8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik - @elmahrr

#PendakiCantik – Selama masa pandemi hampir semua tempat wisata termasuk jalur pendakian ditutup untuk sementara waktu. Di Jawa Timur ada 8 yang sudah dibuka.

Memang, pada masa tertentu selalu ada beberapa jalur pendakian atau bahkan gunung yang ditutup sementara. Penutupan pendakian ini bukanlah tanpa sebab dan tujuan.

Biasanya karena kondisi cuaca yang ekstrem seperti badai, angin puting-beliung, peningkatan aktivitas vulkanik atau erupsi, kecelakaan pendakian dan sebagainya.

Berikut informasi delapan gunung di Jawa Timur yang sudah kembali dibuka untuk pendakian.

  1. Gunung Arjuno-Welirang

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @mutiaraaft_

Gunung Arjuno dan Welirang telah dibuka kembali untuk pendakian per 5 September 2020 disertai dengan diterapkannya adaptasi kebiasaan baru (new normal) oleh pemerintah.

Pembukaan Gunung Arjuno – Welirang dengan menerapkan kuota pendakian dan penerapan protokol kesehatan dalam rangka memutus resiko penyebaran COVID-19.

Dilansir dari akun instagram @tahuraradensoerjo.official, Jalur pendakian yang dibuka untuk umum sementara ini antara lain jalur Gunung Arjuno via Lawang Kabupaten Malang, dan via Sumber Brantas, Cangar.

Jalur pendakian via Purwosari dan Tretes masih belum dibuka. Registrasi pendakian dilakukan secara daring melalui laman https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id

2. Gunung Bromo

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @sayyidatunnisa98

Gunung Bromo telah dibuka per 28 Agustus 2020 dengan penerapan protokol adaptasi kebiasaan baru (new normal).

Para pendaki dan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo, harus mengikuti prosedur standar protokol kesehatan secara ketat.

Di Kawah Gunung Bromo pengunjung masih tidak diperkenankan untuk menaiki tangga Kawah Bromo. Pengunjung juga dibatasi sebanyak 20 persen dari total kapasitas daya tampung biasa sebelum pandemi, atau sebanyak 739 orang per harinya.

Untuk pembelian tiket wisata Gunung Bromo dilakukan secara online, di laman https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

3. Gunung Semeru

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @salsabilaftr_

Setelah sekitar satu tahun ditutup, pendakian ke Gunung Semeru kembali dibuka, Kamis (1/10/2020) bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Saat ini, pendakian Gunung Semeru dibatasi sebanyak 120 orang per hari, atau 20 persen dari total kapasitas.

Bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru, harus melakukan booking online pada situs https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Selain itu, pendaki hanya diizinkan untuk melakukan perjalanan selama dua hari, satu malam. Pendaki juga wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter dan mematuhi standar protokol kesehatan.

Reaktivasi pendakian Semeru dapat ditutup kembali apabila didapati pelanggaran dalam SOP pendakian.

4. Gunung Ijen

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @anggi_frsfia

Jalur pendakian Gunung Ijen dan Wisata Kawah Ijen telah resmi dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan mulai 11 Juli 2020.

Pengunjung dibatasi hanya 225 wisatawan tiap harinya atau 50 persen dari kuota pengunjung sebelum masa pandemi.

Kuota dapat bertambah apabila terdapat progres positif penanganan kasus COVID-19. Para pengunjung juga wajib membawa surat hasil rapid test yang nantinya akan diperiksa oleh petugas terkait.

Bagi para pendaki yang hendak mendaki Gunung Ijen maupun ke kawahnya dapat memesan tiket secara online. Tiket dapat dipesan melalui laman https://ijenbluefire.bbksdajatim.org.

5. Gunung Kelud

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @efatur.rm_

Pada 8 Agustus 2020 Gunung Kelud via jalur pendakian Tulungrejo dan Karangrejo sudah dibuka kembali.

Pendaki diwajibkan tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dan diharuskan selalu gunakan masker dan jaga kebersihan diri, dikutip dari berbagai sumber.

6. Gunung Lawu

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @erma_indri

Gunung Lawu via Cemoro Sewu, via Candi Ceto, Cemoro Kandang, dan Singolangu resmi dibuka kembali berdasarkan Surat Edaran Bupati mengenai Bulan Suro satu Muharam yang dikeluarkan pada 18 Agustus 2020, dikutip dari instagram @pgl_cemorosewu.

Pembukaan untuk umum tentunya dengan menerapkan protokol adaptasi kebiasaan baru. Di masa transisi menuju normal baru ini, petugas juga membatasi jumlah pendaki Gunung Lawu dibatasi maksimal 500 orang.

Bagi para pendaki juga diwajibkan untuk membawa surat keterangan sehat, minimal tiga hari sebelum dilakukan pendakian.

7. Gunung Penanggungan

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @ratnsal

Seluruh jalur pendakian Gunung Penanggungan sudah dibuka kembali bagi para pendaki. Sebelumnya sempat ditutup sementara karena terjadi kebakaran pada 24 Agustus 2020.

Kini seluruh jalur pendakian Penanggungan (via Tamiajeng, via Jolotundo, via jalur Kedungudi, via Telogo) kini sudah dibuka kembali.

Bagi para pendaki selain harus menaati protokol kesehatan juga dilarang untuk membuat api unggun, membuang puntung rokok sembarangan dan jika menyalakan kompor dilarang dekat dengan rumput kering.

8. Gunung Pundak

8 Jalur Pendakian yang Sudah Dibuka di Jawa Timur
Foto: Pendaki Cantik – @dhikafebryna

Pendakian Gunung Pundak Mojokerto juga dibuka kembali dengan mematuhi standar protokol kesehatan pada 7 Agustus lalu.

Para pendaki juga diwajibkan untuk membawa surat keterangan sehat atau bisa juga surat hasil rapid test dengan hasil non-reaktif. Surat rapid test diwajibkan bagi calon pendaki berasal dari zona hitam.

Kuota harian untuk pendakian dibatasi hanya 250 orang. Kemudian, satu rombongan hanya boleh berisikan 10 orang pendaki. Registrasi pendakian dilakukan secara daring melalui laman https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id