Pendakicantik.com – 5 fakta Gunung Merapi memiliki dua (2) kubah lava aktif dalam satu periode erupsi yang merupakan sejarah baru pertama kali.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi menjelaskan 5 fakta pertama kalinya dalam sejarah bahwa Gunung Merapi mempunyai 2 kubah lava aktif dalam satu periode erupsi.

Baca juga: Bule Rusia, Yuri Naik Gunung Agung Tanpa Pemandu Lokal dan Tidak Tau Kawasan Suci

Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang sampai saat ini masih menunjukkan aktivitas vulkaniknya.

Baca juga: Gunung Ile Lewotolok Saat Ini Masih Berstatus Waspada Level 2

5 Fakta 2 kubah lava aktif bersamaan ini menjadi satu momen langka selama Gunung Merapi erupsi.

5 Fakta Gunung Merapi Miliki 2 Kubah Lava Aktif dalam Satu Periode Erupsi

Ada 5 fakta Gunung Merapi mempunyai 2 kubah lava aktif yaitu

1. Pertama Kali dalam Sejarah Gunung Miliki Dua Kubah Lava Aktif

“Pertama kalinya dalam sejarah, Gunung Merapi memiliki 2 kubah lava aktif dalam satu periode erupsi. Kubah lava ini adalah kubah lava barat daya dan kubah lava tengah kawah. Pasca kemunculannya pada Januari 2021, kedua kubah lava saat ini masih terus tumbuh,” jelas BPPTKG melalui akun media sosial, Kamis (23/3/2023).

2. Badan Geologi Petakan Sebaran Suhu Gunung Merapi

Sebelumnya, Badan Geologi menerbangkan drone untuk memetakan sebaran suhu di puncak Gunung Merapi setelah kejadian erupsi 11 Maret 2023.

“Hasil pemetaan menunjukkan kubah lava barat daya masih terlihat aktif ditunjukkan dengan suhu yang tinggi mencapai 230 derajat Celcius,” jelas BPPTKG.

3. Awan Guguran Berada di Sisi Barat Daya dan Bagian Selatan Merapi

Hasil foto udara juga menunjukkan batas material guguran secara lebih jelas. Tampak dua area panas pada bagian tengah dan bawah kubah diduga sebagai lokasi sumber guguran dan awan panas guguran di sisi barat daya. Bagian selatan kubah barat daya (mengarah ke Sungai Boyong) juga masih tampak aktif.

“Berbeda dengan kubah lava barat daya, suhu pada kubah lava tengah kawah tidak jauh berbeda dengan batuan di sekitarnya. Akan tetapi, terdapat titik panas di tepi timur kubah tengah kawah dengan suhu sebesar 114 derajat Celcius,” ungkapnya.

5 Fakta Gunung Merapi Miliki 2 Kubah Lava Aktif dalam Satu Periode Erupsi
Foto: Pendaki Cantik –

4. Suplai Magma dari Dalam maupun Dangkal Masih Berlangsung

Sementara itu, kata BPPTKG, dari hasil pemetaan suhu ini menunjukkan bahwa dua kubah lava masih aktif. Suplai magma baik dari dalam maupun dangkal masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di daerah potensi bahaya.

5. BPPTKG Imbau Warga Tak Beraktivitas di Daerah Potensi Bahaya

BPPTKG mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar daerah potensi bahaya.

“Masyarakat direkomendasikan untuk tidak melakukan aktivitas di daerah potensi bahaya tersebut serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi,” tulis keterangan dari BMKG tersebut.

Share.