan Rusa

Setelah sekitar dua jam di dalam Bogor Fruit Garden, sudah saatnya mengeksplorasi bagian luar wisata taman ini.

Jika mengambil paket wisata tertentu dengan biaya mulai Rp 75.000, pengunjung bisa mengikuti kegiatan seperti salah satunya memberi makan rusa dan melihat budidaya lele.

Mengendarai kereta wisata, pengunjung akan dibawa menuju dua jenis rusa di penangkaran, yang salah satunya adalah rusa Totol atau Axis axis, sama jenisnya dengan yang ada di Kebun Raya Bogor.

Menurut pengelola, total terdapat 72 ekor rusa yang bisa dilihat dan dikunjungi. Tak lupa, rusa ini dapat diberi makan dengan daun khusus yang telah disiapkan oleh petugas.

Bogor Fruit Garden: Kawasan Edukasi dan Tempat Healing yang Menyenangkan
Foto: Pendaki Cantik – @bogorfruitgarden

Melihat Green House

Tidak jauh dari Bogor Fruit Garden, ada green house atau rumah kaca yaitu sebuah tempat yang dibentuk untuk merawat tanaman terhadap berbagai macam cuaca.

Di kawasan Sahid ini, pengunjung bisa melihat-lihat dan mempelajari proses tanaman cabai yang ditanam di dalam rumah kaca tersebut.

Untuk saat ini, kelompok dari perusahaan atau lembaga tertentu juga bisa menitipkan produksi untuk budidaya cabai.

Menginap di Guest House

Jika ingin menghabiskan waktu seharian untuk istirahat dan melepas penat dari hiruk-pikuk kota, pengunjung bisa menginap di kawasan yang sama yaitu di Adiroso Executive Guest House by Sahid.

Mengangkat konsep guest house modern, kamar di dalam penginapan ini dibanderol mulai Rp 300.000. Tempat penginapan ini dilengkapi dengan fasilitas di Adiroso seperti AC, TV, ruang keluarga, paket sarapan, ruang makan, sofa, hingga mushala.

Tak hanya itu, pemandangan gunung dan landskap Kabupaten Bogor di depan guest house juga dapat menyegarkan mata.

Bogor Fruit Garden: Kawasan Edukasi dan Tempat Healing yang Menyenangkan
Foto: Pendaki Cantik – @bogorfruitgarden
Artikel SebelumnyaDieng Culture Festival akan Digelar di Dataran Tinggi Dieng; Waspada Penipuan Tiket
Artikel BerikutnyaGunung Kidul; Jumlah Wisatawan Meningkat, Pantai Destinasi Favorit saat Liburan