5 Gunung Api  Berstatus Siaga Di Indonesia

Gunung Merapi: Gunung Api Aktif dengan Sejarah yang bukan Sekedar Legenda
Foto: Pendaki Cantik - @wisata_lavatour_merapi

Pendakicantik.com – 5 Gunung Api  Berstatus Siaga Di Indonesia – Berdasarkan data dan informasi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat ada 5 gunung api yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Hingga kini kelima gunung ini masih berada dalam status siaga.

Untuk beberapa wilayah yang berada di sekitar gunung api aktif ini, sangat diharapkan untuk selalu waspada dan berjaga-jaga. Sebab kondisi alam dan gunung sangat sulit diprediksi.

Baca juga: MENGENAL JENIS DAN TEKNIK MOUNTAINEERING

5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – @iamelinch_

5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia

Untuk aktivitas gunung api yang sudah ditetapkan dengan status siaga, maka anjuran Badan Geologi ESDM (Energi dan Sumber Daya Alam) agar masyarakat sekitaran gunung tidak melakukan aktivitas dengan jarak terlampau dekat. Larangan ini bertujuan mencegah adanya korban manakala gunung tersebut tiba-tiba menyemburkan lahar.

5 gunung api status siaga tersebut adalah

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi yang berada diantara 5 kabupaten yaitu di kabupaten atau kota Sleman, kabupaten Magelang, kabupaten Boyolali, kabupaten Klaten, dan Daerah Istimewah Yogyakarta hingga saat ini berstatus siaga level III.

Untuk saat ini, gunung Merapi berpotensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas di sektor Selatan – Barat Daya.

Kawasan ini meliputi

  • Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer
  • Sungai Bedog
  • Krasak
  • Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer

Sedangkan pada sektor Tenggara meliputi

  • Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer
  • Sungai Gendol sejauh maksimal 5 kilometer
5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara

2. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di Kabupaten atau kota Karo, Sumatera Utara. Gunung ini ditetapkan sebagai status siaga atau level III. Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung di sekitar wilayah ini, sangat dihimbau agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi.

Selain larangan untuk beraktivitas di desa yang direlokasi, himbauan juga kepada masyarakat setemapt untuk tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di area

  • Lokasi didalam radius 3 kilometer dari Puncak Gunung Sinabung
  • Untuk sektor Selatan – Timur pada radius sektoral 5 kilometer
  • Sektor Tiur – Utara – Barat di radius 4 kilometer

Gunung api Sinabung ini berada pada level siaga atau level III sejak 20 Mei 2019.

5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – Gunung Ile Lowotolok, Lembata

3. Gunung Ile Lewotolok

Gunung Ile terletak di Kabupeten (Kota) Lembata, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 1.423 mdpl. Hingga saat ini, gunung Ile berstatus siaga atau level III.

Dalam kondisi tingkat level III atau siaga ini, disarankan kepada masyarakat di sekitaran gunung maupun pengunjung atau wisatawan dan atau para pendaki untuk tidak melakukan aktivitas pada radius 3 kilometer dari puncak atau Kawah Gunung Ile Lewotolok.

5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – @erlindarh

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini dinaikkan statusnya dari level III (waspada) menjadi level II atau siaga per tanggal 16 Desember 2021.

Masyarakat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor Tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak. Selain itu, di luar jarak tersebut dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan. Alasannya karena wilayah sekitar aliran sungai ini berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar sampai jarak 17 kilometer dari puncak.

Selain itu juga, himbaun ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai ataupun lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru

5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – Gunung Anak Krakatau, Lampung Selatan

5. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau berada di Kabupaten atau Kota Lampung Selatan. Hingga kini, status gunung ini adalah berada pada tingkat level II atau  waspada. Gunung Anak Krakatau ini memiliki ketinggian 157 mdpl.

Itulah beberapa informasi terkait 5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia. Jika ada koreksi dan tambahan, silakan tulis di kolom komentar.

5 Gunung Api Berstatus Siaga Di Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – @sisitimur