#PendakiCantik – Gunung Guntur adalah salah satu destinasi wisata alam favorit wisatawan, bahkan warga lokal sendiri yang memiliki sejumlah fakta dan mitos.

Gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona yang akan membuat pengunjung berdecak kagum akan alam yang indah.

Makanya, tak heran bila gunung ini menjadi destinasi petualangan para pendaki di akhir pekan, selain Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Berikut 4 fakta dan mitos tentang Gunung Guntur.

1. Larangan meniup suling di Gunung Guntur

4 Fakta dan Mitos Mengerikan di Gunung Guntur
Foto: Pendaki Cantik – @dekpah_fn

Salah satu mitos yang banyak berkembang adalah larangan meniup suling di Gunung Guntur. Sebagian masyarakat yang bermukim di kaki Gunung Guntur tepatnya di kawasan Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut percaya pada mitos tersebut.

“Memang masih ada sebagian warga yang mempercayai mitos tersebut. Katanya tidak boleh meniup suling di Gunung Guntur,” ujar Ucheu Ramdani (37), salah seorang warga Cimanganten, Tarogong Kaler, saat berbincang dengan detikcom.

2. Macan bungkeleukan di Gunung Guntur

4 Fakta dan Mitos Mengerikan di Gunung Guntur
Foto: Pendaki Cantik – @luceboediarso

Selain larangan meniup suling, mitos lainnya adalah penampakan maung bungkeleukan atau macan gentayangan. Macan disebut muncul jika ada yang meniup suling.

“Kalau kata orang tua mah maung bungkeleukan. Kalau ada yang niup suling maung bungkeleukan sering menampakkan diri katanya,” ucap Ucheu.

Namun sejak tahun 2000an belum ada laporan terkait maung bungkeleukan atau tiupan suling. Mitos tersebut tak menyurutkan pesona Gunung Guntur sebagai salah satu obyek wisata.

3. Gunung Guntur sempat diduga jadi sumber suara misterius

4 Fakta dan Mitos Mengerikan di Gunung Guntur
Foto: Pendaki Cantik – @siti_rohana092

Gunung Guntur sempat disebut menjadi sumber suara dentuman misterius yang didengar warga Bandung tahun lalu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan suara bukan berasal dari aktivitas gunung api.

Menurut Kabid Mitigasi Gunung api PVMBG Hendra Gunawan, dari aktivitas gunung api sekitar Kota Bandung seperti Tangkubanparahu, Gede, Guntur dan yang lainnya tidak dilaporkan adanya erupsi atau dentuman dari erupsi.

4. Gunung Guntur jadi area penanaman ganja

4 Fakta dan Mitos Mengerikan di Gunung Guntur
Foto: Pendaki Cantik – @dw_czwrnt

Berdasarkan data pemberitaan media diketahui baahwa ladang ganja sempat ditemukan di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Guntur pada pertengahan Januari 2020 lalu.

Ladang ditemukan setelah Babinsa dan Bhabinkamtibmas menerima informasi dari masyarakat yang menemukan tanaman mirip ganja.

Setelah kasus tersebut, pengawasan di Gunung Guntur hingga saat ini sangat diperketat agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Share.