Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung
Foto: Pendaki Cantik -

Pendakicantik.com – Mungkin kebanyakan pendaki berpikir bahwa fungsi porter hanya membantu mengangkut beban bawaan pendaki. Jasa para porter sangat berarti buat pendaki yang bawaannya banyak. Karena kadang bawaan yang sangat banyak membuat pendaki harus menyewa jasa porter untuk naik gunung.

Porter merupakan orang-orang yang biasanya dibayar untuk membantu membawa barang-barang para pendaki pada saat melakukan aktivitas pendakian gunung. Kadang kala para porter juga bertugas untuk menyiapkan makanan bagi para pendaki pada saat pendakian.

Untuk beberapa gunung di Indonesia, porter terkadang merangkap sebagai pemandu atau guide. Dan biasanya di tiap wilayah gunung biaya jasa porternya berbeda-beda.

Baca juga: IBU YUNI: SOSOK INSPIRATIF YANG DISEBUT SEBAGAI IBU PENDAKI

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @VisitMountRinjani

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung

Perlu diingat porter gunanya bukan hanyalah mengangkat barang bawaan sampai ke puncak. Kehadiran porter sangat membantu dan berguna buat para pendaki

Membantu Angkat Beban Bawaan

Semakin banyak kaki melangkah entah trek pendakian sulit atau biasa saja tetap saja membuat kaki lelah dan tubuh terasa capek. Apalagi ditambah dengan bawaan yang banyak makin membuat energi terkuras habis. Inilah gunanya porter yang sudah terbiasa bolak-balik membawa barang yang berat.

Menjaga Barang Tetap Aman

Fungsi porter bukan cuma membawa barang tapi juga menjaganya. Jadi, ketika si pendaki yang memakai jasa porter harus ke puncak, maka sang porter akan menjaga barang-barang supaya tetap aman.

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @rifkymaulanaaaa

Menjadi guide selama pendakian

Porter adalah guide terbaik dan terhandal selama pendakian. Para porter setiap saat selalu naik turun gunung jadi mereka benar-benar paham akan kondisi alam, gunung, atau apapun tentang gunung yang jadi tujuan pendakian.

Selain itu, mereka mengenalkan budaya masyarakat yang ada di sekitar gunung, sampai membantu kita menentukan apakah lanjut mendaki atau tidak karena cuaca.

Biasanya Warga Setempat

Sebagian besar porter selalu berasal dari desa setempat. Jadi mereka benar-benar paham keadaan gunung dan situasi sekitar gunung. Sebenarnya tak harus selalu warga setempat, tapi porter handal memang biasanya berasal dari desa setempat.

Alasan karena penduduk desa setempat sudah benar-benar tahu jalur dan trek pendakiannya. Mereka bahkan tiap hari naik turun gunung untuk bekerja. Tak ada yang tersesat dengan memakai porter sebab gunung sudah seperti taman bermain mereka sehari-hari.

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @ebiiet_

Gesit dan Super Kuat

Untuk menjadi porter sebenarnya tidak ada syarat khusus. Namun dua hal utama yang harus ada yakni kuat dan gesit. Tugas utama porter adalah membawa barang-barang para pendaki yang banyak. Maka mereka haruslah benar-benar kuat.

Gesit maksudnya mereka tak boleh lamban. Walau memanggul beban berat, para porter harus selalu di depan sebagai penunjuk jalan. Dan hal seperti ini bukan masalah buat mereka.

Humoris dan Ramah

Rata-rata para porter ini menyenangkan, humoris, dan ramah dengan para pendaki. Meskipun membawa beban berat, tapi bukan berarti hal ini memengaruhi para porter untuk menunjukkan attitude yang tak baik.

Perjalanan naik gunung itu berat, kalau bermuram durja maka makin berat kaki untuk melangkah. Mereka selalu hadir sebagai penyemangat buat pendaki untuk tetap kuat biar bisa sampai puncak.

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @MursalinLombok

Koki yang Handal

Selain gesit dan kuat, para porter juga memiliki keahlian memasak yang sangat dibutuhkan para pendaki. Terkadang selain disewa untuk membawa barang, mereka juga disewa untuk memasak.

Bangga dan salut untuk para porter. kadang para porter berusaha untuk sampai lebih dulu ke tempat tujuan. Bukan agar pekerjaannya cepat selesai, tapi untuk menghidangkan sepiring makanan bagi para pendaki yang lapar dan lelah.

Alasan Porter Sangat Diperlukan Saat Naik Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @MursalinLombok