5 Gunung yang Direkomendasikan Fiersa Besari untuk Pendaki Pemula

#PendakiCantik – Penulis buku Garis Waktu, Fiersa Besari di channel youtube pribadinya merekomendasikan 5 gunung yang cocok didaki pendaki pemula.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar mendaki gunung setelah sekian lama mengikuti protokol kesehatan untuk #dirumahaja selama beberapa bulan terakhir, bersiap-siaplah.

Kebijakan diberlakukannya New Normal akan segera diterapkan di Indonesia yang artinya akan membuat sejumlah tempat wisata termasuk jalur pendakian akan dibuka kembali.

Bagi kamu yang penasaran dengan sensasi mendaki gunung namun belum memiliki cukup pengalaman alias pendaki pemula, berikut 5 gunung yang bisa kamu jajaki.

Rekomendasi dari Fiersa Besari ini mungkin dapat dipertimbangkan, sebab selain menulis buku dan membuat lagu dia juga sering mendaki gunung. Apa saja nama-nama gunung yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini:

Gunung Ijen

5 Gunung yang Direkomendasikan Fiersa Besari untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Gunung/@fiersabesari

Kawah ijen adalah Gunung yang sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula karena mempunyai pemandangan yang sangat cantik.

Gunung ini memiliki blue fire yang hanya terdapat di dua tempat di dunia dan salah satunya ada di Kawah Ijen.

Tak heran, Kawah ijen sudah terkenal hingga ke mancanegara dan gunung ini juga banyak didatangi oleh bule.

Jalur pendakiannya juga tergolong mudah dan sudah banyak mendapat campur tangan manusia, ada pagar dan tangga yang semakin memudahkan pendakian.

Fiersa Besari menyarankan untuk menyewa atau membawa masker karena disana terdapat gas beracun dari kawah yang sangat mengganggu.

Blue fire hanya bisa dinikmati di malam hari atau saat fajar belum terbit, lalu kamu bisa terus mendaki ke puncak untuk menikmati sun rise yang sangat luar biasa.

Pemandangan kaldera atau kawahnya sangat cantik.

Gunung ijen terletak di Jawa Timur tepatnya di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso dengan ketinggian sekitar 2.386 mdpl.

Danau Gunung Tujuh

5 Gunung yang Direkomendasikan Fiersa Besari untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Gunung/@fiersabesari

Lokasinya berdekatan dengan Gunung Kerinci, di Provinsi Jambi, Sumatra. Sebenarnya ini bukan benar – benar gunung tetapi sebuah danau yang tertinggi se-Asia Tenggara, menurut referensi yang dibaca oleh Fiersa Besari.

Treknya tergolong menantang, dan serunya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung dan memiliki pemandangan yang sangat cantik.

Menikmati sunrise di Gunung Tujuh merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Jika di Pulau Jawa ada Danau Ranu Kumbolo yang cantik, namun Danau Gunung Tujuh memiliki pemandangan yang sangat cantik, masih sepi dan bersih.

Gunung Sindoro

5 Gunung yang Direkomendasikan Fiersa Besari untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Gunung/@fiersabesari

Dari segi trek, gunung ini memiliki trek yang lebih mudah dibandingkan dengan gunung yang berdekatan seperti Gunung Sumbing.

Di gunung ini terdapat warung legendaris dan di atas warungnya terdapat pos sunrise, tempat dimana Fiersa Besari nge-camp.

Menurut Fiersa Besari, pemandangan dari pos lebih cantik daripada puncaknya. Apalagi saat cuaca sangat cerah, sunrise akan benar – benar terlihat.

Sama seperti di Gunung Papandayan, ternyata ada juga babi hutan yang mengintai.

Dengan ketinggian, 3.150 mdpl, pemandangan yang bisa dinikmati dari puncak Sindoro bisa terlihat Gunung Sumbing.

Buat kamu yang tidak ingin terlalu capek, dari basecamp ke pos 1 tersedia jasa ojek.

Gunung Kerenceng

5 Gunung yang Direkomendasikan Fiersa Besari untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Gunung/@fiersabesari

Gunung Kerenceng terletak di Jawa Barat tepatnya di Sumedang dengan ketinggian sekitar 1.736 mdpl. Gunung ini memiliki jalur setapak saat kamu sampai di puncak.

Fiersa Besari menceritakan pengalaman pribadinya saat mendaki gunung ini yaitu dia pernah melakukan upacara bendera 17 Agustus-an di Puncak Gunung Kerenceng.

Pemandangan dari gunung ini terbilang sangat keren apalagi ketika turun kabut.

Fiersa merekomendasikan untuk nge-camp satu malam di jalur pendakian, lalu saat subuh naik ke puncak agar mendapatkan pemandangan kabut.

Untuk bisa mendaki gunung, Fiersa menceritakan bahwa tidak ada retribusi dengan nominal khusus namun ada sekelompok pecinta alam yang memang menjaga gunung ini.

Salah satu efek positif dari pandemi yang terjadi yaitu alam kembali terjaga lagi, sehingga sebagai pendaki pemula jangan sampai kedatangan kamu malah kembali merusak alam caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Gunung Papandayan

5 Gunung yang Direkomendasikan Fiersa Besari untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Gunung/@fiersabesari

Dari jalur naik maupun jalur turun, gunung ini termasuk gunung yang menyenangkan dan sangat cocok buat pendaki pemula karena banyak pemandangan yang bisa dinikmati.

Dengan ketinggian sekitar 2.665 mdpl, kamu tidak boleh mendaki sampai puncak karena memang tidak boleh dilewati.

Ada beberapa spot di Gunung Papandayan yang termasuk area konservasi sehingga kamu harus melalui jalur yang resmi.

Hal seru yang bisa kamu lakukan di gunung papandayan ini yaitu kamu bisa berkemah di padang savana Edelweis.

Tetapi ada tantangan yang harus kamu hadapi yaitu adanya babi sehingga bagi kamu yang memilih untuk memasak di Gunung Papandayan, sebisa mungkin bersihkan peralatan masak atau digantung di pohon agar tidak mudah diraih oleh babi.

Namun, ada satu polemik jika kamu ingin mendaki gunung ini yaitu akses masuknya yang mahal.

Meskipun begitu, gunung ini menjadi gunung yang wajib kamu kunjungi apalagi bagi kalian yang tinggal di sekitar Jawa Barat.*

Terkini