10 Peralatan Dasar Seorang Pendaki Gunung

Pendaki Cantik: @debisagita

10 Peralatan Dasar Seorang Pendaki Gunung
Debi Sagita - Instagram

Pendaki Cantik – Kegiatan mendaki gunung merupakan kegiatan ekstrem yang penuh tantangan dan resiko yang sangat besar. Karenanya, butuh persiapan yang matang, fisik yang prima, dan peralatan dasar yang lengkap.

Jika persiapanmu sudah matang, itu artinya kamu telah siap untuk memulai pendakian karena yakin bahwa keselamatanmu akan terjaga selama berpetualang di alam bebas.

Baca10 Latihan Dasar Sebelum Mendaki Gunung

Lalu, apa saja peralatan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pendaki gunung? Berikut rangkuman dari sharing para sahabat Pendaki Cantik.

1. Carrier (Tas Ransel)

Carrier adalah tas ransel yang dibuat khusus untuk kegiatan mendaki gunung. Carrier berfungsi unuk membawa segala macam peralatan mendaki. Sangat penting bagi seorang pendaki memperhitungkan kapasitas carrier yang sesuai kemampuanmu mengangkat beban.

Harus siapkan juga cover bag, yang bermanfaat untuk melindungi carrier saat hujan atau badai. Cover bag juga berfungsi untuk menjaga kebersihan carrier dari debu dan kotoran lainnya.

Peralatan dasar: Carrier (Tas Ransel)
ID – @debisagita

2. Daypack (Tas Kecil)

Umumnya, daypack memiliki fungsi yang sama dengan tas carrier. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil, mulai dari 15-35 liter. Tas ini biasa digunakan pendaki untuk perjalanan yang santai dan tidak membawa perlengkapan yang terlalu banyak.

Daypack berguna untuk membawa barang keperluan kita saat menuju puncak. Misalnya air minum, snack, obat-obatan, kamera, atau barang lain yang dianggap perlu untuk dibawa. Sebab, biasanya carrier akan diletakkan di pos akhir.

Daypack (Tas Kecil)
ID – @debisagita

3. Pouch Bag (Tas Kecil)

Pouch Bag berguna untuk membawa barang kecil dan berharga yang dapat memudahkan kamu mengambil jika dibutuhkan kapan saja saat naik gunung. Misalnya, dompet, ponsel, plester luka, kamera saku, dan lainnya yang menurutmu penting.

Tas kecil ini ditujukan untuk mempermudah seorang pendaki untuk mengambil dan menyimpan benda-benda berharga yang sering dipakai atau dianggap penting.

Pouch Bag (Tas Kecil)
ID – @debisagita

BacaPendaki Cantik, Baru Pertama Mendaki? Ini Tipsnya

4. Sepatu Gunung

Sepatu gunung adalah barang yang wajib kamu punya sebelum mendaki gunung. Karena dalam kegiatan mendaki gunung, aktifitas utamanya melibatkan kaki dengan berjalan, maka pemilihan pelindung kaki yang baik menjadi sangat penting.

Sepatu gunung yang baik akan menopang kakimu saat melewati track terjal dan medan berat. Karenanya, pertimbangkan sepatu gunung yang tidak hanya membuatmu tampak keren, tetapi lebih dari itu, membuat kakimu aman terlindungi.

Sepatu Gunung
ID – @debisagita

5. Sandal Gunung

Sandal gunung perlu disiapkan juga karena sangat diperlukan saat membuat atau setelah tenda selesai dibuat untuk memudahkanmu untuk bergerak di gunung.

Selain itu, sandal gunung dapat berguna sebagai cadangan jika tiba-tiba sepatumu rusak di tengah pendakian. Karenanya, sandal gunung termasuk salah satu peralatan dasar utama yang perlu disiapkan dengan baik.

Peralatan Dasar: Sandal Gunung
ID – @debisagita

6. Pakaian

Pakaian yang dipilih sangatlah penting karena berkaitan dengan resiko bahaya selama pendakian jika sampai salah memilih pakaian. Hindari gunakan bahan katun karena mudah menyerap keringat, susah kering, dapat menyebabkan hipotermia.

Pakaian yang terlalu ketat akan membatasi ruang gerak dan batasi sirkulasi udara yang akhirnya menyebabkan tubuh cepat sesak dan mudah lelah. Untuk celana, gunakan celana panjang bukan jeans dan bahan yang tidak mudah sobek.

Pakaian Gunung
ID – @debisagita

7. Jaket

Siapkan jaket untuk melindungi tubuh dari terpaan angin gunung yang kencang dan udara gunung yang dingin. Ada baiknya kamu siapkan dua jenis jaket sebagai peralatan utama.

Satu jaket yang berbahan tebal untuk menahan hawa dingin di gunung. Satunya lagi, jaket tipis buat kamu yang suka pakai jaket saat naik ke puncak.

Peralatan Dasar: Jaket Gunung
ID – @debisagita

BacaSeperti Inilah Cowok Pendaki di Mata Kami

8. Jas Hujan

Jas hujan harus selalu ada dalam ranselmu walaupun kamu mendaki di musim kemarau. Hal ini untuk berjaga-jaga kalau saja hujan yang turun tiba-tiba selama mendaki gunung.  Jas hujan terdiri dari 2 macam, yakni tipe ponco dan raincoat.

Tipe ponco berbentuk lembaran dengan lubang ditengahnya disertai tutup kepala. Jas hujan jenis ini juga dapat digunakan sebagai bivak/shelter. Sedangkan tipe Raincoat berbentuk baju dan celana yang kedap air, baik untuk jalur tempat sempit.

Jas Hujan
ID – @debisagita

9. Topi (Kupluk) dan Masker

Topi, bisa juga pakai kupluk, penting untuk melindungi kepala dari teriknya matahari, sengatan serangga. Juga sebagai antisipasi resiko kepala terbentur pohon/ranting, dan melindungi kepala juga telinga dari udara gunung yang dingin.

Sedangkan masker berguna untuk menjaga dari debu dan pasir yang dapat mengganggu pernapasan. Juga sangat berguna jika tiba-tiba ada gas beracun yang tiba-tiba muncul dari dalam tanah.

Topi (Kupluk) dan Masker
ID – @debisagita

10. Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi untuk menjaga telapak agar terhindar dari goresan dan saat udara cuaca dingin.

Senada dengan itu, kaos kaki juga sangat penting untuk menyerap keringat, melindungi dari lecet, menahan suhu dingin.

Sejumlah acuan untuk memilih kaos kaki, antara lain:
a. Berbahan lembut dan menyerap keringat, seperti katun
b. Cukup tebal, panjang dan tinggi, paling tidak hingga setengah betis
c. Kaos kaki berjari seperti sarung tangan, memudahkan saat istirahat panjang.

Kaos Kaki dan Sarung Tangan
ID – @debisagita

Itulah sekilas informasi tentang peralatan dasar seorang pendaki. Jika kamu punya informasi tambahan sila tuliskan di kolom komentar. Salam lestari*