7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik - @tashianas

#PendakiCantik – Pendakian Gunung Prau sudah dibuka sejak bulan lalu. Jika kamu bingung hendak lewat mana, jalur pendakian Igirmranak bisa jadi pilihan terbaik.

Dari berbagai jenis jalur pendakian menuju puncak Gunung Prau, jalur ini terhitung cukup populer karena beberapa keunggulan yang dimilikinya.

Adapun, Gunung Prau memiliki sejumlah basecamp yang bisa dilalui para pendaki, di antaranya Patakbanteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Oleh karena telah dibuka untuk umum, pendakian Gunung Prau pun kembali ramai, khususnya via basecamp Patakbanteng dan Wates.

Berikut ulasan terkait beberapa hal menarik terkait jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak yang wajib kamu tahu.

1. Masih sepi pendaki

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @rulli_hidayati

Alasan pertama mengapa Igirmranak dapat menjadi alternatif pendakian Gunung Prau adalah karena jalur ini masih sepi pendaki.

Pendaki Gunung Prau selama ini biasanya melalui jalur yang ramai pendakian, misalnya basecamp Patakbanteng dan Wates.

Jika kamu ingin bebas antre, pilih jalur Igirmranak karena masih sepi. Kamu bisa lebih menikmati keindahan alam sepanjang pendakian dan lebih leluasa untuk sampai puncak.

2. Ada ojek sampai Pos 1

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @meymyname

Mereka yang ingin menghemat tenaga saat pendakian, jalur Igirmranak punya solusinya. Pihak basecamp menyediakan jasa ojek motor hingga Pos 1.

Ada jasa ojek sampai Pos 1. Harganya Rp 25.000. Pada awal pendakian yaitu dari basecamp ke Pos 1 Curug Gamelan, jarak tempuhnya sekitar 2 kilometer (km).

Jalur ini dikenal sebagai jalur yang paling panjang dan treknya jauh. Namun, kondisi jalur yang akan dilalui pendaki adalah perkebunan sayur warga dengan pijakan tanah yang sudah disemen.

Oleh karena itu, meski terbilang panjang dan jauh, para pendaki tetap akan merasa nyaman. Namun akan jauh lebih nyaman lagi apabila menggunakan jasa ojek sepeda motor hingga Pos 1.

3. Basecamp di atas awan

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @ericafebri

Basecamp Igirmranak juga memiliki keunggulan lain yaitu letaknya yang berada di dataran tinggi. Oleh karena itu, pendakian sampai puncak Gunung Prau pun tak memakan waktu lama, hanya sekitar 4-5 jam.

Saat tiba di basecamp, para calon pendaki akan disambut dengan hawa dingin dan sejuk khas pegunungan.

Selain itu, pemandangan awan akan terasa lebih dekat denganmu karena lokasi basecamp ini berada di dataran tinggi.

4. Ada fasilitas WiFi di basecamp

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @andiannsyah

Para calon pendaki yang mendaki lewat Igirmranak akan disuguhkan dengan beragam fasilitas yang tersedia.

Mulai dari lahan yang luas, bersih, dan nyaman hingga ada fasilitas tambahan, salah satunya Wi-Fi.

Ada pula beberapa warga lokal yang menyediakan penginapan jika pendaki ingin berlama-lama di sekitar basecamp.

5. Kondisi jalur nyaman

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @miayuniarti

Jika kamu pendaki pemula, jalur ini bisa menjadi rekomendasinya. Itu karena sepanjang jalur pendakian terdiri dari kombinasi antara semen dan tanah.

Tanjakan terjal menjadi tidak melelahkan karena kondisi jalur. Bagi kamu yang sudah lama tidak mendaki atau baru pertama mendaki gunung, bisa memilih jalur ini sebagai alternatifnya.

6. Ada mata air sampai Pos 2

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @muslimahpetualangan

Jalur Igirmranak memiliki keistimewaan lain yaitu tersedianya mata air hingga Pos 2. Mata air merupakan hal yang paling dinantikan para pendaki untuk mengisi cadangan minum.

Tak perlu khawatir ketika mendaki Gunung Prau lewat Igirmranak, pasalnya mata air di sini terbilang banyak, bahkan sampai Pos 2.

Jika kamu sudah kehabisan cadangan air ketika berjalan antara basecamp ke Pos 1, kamu bisa mengisinya untuk perjalanan ke Pos 2. Sampai di Pos 2, kamu bisa kembali mengisi cadangan air untuk Pos 3 atau pos terakhir pendakian.

7. Sunrise dan sunset sepanjang jalur

7 Hal Menarik Mendaki Gunung Prau via Igirmranak
Foto: Pendaki Cantik – @munggahgunung.id

Keunikan lainnya yang akan ditemukan pendaki via Igirmranak adalah, pendaki dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro di sepanjang perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2.

Pemandangan ini, mungkin tidak akan kamu dapatkan jika mendaki di jalur lainnya. Pemandangan Gunung Sindoro yang terlihat sepanjang perjalanan akan menemanimu kala istirahat.

Apabila cuaca bagus, lautan awan berpadu birunya langit akan terlihat sempurna, seakan menjadi bonus tambahan mendaki lewat Igirmranak.

Saat sunrise, para pendaki tak hanya bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro saja. Gunung Sumbing juga akan terlihat di belakangnya.