5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Cantik - @anggabayuariska__

Pendakicantik.com – Berlibur memang suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Lebih asyiknya lagi liburan sambil menikmati keindahan alam sekitar. Kesannya sangat berbeda saat berlibur ke mall. Banyak cara untuk liburan sambil melihat keindahan alam. Salah satunya dengan mendaki gunung yang ada di wilayah Jawa Timur.

Tapi padatnya jam kerja atau aktivitas lain membuat pecinta wisata alam tidak bisa lama mendaki gunung. Biasanya, orang-orang yang sibuk dengan kegiatan harian atau kerja hanya bisa refresing di hari Sabtu dan Minggu atau di hari-hari libur. Oleh karena itu, akhir pekan dilihat menjadi saat berharga untuk dipakai dengan baik.

Baca juga: 7 PERALATAN YANG WAJIB DIKETAHUI PENDAKI

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @yasintaptr_

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula

5 gunung yang terletak di daerah Jawa Timur ini sangat cocok untuk pendaki pemula. Selain karena waktu pendakian untuk ke naik dan turun dari puncak tidak memakan waktu yang lama, jalur pendakiannya pun terbilang mudah dan tidak terlalu susah.

Berikut 5 gunung di Jawa Timur yang bisa kamu nikmati tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk mendaki, adalah

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo masih ada di sebuah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hampir sama dengan pemandangan Gunung Semeru yang elok, Bromo menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang paling luas.

Gunung ini tidak terlalu tinggi. Kamu bisa sampai ke puncaknya dengan susuri tangga yang ada. Selain itu, kamu bisa berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda.

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @lisayun29

2. Gunung Ijen

Gunung Ijen berada di ujung Jawa Timur diantara pinggiran kota  Banyuwangi dan Bondowoso. Di gunung ini kamu dapat melihat momen blue fire atau api biru yang hanya ada di Ijen. Tidak aneh jika di tiap harinya begitu banyak wisatawan baik lokal atau luar negeri yang ingin mengetahui dan bertandang tempat ini.

Selain itu, jika kamu memilih waktu mendaki di pagi hari, bukan hanya blue fire yang dapat kamu saksikan tapi bisa juga menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Ijen. Kawah ini berada di ketinggian 2.368 mdpl.

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @_meizda

3. Gunung Argopuro

Konon katanya, dulu Lembah Cikasur atau lebih dikenal dengan padang sabana Cikasur sebagai tempat mandi dari Dewi Rengganis.

Gunung yang dengan ketinggian 3.088 mdpl ini, memiliki puncak Rengganis. Jika sudah puas dengan panorama di puncak, kamu bisa melanjutkan turun lewat jalur Baderan dimana kamu dapat merasakan padang sabana namanya Cikasur.

Di Argopura satwa-satwa seperti babi hutan, rusa, dan merak dapat dengan gampang kamu temui. Gunung Argopuro yang berada di daerah Probolinggo ini terkenal menyeramkan. Tapi dibalik itu Argopura memiliki kekhasan yang memikat, karena di sana kamu bisa merasakan Taman Hidup yang memiliki panorama yang indah.

4. Gunung Kelud

Gunung Kelud ada di perbatasan antara Kota Malang, Kediri dan Blitar. Di gunung ini ada sebuah danau dengan kawah hijau toska yang terlihat begitu indah dan sangat menarik. Selain itu ada juga tempat rekreasi air panas yang yang turut menambah daya tarik Gunung Kelud.

Sajian pemandangan yang elok dan akses jalan yang terhitung bagus ini pasti akan membuat kamu kagum. Gunung Kelud hanya memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @joanlynsm

5. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan dengan tinggi 1.653 mdpl ini masih satu klaster dengan Gunung Arjuno-Welirang. Walaupun tidak seberapa tinggi, puncaknya yang disebut puncak Prawita sering jadi target pendakian dari pendaki.

Tidak hanya mempunyai beberapa jalur yang menantang, gunung ini mempunyai nilai sejarah yang penting, apalagi dengan ditemukannya ratusan situs percandian Hindu-Buddha di sepanjang lerengnya, mulai dari kaki sampai mendekati puncak.

Jalur yang terpopuler dan gampang dapat kamu lalui melalui Tami Ajeng. Dengan mendaki sepanjang lebih kurang 4 jam, kamu telah tiba di puncak Bayangan dan di tempat itu kamu dapat membangun tenda. Tempat ini cuman berjarak sekitar 20 menit dari puncak Gunung Penanggungan.

5 Gunung di Jawa Timur Cocok Untuk Pendaki Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @biepanggelo