4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung

4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung
Foto: Instagram/@fitriany_della

#PendakiCantik – Gunung Raung merupakan salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Letaknya berdekatan dengan Kawah Ijen, yang terkenal dengan api biru (blue fire). Bagi para pendaki, nama Raung merupakan salah satu target gunung yang harus ditaklukkan jika ingin disebut sebagai pendaki sejati.

Gunung Raung memiliki kaldera yang cukup luas, sebagai bekas letusan. Konon, dari letusan dahsyat Raung itulah, terlontar material vulkanik dalam jumlah besar dan terlempar cukup jauh.

4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung
Foto: Instagram/@dewi_anggrainiy

Di Jember terdapat banyak gumuk (sebutan orang lokal untuk sebuah bukit dengan ketinggian puluhan sampai ratusan meter). Gumuk-gumuk tersebut diyakini berasal dari letusan Gunung Raung.

Tapi, siapa sangka bahwa Gunung Raung menyimpan misteri yang bikin bulu kudu merinding. Meski demikian, tiap tahun pendakian di gunung ini masih ramai,.

Jalur pendakian ini memiliki empat pos etape pendakian. Dari namanya saja sudah menyeramkan. Dan sebagian pendaki kadang memang harus berjumpa dengan hal-hal yang menyeramkan.

Berikut nama-nama pos yang terkesan menyeramkan di Gunung Raung.

Pondok Sumur

4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung
Foto: Instagram/@anggeritadewi

Ini adalah pos pertama jalur pendakian. Sesuai namanya, di lokasi ini konon terdapat sumur milik pertapa.

Di malam tertentu, sebagian pendaki kadang mendengar suara ringkik kuda meski sebenarnya tidak ada kuda di sekitarnya.

Pondok Mayit

4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung
Foto: Instagram/ @radellacr_

Mayit adalah istilah Jawa untuk mayat atau jenazah. Kabarnya, di lokasi inilah sebagian orang Belanda dieksekusi para pejuang di zaman perjuangan kemerdekaan.

Penduduk setempat di era perjuangan kerap menemukan mayat tergantung di pohon di kawasan ini.

Pondok Dhemit

4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung
Foto: Instagram/@anggeritadewi

Dalam bahasa Indonesia, dhemit berarti hantu. Sesuai namanya, di malam tertentu pendaki yang bermalam di kawasan itu akan mendengar suara riuh seperti suasana pasar.

Kadang juga terdengar musik. Meski, saat didatangi sumber suara, tidak ada apa-apa karena hanya ada pepohonan hutan yang hening.

Pondok Angin

4 Pos Dengan Nama Menyeramkan di Gunung Raung
Foto: Instagram/@fitriany_della

Ini adalah pondok terakhir sebelum sampai puncak. Karena di ketinggian, suara angina yang berhembus kerap menciptakan suara yang menyeramkan.

Cerita legenda yang menyelimuti Gunung Raung adalah kisah Kerajaan Macan Putih. Konon pada malam Jumat Kliwon macan itu sempat terlihat walau sekelebat.

Kerajaan itu diyakini sebagai milik Pangerann Tawangalun, putra Raja Majapahit yang tertinggal di hutan saat ayahnya bertapa.

Terlepas benar tidaknya kisah legenda itu, keindahan puncak Gunung Raung bukanlah mitos belaka. Ia nyata menjadi warisan Indonesia.

 

View this post on Instagram

 

Untukmu, Kekasih jiwaku Ilusi malamku bercerita tentang hari esok bersamamu yang akan kita lalui di rumah cinta. Kita lengkapi dengan ketulusan, saling mengerti tanpa perbedaan. Menyatu hati dalam keharmonisan, memadukan kasih dan sayang, merengkuh kebahagiaan sampai pada titik akhir kehidupan. . .. … ==================== . 📷: @kristin_dws 📍: Gunung Gede Pangrango • ===================== Jangan lupa Like dan Follow @pendakicantika @pendakicantika @pendakicantika . #pendakicantika #pendakicantik #bidadarigunung #wanitagunung #perempuanpendaki #zonamdpl #pendakigunung #mountainigers #galeripendakiindonesia #pendakiindonesia #jalanbareng #langkahkaki #pic #beautifulgirls #goodnight

A post shared by Pendaki Cantik (@pendakicantika) on