7 Jalur Pendakian Gunung Slamet

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet
Foto: Pendaki Cantik - @na_saskiaa

Pendakicantik.com – 7 Jalur Pendakian Gunung Slamet – Gunung Slamet merupakan salah satu gunung berapiyang terletak di provinsi Jawa Tengah yang berbentuk kerucut tipe A. Dengan ketinggian 3.432 meter di atas permukaan laut (mdpl), menjadikan gunung sebagai gunung tertinggi kedua di wilayah Jawa Tengah setelah gunung Semeru.

Gunung Slamet terletak diantara lima (5) kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Purbalingga. Gunung ini mempunyai jalur pendakian yang landai yang seakan membuat pendakian itu terasa lama, jauh, tetapi santai.

Baca juga: BATU DINDING SAMBOJA; EKSOTIK DARI KUTAI KARTANEGARA

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet
Foto: Pendaki Cantik – @vinaraaaaa

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet

Kali ini akan dibahas secara khusus tentang 7 Jalur Pendakian Gunung Slamet. Mulai dari jalur paling sulit sampai pada jalur yang mudah. Untuk jalur atau trek pendakian gunung Slamet memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi sebab di sepanjang jalur tersebut merupakan jalanan yang terjal dan cukup rumit.

Tiap kawasan gunung memiliki beberapa jalur untuk bisa sampai di puncak; begitupun dengan gunung Slamet. Banyak jalur pendakian yang bisa dilalui untuk bisa sampai dan turun dari puncak. Dan perlu diingat bahwa tiap jalur yang dilewati ini mempunyai tingkat kesulitan plus pemandangan yang indah yang berbeda-beda.

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Guci

Jalur pendakian Guci merupakan jalur pendakian dengan trek yang memiliki tingkat kesulitan yang paling tinggi. Namun jalur ini merupakan jalur paling favorit bagi para pendaki karena di setiap treknya selalu ada bonus pemandangan yang cantik dan indah memanjakan mata.

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet
Foto: Pendaki Cantik – @mayanoviasofiani

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

Jalur pendakian via Bambangan adalah jalur yang paling bersahabat diantara jalur-jalur pendakian lainnya. Di sepanjang jalur ini kamu akan menemukan banyak warung yang menjual makanan. Jadi memudahkan dan meringan beban carrier para pendaki.

Buat para pendaki yang berencana ingin naik ke gunung Slamet dan memutuskan untuk melewati jalur ini, maka kamu dan rombongan tidak perlu membawa bekal makanan terlalu banyak.

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@eydinda

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Baturaden

Jalur pendakian via Baturaden merupakan jalur pendakian dengan estimasi waktu paling singkat. Tetapi untuk jalur pendakian ini justru sangat tidak disarankan atau tidak direkomendasikan untuk didaki oleh pendaki pemula.

Alasan jalur Baturaden tidak cocok untuk pendaki pemula karena di tiap trek pada jalur ini penuh dengan jalur yang ekstrem, terjal menanjak, bercabang, dan licin. Memilih melalui jalur ini berarti harus ekstra hati-hati, stamina harus kuat, dan harus pahamjalurnya sehingga tidak sampai celaka atau tersesat.

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Gunung Malang

Gunung Malang merupakan salah satu jalur pendakian yang dapat dan atau cocok untuk para pendaki pemula. Jalur ini sudah diresmikan oleh PA Gunung Slamet dan Perhutani. Sehingga buat pendaki yang ingin mencoba jalur ini tidak perlu kuatir karena aman.

Medan yang ditempuh masih tergolong mudah. Setelah melalui pos 3, selanjutnya sampai pos 5 di puncak gunung Malang treknya hanya akan menanjak terus. Kemudian setelah itu, akan dapat bonus trek dengan jalan menurun hingga sampai pos puncak gunung Slamet.

Gunung Slamet, Gunung Tertinggi Kedua di Pulau Jawa Setelah Semeru
Foto: Pendaki Cantik – @ipehcaem

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Sawangan

Jalur pendakian via Sawangan ini mempunyai estimasi waktu perjalanan yang lumayan lebih cepat dari jalur pendakian lainnya. Dimana waktu tempuhnya paling cepat yaitu sekitar 8 jam dan paling lama 10 jam perjalanan.

Untuk letak base campnya berada di Desa Sigedong. Jalur Sawangan ini berada di Kabupaten Tegal.

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Kaligua

Untuk jalur pendakian via Kaligua star awal dimulai dari memasuki wilayah perkampungan Dukuh Kaligua. Estimasi waktu perjalanan yaitu kira-kira sekitar 8 jam sampai dengan 10 jam perjalanan yang paling lama.

Jalur ini merupakan jalur pendakian yang jarang diminati oleh para pendaki. Pada jalur pendakian gunung Slamet via Kaligua ini menawarkan keasrian dari alam gunung Slamet.

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@kamilasakyna

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Kaliwadas

Jalur pendakian via Kaliwadas merupakan jalur yang sangat direkomendasikan untuk para pendaki pemula. Alasannya karena pada jalur ini trek pendakiannya sangat bersahabat bagi para pendaki yang baru mencona mendaki gunung.

Lokasi base camp Kaliwadas berada di Desa Dawehan kabupaten Brebes. Untuk waktu pendakian lumayan memakan waktu yang cukup lama yaitu 10 jam untuk pendakian paling cepat dan sekitar 12 jam pendakian yang paling lama.

Untuk pendaki senior atau yang sudah sering ke Gunung Slamet paling sering melalui jalur mana? Mudah-mudahan ulasan tentang 7 Jalur Pendakian Gunung Slamet ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan rekondasi buat para pendaki pemula yang ingin menggapai puncak gunung Slamet.

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet
Foto: Pendaki Cantik – @melinataa