#PendakiCantik – Arus turun gunung usai merayakan HUT ke-75 RI di Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat diwarnai oleh peristiwa cederanya belasan pendaki.

Mereka terpaksa harus mendapatkan pertolongan dan dievakuasi oleh Tim SAR setempat agar bisa turun dengan selamat.

Selama tiga hari berturut-turut Tim SAR harus mengevakuasi sekitar 15 orang pendaki sejak tanggal 17 hingga 19 Agustus 2020.

Ada Pendaki yang Pingsan

 

View this post on Instagram

 

Alhamdulillah, Terimakasih SAR PENANGGUNGAN Info @sarpenanggungan Dokumentasi Evakuasi Korban terjatuh di area bawah Goa Sriti tanggal 17 Agustus 2020. Kita sebagai pengelolah pos pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng sudah mengupayakan semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kecelakaan diatas khususnya dijalur yang berbahaya mulai dari briefing dan pemberitahuan untuk menambah logistik air guna menunjang kebutuhan stamina pendaki. Tujuan briefing adalah untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti terjatuh, barang hilang, dan kehabisan logistik. Kita tidak bisa menjamin semua turun dengan selamat tetapi jika terjadi apa-apa diatas kami selalu siap dan kami tidak akan lepas tanggung jawab. Semua hal di dunia ini diciptakan untuk berpasang-pasangan, LAKI – LAKI diciptakan berpasangan dengan PEREMPUAN, ada KEBENARAN dan ada KESALAHAN, ada KEBAIKAN juga pasti ada KEBURUKAN, tidak semua orang bisa menerima KEBAIKAN seseorang, seperti kata pepatah mengatakan “1000 KEBAIKAN akan terhapus oleh 1 KESALAHAN” jika kita melihat seseorang dari keburukan saja pantaskah kita sebagai manusia yang mempunyai kesalahan menilai seseorang dari kesalahannya saja tanpa melihat kebaikan yang dilakukan. Tetap semangat buat SAR PENANGGUNGAN SALAM LESTARI 🌿

A post shared by PENDAKI GUNUNG INDONESIA (@exploregunung_) on

Kepala SAR Padang, Asnedi menjelaskan bahwa rata-rata para pendaki mengalami cedera di kaki. Bahkan pada malam 17 Agustus ada pendaki yang kelelahan dan tidak sadarkan diri.

Asnedi menyebutkan pendaki asal Pariaman berusia 18 tahun yang tak sadarkan diri tersebut dievakuasi dalam keadaan selamat. Tim bahu-membahu membopong pendaki itu turun.

Seluruh pendaki Gunung Talang yang cedera, lanjutnya, sudah dievakuasi menuju posko pendakian Gunung Talang Air Batumbuak, dengan kondisi selamat.

Ribuan Pendaki Mendaki Gunung Talang

Laporan terakhir masih ada sisa 30 orang yang berada di atas gunung. Asnedi menambahkan, mereka saat ini juga dalam perjalanan turun.

Dari data pengelola pendakian Gunung Talang yang diperoleh Tim SAR Padang, terdapat sekitar 6.500 total pendaki yang menanjak gunung setinggi 2.597 Meter di Atas Permukaan Laut (MdPL) itu.

Jumlah tersebut melebihi kapasitas yang dikatakan oleh pengelola pendakian Gunung Talang.

Pihak pengelola pendakian pada 16 Agustus 2020 menyebut akan membatasi jumlah pendaki hanya berjumlah 6.000 orang.

Sebelumnya, salah seorang pengelola pendakian Gunung Talang, Yahdi mengatakan pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung jika terlalu membludak.

Pendaki Terjatuh di Gunung Penanggungan

Belasan Pendaki Gunung Talang Dievakuasi Tim SAR Karena Cedera
Foto: Pendaki Cantik – @sarpenanggungan

Sementara itu di Gunung Penanggungan juga diinformasikan seorang pendaki harus dievakuasi pada tanggal 17 Agustus 2020.

Pendaki tersebut berhasil diselamatkan usai terjatuh di area bawah Goa Sriti. Tim SAR Penanggungan bergerak cepat usai mendengar peristiwa di jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng.

Melansir instagram @sarpenanggungan, mereka menyebutkan bahwa telah diupayakan semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kecelakaan tersebut.

Upaya yang dimaksud adalah dengan memberitahukan potensi bahaya di jalur-jalur tertentu mulai dari briefing hingga memastikan persedian air pendki cukup untuk menjaga stamina selama mendaki.

Share.