Air Panas Tanah Merah dan Air Terjun Panas: Wisata Unik di Flores

Air Panas Tanah Merah dan Air Terjun Panas: Wisata Unik di Flores
Foto: Pendaki Cantik -

Pendakicantik.com – Pulau Flores selalu memberikan rasa kagum bagi siapapun yang pernah menjelajahi pulau dengan julukan Nusa Bunga ini. Salah satu dari keindahan alam yang masih tersembunyi di sana adalah air panas Tanah Merah.

Air panas tanah merah ini berada di Dusun Tanah Merah, Desa Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Flores.

Baca Juga: Diduga Ulah Pendaki Lupa Matikan Api, Gunung Penanggungan Terbakar

Air Panas Tanah Merah merupakan tempat kolam pemandian air panas yang masih alami.

Misteri Muncul Sumber Air Panas Di Tanah Merah, Maumere

Air Panas Tanah Merah dan Air Terjun Panas: Wisata Unik di Flores

Untuk bisa sampai ke tempat ini kamu perlu menempuh jarak 44 km dari Maumere ke Desa Talibura menggunakan kendaraan roda dua.

Baca Juga: Gunung Manglayang: View Cantik dan Makam Tua Tanpa Batu Nisan

Rute Perjalanan

Kamu akan menyusuri Jalan Trans-Flores yang di sisi kirinya menyuguhkan garsi Pantai Utara Maumere dan akan tiba di Desa Talibura. Di desa ini kamu akan menemukan papan nama berwarna cokelat bertuliskan ” Selamat Datang di Wisata Air Panas Tanah Merah “.

Papan nama terletak di sisi kanan badan jalan arah dari Maumere dan menjadi petunjuk untuk melewati jalan rabat beton yang berada di samping kiri papan nama. Dari pintu masuk jalan rabat beton baru bisa langsung masuk ke tempat wisata Air Panas Tanah Merah. Dari pintu masuk menuju air panas kira-kira berjarak 3 km.

Sepanjang perjalanan akan melalui rimbunan hutan bambu yang tumbuh di sisi kiri- kanan jalan dan kebun kakao milik warga. Suasana alamnya masih asri dan jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Sesekali kamu akan berpapasan dengan warga sehingga tidaklah sulit bertanya jika bingung akses menuju ke air panas.

Air Panas Tanah Merah dan Air Terjun Panas: Wisata Unik di Flores
Foto: Pendaki Cantik –

Akses jalan menuju air panas tanah merah tidak terlalu bagus alias jalan jelek sehingga perlu hati-hati. Terakhir akan tiba di Dusun Tanah Merah dan kendaraan akan diparkir di halaman Sekolah Dasar Negeri Tanah Merah. Dari tempat parkir kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1 km agar bisa sampai di Air Panas Tanah Merah.

Akses jalur setapak menuju lokasi cukup sulit dan licin sehingga harus hati-hati karena melewati sungai dan kembali menyusuri hutan bamboo. Kemudian ada sedikit mendaki dan melewati tebing yang lumayan terjal karena lokasi Air Panas Tanah Merah ini berada di lereng bukit.

Baca Juga: Pelajaran Berharga Dibalik Sulitnya Mendaki Gunung

Wisata Air Terjun Panas yang Unik

Saat tiba di Wisata Air Panas Tanah Merah, terlebih dahulu kamu akan disambut oleh air terjun sebelum kolam pemandian. Tapi perlu diingat, air terjunnya bukan air dingin tetapi air panas yang bisa membuat kulit melepuh.

Dari lokasi air terjun panas kamu akan menuruni anak tangga kayu yang dibuat masyarakat untuk memudahkan pengunjung.

Berdasarkan info dari penduduk di sana bahwa sebelumnya air terjun panas ini mengalir ke perkebunan warga; namun sekarang ini sudah beralih ke tebing.

Air Panas Tanah Merah dan Air Terjun Panas: Wisata Unik di Flores
Foto: Pendaki Cantik –

Setelah menuruni anak tangga, maka akan terlihat kolam pemandian air panasnya dan kolam pemandian ini aman untuk digunakan misalnya beredam kaki. Setelah berendam kamu akan merasakan badan akan rileks dan hangat

Jangan lupa jika ingin bertandang ke tempat ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan

  • Tidak boleh membuang sampah sembarangan
  • Siapkan perbekalan dari rumah karena di tempat wisata ini belum ada warung atau kios yang menjajankan makanan atau minuman.