Kisah Arrohma Sukma, Tak Henti Mendaki dengan Satu Kaki

Pendaki Cantik: @arrohmasukmapmd

Kisah Arrohma Sukma, Tak Henti Mendaki dengan Satu Kaki
Permada Marga Dineta - Instagram

Pendaki Cantik – Pendaki cantik itu bernama Arrohma Sukma Permada Marga Dineta. Di kalangan pendaki, namanya sudah tidak asing lagi. Fotonya banyak dibagikan di media sosial, disertai kisah perjuangannya mendaki gunung dengan hanya satu kaki.

Beberapa waktu lalu, Arrohma Sukma bahkan diundang oleh Deddy Corbuzier ke acara Hitam-Putih untuk membagikan kisahnya. Sungguh sebuah pengalaman inspiratif berisi perjuangan dalam melakoni perjalanan hidup.

Ya, mendaki gunung telah menjadi hobi Arrohma Sukma sejak SMA. Namun, pada bulan Desember 2018, saat ia pulang ke rumah setelah kuliah, ia mengalami kecelakaan tabrak lari.

Kecelakaan itu membuatnya harus mengalami peristiwa berat: kaki kanannya harus diamputasi. Namun, hal itu tidak membuatnya putus asa. Ia kemudian bisa bangkit kembali, dan mulai mendaki gunung lagi.

BacaCegah Corona, Jalur Pendakian Gunung Everest Ditutup

Kisah Tentang Perjuangannya yang Menginspirasi

Baru-baru ini, sosoknya kembali viral setelah akun @jelajah_pendaki mengunggah kembali foto tentang pendakiannya.

Keterangan foto tersebut berisi kisah panjang Arrohma Sukma tentang bagaimana pergulatan yang dialaminya sebagai wanita difabel, setelah kakinya diamputasi.

“Dulu saya pernah berpikir setelah memutuskan untuk menerima proses amputasi kaki kanan demi melanjutkan hidup apakah masih bisa menjadi seorang wanita yang tetap bisa melanjutkan hidup dengan keadaan sedia kala?

Dilihat dari segi kondisipun sudah tidak seperti dulu lagi!

Bahkan saya pun sempat hampir frustasi & memutuskan mengurung diri di kamar setelah pulang dari RS selama 3 hari hanya dengan menyalahkan diri sendiri bahkan bertanya-tanya kenapa Allah memberikan ujian ini kepada saya disaat saya masih memiliki keinginan yang banyak & diusia yang masih sangat muda.

Dan siapa sangka teryata Allah benar2 memberikan jawaban disetiap saya bertanya kepadaNYA kenapa HARUS SAYA YANG MENGALAMI INI? KENAPA TIDAK ORANG LAIN SAJA?

Allah Memang hanya mengambil kaki kanan saya terlebih dahulu tetapi tidak dengan keluarga, sahabat, teman, saudara bahkan keceriaan yang selalu ada di raut muka ku setiap bertemu dengan orang lain.

Bahkan Allah pun selalu menujukan bahwa langkah yang ku ambil untuk menerima di amp bermanfaat langkah yang tepat sesuai dengan keinginan nya dan takdirku

Hingga hari demi haripun Allah benar2 memberikan mukjizat nya setelah saya yakin & percaya tentang surah Al quran ini:

ﻟَﺎ ﻳُﻜَﻠِّﻒُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻧَﻔْﺴًﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﻭُﺳْﻌَﻬَﺎ ۚ
Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya

Dari surah tersebut membuat diriku benar2 bisa bangkit dari keterpurukan tersebut.

Dan percaya bahwa Allah benar2 tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuanya
Bahkan Allah pun menujukan begitu banyak mukjizat dan kekuasaanya dibalik Ujian yang diberikan ini.

Teman2 ku sekalian teruntuk kalian yang membaca postingan ini, Selalu ingat lah bahwa Tuhan sudah mengatur jalan hidup masing2 setiap hambanya.”

Foto-foto Pendakian Arrohma Sukma

Puncak bukan tujuan utama, tetapi bisa turun dari gunung dengan keadaan sehat wal afiat dan bisa menurunkan ego diri sendiri adalah tujuan utama di setiap perjalanan. Demikian diungkapkan Arrohma Sukma dalam salah satu unggahannya.

Berikut ini sejumlah foto-foto pendakiannya yang diunggah kembali oleh Pendaki Cantik dari akun Instagramnnya, @arrohmasukmapmd.

Pendakian Gunung Andong

Arrohma Sukma di Gunung Andong
ID: @arrohmasukmapmd

Pendakian Gunung Merapi

Arrohma Sukma di Gunung Merapi
ID: @arrohmasukmapmd

Pendakian Gunung Penanggunan

Pendakian di Gunung Penanggunan
ID: @arrohmasukmapmd

Pendakian Gunung Papandayan

Pendakian Gunung Papandayan
ID: @arrohmasukmapmd

Pendakian Gunung Telemoyo

Pendakian Gunung Telemoyo
ID: @arrohmasukmapmd