5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik - @melati0126___

#PendakiCantik – Sebagai salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci menjadi tempat wajib untuk didaki. Selain itu, di sekitar gunung ini terdapat juga tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Apabila kamu datang dari luar pulau Sumatra dan hendak menjajal keindahan alam Gunung Kerinci, kamu bisa menggunakan pesawat tujuan Jambi atau Padang.

Setelah sampai di tempat tujuan, selanjutnya kamu bisa melakukan perjalanan darat untuk bisa sampai ke kawasan Gunung Kerinci.

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik – @desipurwanti25

Pendakian Gunung Kerinci dimulai dari Pintu Rimba di ketinggian 1.800 mdpl. Selanjutnya pendaki harus melintasi tujuh pos untuk sampai di Puncak Kerinci.

Medannya di awal pendakian berupa hutan yang masih rimbun tak begitu menanjak. Sementara tanjakan baru terasa begitu melintasi Shelter I hingga puncak.

Jalur pendakian ke puncak Kerinci tentu sangat panjang, mengingat tingginya gunung ini. Biasanya pendaki menghabiskan waktu tiga hari empat malam untuk sampai ke puncaknya.

Di sekitar Gunung Kerinci ada delapan objek wisata yang populer dikunjungi turis, baik domestik maupun mancanegara, apa saja? Berikut ulasannya:

1. Rawa Bento

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik – @ayufitri_7

Rawa Bento berada di ketinggian 1300 mdpl dan memiliki luas mencapai 1000 hektar. Rawa yang dipercaya sebagai rawa tertinggi di dunia ini tawarkan keindahan yang begitu luar biasa.

Sesuai namanya, Rawa Bento ditumbuhi banyak tumbuhan air yang oleh penduduk sekitar disebut bento. Air di rawa ini bersifat tawar dan mengalir dari gugusan pegunungan di Kabupaten Kerinci.

Beberapa pendapat menyatakan tempat ini dulunya merupakan danau, sebelum mengalami pendangkalan hingga berubah menjadi rawa.

Perubahan alam tersebut justru hasilkan pemandangan menarik. Area sekitar rawa jadi tampak hijau segar berkat hamparan rumput bento. Tak heran jika banyak wisatawan lantas tertarik datang ke sini

2. Goa Kasah

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik – @desipurwanti25

Goa Kasah merupakan salah satu situs prasejarah di Kabupaten Kerinci. Goa ini diperkirakan menjadi tempat tinggal bagi manusia purba pada zaman dahulu.

Terdapat beberapa lukisan dan tulisan di dinding goa, serta kursi batu dan juga kamar dengan batu yang menyerupai tempat tidur.

Untuk menuju goa, pengunjung harus terlebih dahulu menuju ke Desa Sungai Simpun. Hal ini dikarenakan Desa Renah Kasah hanya bisa dilalui dengan sepeda motor atau berjalan kaki.

Dari Desa Sungai Simpun ke Desa Renah Kasah wisatawan akan dihadapkan dengan berbagai medan mulai jalanan rawa yang diberi landasan papan-papan, persawahan penduduk, serta perbukitan dan juga ladang.

Kurang lebih perjalanan tersebut akan memakan waktu 45 menit. Disarankan wisatawan mempersiapkan diri karena perjalanan ini cukup melelahkan.

3. Bukit Khayangan

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik – @nabila_aulia_putri04

Bukit Kayangan adalah sebuah bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebuah daerah yaitu Kerinci.

Saat cuaca cerah, pengunjung dapat menyaksikan Kota Sungai Penuh dan Danau Kerinci yang indah dari Puncak Bukit Kayangan.

Pada saat berkabut atau mendung Bukit Kayangan juga menakjubkan seperti di kayangan. Deretan Bukit Barisan berselimut awan, seperti negeri kayangan tempat para dewa.

Di ketinggian 1500 mdpl, pengunjung akan merasakan dekat dengan awan, laksana dewa yang turun ke bumi.

Pengunjung bisa melihat hamparan yang maha luas seperti Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Danau Kerinci dan landscape Kota Sungai Penuh terlihat dalam satu kesatuan indah yang tertumpah di utara dan timur.

4. Air Panas Semurup

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik – @serli_chen98

Air Panas Semurup terletak di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Air Panas Semurup yang berupa kolam ini memiliki kedalaman 5 meter. Akan tampak air berwarna kebiruan yang sangat tenang, mengeluarkan asap seraya menunjukkan suhu tinggi sekira 80 derajat celcius.

Menurut warga setempat, dahulu suhu air mencapai 100 derajat celsius. Berapa pun angka suhu, tempat tersebut tetap mengagumkan dan sangat menarik ketika membayangkan ada titik sepanas ini di dataran setinggi 800 mdpl.

Air balerang diketahui memiliki manfaat kesehatan, seperti mengobati penyakit kulit dan reumatik.

Akan tetapi, di Air Panas Semurup, kamu tidak boleh menceburkan diri begitu saja. Kolam tersebut dijaga ketat dengan pagar berduri dan pintu yang digembok. Untuk memasukinya, butuh izin petugas setemppat.

5. Taman Nasional Kerinci Seblat

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Kerinci
Foto: Pendaki Cantik – @desipurwanti25

Menjadi puncak tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci berdiri di atas ketinggian 3.805 mdpl. Dari atas puncaknya, pendaki bisa memandangi panorama kota Jambi, Padang, sampai Samudera Hindia.

Gunung ini juga dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat yang menjadi habitat Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, sampai Badak Sumatera.

Taman Nasional Kerinci Seblat berada di empat Provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

UNESCO menasbihkan taman nasional sebagai Situs Warisan Dunia. Namun karena alamnya yang semakin rusak, sejak tahun 2011 masuk dalam daftar Terancam.